kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Makanan Pembersih Darah dari Racun untuk Detoksifikasi Alami


Jumat, 06 Oktober 2023 / 11:45 WIB
Ini 7 Makanan Pembersih Darah dari Racun untuk Detoksifikasi Alami
ILUSTRASI. Ini 7 Makanan Pembersih Darah dari Racun untuk Detoksifikasi Alami. Kontan/Alri kemas


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui daftar makanan pembersih darah dari racun untuk detoksifikasi alami. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari berpengaruh terhadap kondisi darah pada tubuh.

Darah menjadi elemen penting dalam kesehatan tubuh termasuk bagi seluruh aktivitas organ. Darah membawa oksigen dan nutrisi ke sel tubuh Anda dan menghilangkan limbah dan polutan lainnya.

Langkah untuk membersihkan darah dari racun tentu sangat penting untuk menjaga tubuh Anda bekerja dengan baik dan mencegah penyakit.

Pembersih darah alami seperti lemon, bit, sayuran silangan, kunyit, bawang putih dapat membantu Anda dengan sempurna.

Baca Juga: 8 Daftar Sayuran Pendukung Produksi Kolagen Alami untuk Kesehatan Kulit dan Tulang

Ilustrasi Racun Mematikan

Mengapa penting memiliki darah bersih?

Darah bertanggung jawab untuk mengangkut unsur-unsur ke sel untuk melakukan fungsi-fungsi penting berikut.

  • Pernafasan: Darah akan membawa oksigen dan menghilangkan karbon dioksida melalui paru-paru
  • Imun: Darah memiliki fungsi pertahanan tubuh dengan sel darah putih dan antibodi dalam plasma.
  • Ekskretoris: Darah juga membuang limbah dan residu dari makanan.
  • Transportasi: Peran darah juga sebagai pengangkut protein, lemak, karbohidrat, hormon
  • Peratur suhu: Darah juga berperan menjaga keseimbangan PH dan mengatur suhu tubuh.

Darah menjalankan semua fungsi vital tubuh dan perlu dijaga kebersihannya. Sehingga, diperlukan zat nutrisi penting dari makanan untuk meberentas racun.

Simak daftar makanan pembersih darah dari racun untuk detoksifikasi alami dilansir dari laman Netmeds.

Baca Juga: Ini 3 Efek Samping Makan Buah Mangga Berlebihan yang Wajib Diketahui

Makanan pembersih darah dari racun

1. Bawang Putih

Bawang putih

Bawang putih mentah adalah salah satu sumber alami makanan pembersih darah dari racun. Kandungan Allicin yang ditemukan dalam bawang putih adalah senyawa yang mengandung sulfur yang diaktifkan setelah bawang putih mentah dihancurkan, dikunyah, atau dicincang.

Bukti membuktikan bahwa bawang putih mendetoksifikasi darah dengan melindungi hati dari zat beracun. Bawang putih juga menunjukkan sifat antimikroba yang kuat, membantu memurnikan darah dan menjaga usus bebas dari bakteri, parasit, dan virus.

Mulailah menambahkan bawang putih ke semua hidangan Anda mulai dari roti panggang hingga kari atau cukup konsumsi bawang putih yang dihancurkan sebagai suntikan dengan air untuk detoksifikasi.

2. Daun Ketumbar

Daun ketumbar membantu tubuh membuang merkuri dan logam berat lainnya yang masuk ke aliran darah melalui makanan di luar atau polusi udara yang dihirup. Klorofil dalam sayuran berdaun membantu detoksifikasi darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran cruciferous mengandung senyawa sulfur yang dapat mendetoksifikasi darah dan mengurangi peradangan.

3. Buah Bit

Daun buah bit

Agen pembersih aktif dalam bit membantu meningkatkan kesehatan hati dan detoksifikasi darah. Journal of Nutrition menyatakan bahwa bit memiliki sifat melindungi hati.

Dengan menambahkan lebih banyak bit ke dalam makanan dapat meningkatkan nutrisi yang memiliki efek detoksifikasi pada hati dan mengurangi peradangan.

4. Kunyit

Kunyit, bumbu emas, mengandung kurkumin, senyawa aktif yang menunjukkan sifat detoksifikasi yang menakjubkan. Buku Pengobatan Herbal ungkap bahwa kurkumin merupakan antioksidan alami dalam kunyit menghasilkan enzim detoksifikasi dengan makanan.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan asupan kunyit dalam makanan Anda. Cobalah membuat teh kunyit dengan sedikit lada hitam yang meningkatkan bioavailabilitas kunyit.

5. Cabai rawit

Cabai rawit

Kandungan capsaicin dalam cabai rawit memiliki sifat pemurnian darah yang membantu tubuh membuang racun. Capsaicin adalah senyawa yang memberi rasa pedas pada lada dan cabai.

Penelitian pada Journal of Molecular and Cellular Biochemistry mengungkapkan bahwa capsaicin juga ampuh menghancurkan beberapa karsinogen.

6. Jeruk nipis

Minum jus lemon saat perut kosong adalah cara ideal untuk memurnikan darah dan mendetoksifikasi terutama organ hati.

Organ hati menghasilkan lebih banyak enzim dari jus lemon segar dibandingkan elemen makanan lain yang dapat meningkatkan fungsi hati. Vitamin C, antioksidan kuat dalam lemon meningkatkan produksi glutathione, protein detoksifikasi hati.

7. Air Mineral

Minum air

Terakhir, salah satu bagian dari detoksifikasi adalah dengan air mineral. Hidrasi yang baik adalah landasan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bebas racun.

Air membantu menjaga PH darah, menjaga kekentalan darah dan membersihkan racun dengan mudah. Minum air yang cukup membantu ginjal menyaring limbah dari darah. Pastikan Anda minum setidaknya 8-10 gelas air dalam sehari.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan Anda atau merasa membutuhkan bantuan untuk membersihkan tubuh dari racun, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk saran yang tepat berdasarkan kondisi dan kebutuhan individu.

Demikian informasi terkait makanan pembersih darah untuk detoksifikasi dengan mudah dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×