kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Sudah Coba?


Minggu, 22 Oktober 2023 / 17:00 WIB
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Sudah Coba?
ILUSTRASI. Cara menurunkan kolestetol tinggi secara alami.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beragam cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang penting diketahui. Selain itu, berbagai cara menurunkan kolesterol tinggi juga bisa memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kolesterol tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang umum dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah dan penting untuk fungsi tubuh. 

Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Untungnya, ada banyak cara alami untuk mengendalikan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung Anda tanpa perlu obat-obatan.

Baca Juga: 6 Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami:

1. Makan Diet Sehat

Konsumsi lebih banyak serat, Makan makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Batasi lemak jenuh, hindari makanan tinggi lemak jenuh, seperti daging merah berlemak, mentega, dan produk susu berlemak. Pilih lemak sehat dan gantilah lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, seperti lemak alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Kenali 8 Obat Sembelit Alami yang Aman Dikonsumsi, Sudah Coba?

2. Olahraga Teratur

Aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Berhenti Merokok

Merokok dapat merusak dinding arteri dan meningkatkan risiko penumpukan plak kolesterol. Berhenti merokok adalah langkah penting untuk kesehatan jantung yang lebih baik.

Baca Juga: Catat 7 Makanan Bagi Penderita Diabetes yang Baik Dikonsumsi

4. Minum Alkohol dengan Bijak

Konsumsi alkohol dalam jumlah moderat dapat meningkatkan kadar HDL. Namun, konsumsi berlebihan dapat memiliki efek sebaliknya, sehingga bijaklah dalam minum alkohol.

5. Perbanyak Asupan Omega-3

Makanan kaya asam lemak omega-3, seperti ikan berlemak (salmon, sarden, tuna), biji rami, dan kacang-kacangan, dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki profil lipid Anda.

Baca Juga: Simak 5 Obat Darah Tinggi dan Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami

6. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa bernama katekin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Minum teh hijau secara teratur dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat Anda.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan yang Tersembunyi

7. Kelola Berat Badan

Jika Anda overweight atau obesitas, penurunan berat badan dapat memiliki dampak besar pada kadar kolesterol Anda. Penurunan berat badan yang sehat melalui diet dan olahraga dapat membantu menormalkan kadar kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×