kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ayo Catat 5 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh yang Luput Dari Perhatian


Jumat, 14 April 2023 / 07:57 WIB
Ayo Catat 5 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh yang Luput Dari Perhatian
ILUSTRASI. Manfaat buah semangka untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang cukup populer dan menarik untuk diketahui. Meski demikian, ada beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh yang juga luput dari perhatian. 

Buah semangka adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, manfaat buah semangka tidak perlu diragukan.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah semangka di antaranya seperti serat, karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, vitamin C dan lain-lain. 

Baca Juga: 6 Manfaat Toge untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Sudah Tahu?

Selain memiliki banyak manfaat, buah semangka juga mempunyai rasa manis yang enak dan menyegarkan. Tak heran buah semangka juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.

Lalu apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh?

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh: 

1. Mencegah Hidrasi

Salah satu manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian adalah mampu mencegah hidrasi. Hal tersebut dikarenakan buah semangka memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang tinggi. 

Dengan banyaknya kandungan air dalam buah semangka tersebut membuat semangka mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

2. Menurunkan Berat Badan 

Buah semangka juga berperan aktif untuk dapat membatu menurunkan dan mengelola berat badan. Pasalnya, buah semangka mengandung banyak nutrisi dan kalori yang rendah.

Artinya, mengkonsumsi buah semangka sangat cocok dikonsumsi saat menjalankan program menurunkan berat badan dan baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

3. Mendukung Kesehatan Mata

Buah semangka adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin A, beta karoten dan nutrisi lainnya. Sehingga mengkonsumsi buah semangka sangat baik untuk mendukung kesehatan mata dan kulit.

Baca Juga: 6 Makanan Penyebab Asam Urat yang Wajib Dihindari, Apa Saja?

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain itu, buah semangka juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan buah semangka memiliki senyawa yang berperan aktif mencegah gejala penyakit jantung seperti menurunkan kolesterol, diabetes, tekanan darah tinggi dan berbagai gejala kardiovaskular.

Baca Juga: Catat 6 Makanan Penurun Diabetes yang Bisa Dijadikan Alternatif

5. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu juga mampu mengontrol tekanan darah. Fitonutrien yang terkandung dalam buah semangka mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kinerja olahraga karena memberikan energi tambahan.

Demikian beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh yang kerap luput dari perhatian dan penting untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×