kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 3 Efek Samping Makan Buah Mangga Berlebihan yang Wajib Diketahui


Jumat, 06 Oktober 2023 / 10:19 WIB
Ini 3 Efek Samping Makan Buah Mangga Berlebihan yang Wajib Diketahui
ILUSTRASI. Ini 3 Efek Samping Makan Mangga Berlebihan yang Wajib Diketahui


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak efek samping makan buah mangga berlebihan yang wajib dipertimbangkan. Musim buah mangga tentu ditunggu-tunggu karena kesegaran saat menyantapnya.

Buah mangga (Mangifera indica) mengandung berbagai zat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini merupakan anggota keluarga Anacardiaceae.

Mangga adalah buah tropis yang populer dan dikenal karena rasa manis, aroma harum, dan tekstur dagingnya yang lembut.

Buah ini berasal dari Asia Selatan, namun kini juga banyak ditanam di berbagai belahan dunia dengan iklim tropis.

Baca Juga: Memiliki Skor Indeks Glikemik Rendah, Buah Ini Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Mangga berlebihan

Ciri-ciri Buah Mangga:

  • Rasa dan Aroma: Buah mangga memiliki rasa manis dengan sedikit keasaman, tergantung pada varietasnya. Aroma mangga sangat khas dan harum.
  • Warna dan Bentuk: Warna kulit mangga bisa bervariasi dari hijau muda, kuning, oranye, hingga merah. Bentuk mangga dapat bulat, lonjong, hingga agak oval.
  • Kulit dan Daging: Kulit mangga dapat memiliki tekstur mulus atau bergerigi tergantung pada varietasnya. Dalamnya terdiri dari daging buah yang berair, lembut, dan manis. Tapi, di bagian tengahnya terdapat biji yang besar yang tidak dapat dimakan.
  • Ukuran: Ukuran mangga juga bervariasi tergantung pada jenisnya, namun secara umum mangga memiliki ukuran yang cukup besar.

Nutrisi pada buah Mangga

Berikut adalah beberapa komponen penting yang terdapat dalam mangga:

  • Vitamin C: Mangga mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan, dan membantu penyerapan zat besi.
  • Vitamin A: Buah Mangga adalah sumber beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin E: Selain itu, ada vitamin lain seperti vitamin E adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Vitamin B-kompleks: Mangga mengandung sejumlah vitamin B-kompleks seperti B6 (piridoksin), B5 (asam pantotenat), B9 (asam folat), dan lainnya yang penting untuk fungsi saraf, metabolisme, dan pembentukan sel darah.
  • Serat: Mangga mengandung serat diet yang baik untuk pencernaan dan membantu mencegah sembelit.
  • Mineral: Mangga mengandung mineral seperti potassium, magnesium, dan sejumlah kecil zat besi, tembaga, dan seng yang penting untuk keseimbangan elektrolit, fungsi otot, dan produksi sel darah merah.
  • Antioksidan: Buah mangga mengandung berbagai antioksidan seperti mangiferin, quercetin, astragalin, dan isoquercitrin yang membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.
  • Enzim: Mangga mengandung enzim seperti amilase, yang membantu mencerna karbohidrat.
  • Karboidrat dan Gula Alami: Mangga mengandung karbohidrat dan gula alami yang memberikan energi bagi tubuh.

Sayangnya, buah Mangga yang mengandung karbohidrat dan gula alami tidak cocok untuk semua orang. Penderita diabetes perlu waspada konsumsi Mangga yang memiliki tingkat kemanisan yang normal.

Simak sederet efek samping makan mangga berlebihan yang harus diwaspadai dilansir dari EatThis.

Baca Juga: Cara Mengontrol Kadar Gula Darah Tanpa Obat-obatan

Efek samping makan buah mangga berlebihan

1. Reaksi Alergi

Mangga bukanlah buah yang bisa dinikmati semua orang. Percaya atau tidak, saat Anda sensitif terhadap bahan sintetis tertentu, tubuh mungkin juga mengalami beberapa masalah dengan mangga.

Pecinta buah Mangga perlu berhati-hati konsumsi jika Anda alergi terhadap lateks. Protein mangga mirip dengan lateks, sehingga Anda mungkin mengalami reaksi.

2. Peningkatan kadar gula darah

Mangga dapat meningkatkan gula darah, karena buah ini sebagian besar mengandung karbohidrat. Bahkan gula buah alami pun bisa bertindak seperti gula rafinasi dalam jumlah besar.

Tidak banyak serat yang memperlambat pencernaan setelah Anda membuang kulitnya, jadi pastikan untuk memadukannya dengan makanan yang lebih kompleks jika Anda telah didiagnosis menderita pra-diabetes atau diabetes.

Artinya, jika mangga adalah bahan yang biasa digunakan dalam smoothie Anda, Anda mungkin ingin menambahkan lebih banyak makanan kaya serat sehingga Anda tidak hanya mengonsumsi pure buah yang manis.

3. Gangguan pencernaan

Konsumsi mangga yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena mangga mengandung banyak karbohidrat yang dapat difermentasi.

Jadi jika Anda menghadapi kondisi pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), Anda dapat memilih untuk membatasi atau menghindari mangga.

Buah mangga dapat dimakan langsung, dijadikan jus, salad, atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai hidangan manis dan gurih.

Namun, bagi individu dengan diabetes atau kondisi kesehatan tertentu, perlu memperhatikan asupan gula alami yang tinggi dalam mangga.

Demikian informasi terkait sederet efek samping makan buah mangga berlebihan yang wajib Adan pertimbangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×