kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Atasi Kolesterol dan Cegah Darah Tinggi, 10 Lebih Manfaat Alpukat untuk Semua Usia


Rabu, 03 April 2024 / 06:15 WIB
Atasi Kolesterol dan Cegah Darah Tinggi, 10 Lebih Manfaat Alpukat untuk Semua Usia
Atasi Kolesterol dan Cegah Darah Tinggi, 10 Lebih Manfaat Alpukat untuk Semua Usia


Penulis: Mega Putri

KONTAN.CO.ID - Baik untuk bayi sampai ibu hamil dan orang dewasa, alpukat bagus untuk kesehatan tubuh. Ada 10 lebih manfaat buah alpukat untuk kesehatan seperti atasi kolesterol hingga cegah tekanan darah tinggi.

Alpukat merupakan buah populer yang dapat dijumpai dengan mudah di berbagai negara. Buah alpukat saat ini bahkan populer sebagai pendamping menu-menu makanan yang berat dan menu makanan sehat.

Buah alpukat semakin populer dengan ditambahkan di makanan-makanan ringan untuk anak muda dengan bermacam variasi olahannya. Manfaat buah alpukat yang populer adalah untuk kesehatan kulit wajah.

Meski sering mengonsumsi, Anda mungkin belum tahu manfaat buah alpukat lainnya. Selain memiliki rasa manis dan tekstur lembut, berikut manfaat buah alpukat yang baik bagi kesehatan tubuh bayi hingga orang dewasa.

Baca Juga: 13 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bersama Bayi, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit

Buah alpukat baik untuk kesehatan kulit wajah karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, dan lemak sehat. Buah alpukat bisa membantu melembabkan kulit, mencegah kerusakan kulit, dan mencegah munculnya jerawat.

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Salah satunya adalah buah alpukat yang memiliki banyak zat besi dan vitamin B untuk mengatasi keluhan mual dan muntah atau pusing karena anemia saat hamil.

Buah alpukat bermanfaat untuk membentuk sistem syaraf janin karena mengandung unsur kalium yang baik. Buah alpukat mengandung vitamin K untuk pembentukan tulang bagi bayi dalam kandungan dan pembentukan jantung.

Baca Juga: Awas Asam Lambung Kambuh, 11 Sayuran Ini Bahaya untuk Dikonsumsi Berlebihan

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Menyusui

Bagi ibu yang segera melahirkan atau ibu menyusui, banyak konsumsi buah alpukat untuk menambah energi tubuh dan meningkatkan kualitas serta produksi ASI. Buah alpukat yang mengandung banyak serat juga bisa mengatasi sembelit.

Alpukat yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini bagus untuk ibu menyusui yang sering kelelahan karena harus menyusui dan mengurusi anak di malam hari.

Manfaat Buah Alpukat untuk MPASI Bayi

Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, buah alpukat bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh hati dan jantung saat masa perkembangan bayi.

Ketika masa MPASI, bayi perlu mengonsumsi banyak buah seperti alpukat untuk melancarkan percernaan. Tidak hanya sejak dalam kandungan, buah alpukat juga bagus untuk perkembangan otak dan tubuh bayi ketika masa MPASI.

Lemak yang tinggi, karbohidrat, dan kalori membantu menambah berat badan bayi atau menjaga berat badan tetap stabil. Antioksidan dan lutein di buah alpukat bermanfaat menjaga kesehatan mata demi kemampuan penglihatan bayi.

Baca Juga: Cegah Serangan Jantung dan Kolesterol Tinggi, Ini 8 Manfaat Kolang-Kaling untuk Tubuh

Manfaat Buah Alpukat untuk Orang Dewasa

Selain menjaga kesehatan kulit, buah alpukat mempercepat penyembuhan luka, antioksidan untuk mencegah kerusakan pada tubuh, menetralisir radikal bebas pada tubuh, mengendalikan tekanan darah, dan mencegah tekanan darah tinggi.

Sama seperti bayi, alpukat bermanfaat menjaga kesehatan penglihatan mata di usia senja. Melansir artikel dari situs Kemeterian Kesehatan, buah alpukat dapat mengatasi masalah kadar kolesterol tinggi dalam darah (hiperkolestrol).

Ini karena buah alpukat memiliki komponen aktif pantethin, niacin (vitamin B3), vitamin C, vitamin E, vitamin A, pantogenic acid, Monosaturated Fatty Acid (MUFA), dan selenium untuk menurunkan kadar kolesterol dan anti inflamasi.

Manfaat Buah Alpukat

Baca Juga: Promo Indomaret Super Hemat April Beli Banyak Lebih Hemat, Diskon Perlengkapan Bayi

Menurut Kementerian Kesehatan, buah alpukat baik untuk dikonsumsi saat diet sehat karena 20 vitamin, nutrisi dan phytonutrients yang bagus untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh termasuk kolesterol.

Disebutkan bahwa buah alpukat dapat menurunkan kadar gula darah pada diabetes mellitus tipe 2 dan menurunkan kadar sodium di dalam darah. Segera konsumsi buah alpukat dengan cara di jus maupun dicampur dalam salad.

Meski begitu, cukup konsumsi buah alpukat satu kali dalam sehari saja. Jangan lupa untuk tetap menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh dengan tetap mengonsumsi buah dan makanan atau minuman sehat selain alpukat.

Selanjutnya: 5 Tips Berkendara Aman dan Nyaman saat Mudik Lebaran Idul Fitri 2024

Menarik Dibaca: ASII, BRIS, INCO, dan TKIM Bisa Jadi Pilihan Saham untuk 3 April 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×