kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah Serangan Jantung dan Kolesterol Tinggi, Ini 8 Manfaat Kolang-Kaling untuk Tubuh


Sabtu, 30 Maret 2024 / 13:45 WIB
Cegah Serangan Jantung dan Kolesterol Tinggi, Ini 8 Manfaat Kolang-Kaling untuk Tubuh
Cegah Serangan Jantung dan Kolesterol Tinggi, Ini 8 Manfaat Kolang-Kaling untuk Tubuh.


Penulis: Mega Putri

KONTAN.CO.ID - Tidak hanya sebagai tambahan takjil dan es buah yang segar, ada banyak manfaat kolang-kaling untuk kesehatan tubuh. Ini 8 manfaat kolang-kaling, cegah serangan jantung hingga kolesterol tinggi.

Kolang-kaling kaya akan nutrisi untuk tubuh seperti kalsium, serat, potassium, air, protein, karbohidrat, zat besi, vitamin A, B, C, dan juga gelatin.

Di bulan Ramadhan menjelang buka puasa, kolang-kaling sering ditemukan dalam campuran es buah atau camilan takjil manis lainnya yang segar.

Selain rasanya yang enak dan tekstur unik, kolang-kaling yang bisa dinikmati dengan santai saat bulan Ramadhan ini sangat bernutrisi. Berikut 8 manfaat kolang-kaling.

Resep Manisan Kolang Kaling

Baca Juga: Bahaya untuk Asam Lambung, Hindari Konsumsi 11 Sayuran Ini Secara Berlebihan

Kendalikan Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat buah kolang-kaling yang bagus adalah membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh agar tetap stabil.

Ini karena kolang-kaling mengandung senyawa polisakarida galactomannan yang menurut penelitian memperlambat penyerapan glukosa di saluran pencernaan.

Kolang-kaling bermanfaat mengendalikan kadar gula darah dengan cara mengatur peningkatan perlahan dalam kadar gula darah setelah makan.

Mencegah Dehidrasi

Agar tubuh berfungsi dengan baik, kolang kaling bermanfaat membantu mencegah dehidrasi dengan kandungan airnya yang tinggi sampai 94%.

Kolang-kaling bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dengan memenuhi cairan harian karena adanya elektrolit alami untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Baca Juga: Promo PHD Payday Esktra THR 28-31 Maret 2024, Makan Ramai-Ramai Rp 99.000-an Saja

Pedagang kolang-kaling musiman menggelar dagangannya

Kurangi Nyeri Sendi dan Memperkuat Tulang

Kolang-kaling mengandung banyak kalsium untuk menguatkan tulang. Kolang-kaling juga cocok dinikmati untuk mengurangi nyeri sendi dan cegah osteoporosis.

Menurut penelitian, kolang kaling mengandung zat galaktomannan sehingga kolang kaling bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit radang sendi.

Bisa menjadi pengganti susu untuk pemenuhan kalsium, konsumsi 5 atau 10 butir kolang-kaling setiap harinya untuk mengurangi rasa nyeri sendi lutut hingga gigi.

Mengendalikan Nafsu Makan

Manfaat kolang-kaling selanjutnya adalah mengendalikan nafsu makan berlebihan. Kolang-kaling cocok menjadi rekomendasi makanan saat diet.

Kolang-kaling mudah membuat perut kenyang sebagai camilan karena mengandung protein, karbohidrat, serat kasar, gelatin, dan kadar air yang tinggi.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Jambu Bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Turunkan Hipertensi dan Kolesterol

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Meski terlihat sebagai camilan ringan atau campuran makanan takjil saat bulan Ramadhan, kolang-kaling ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan kalium, zinx, zat besi, serat, kalsium, dan air yang tinggi bisa menjadi kombinasi nutrisi untuk menjaga kekebalan tubuh dari penyakit.

Konsumsi kolang-kaling sebagai tambahan untuk pemenuhan nutrisi menjaga daya tahan tubuh setiap harinya.

Manfaat Kolang-Kaling

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kolang-kaling selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit karena kandungan air sampai 94% yang bisa menjaga kelembapan kulit Anda.

Apalagi ketika menghadapi cuaca yang panas, rutin konsumsi kolang-kaling dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara alami dari dalam tubuh.

Baca Juga: Sinopsis Film Godzilla X Kong: The New Empire, Tayang Mulai Hari Ini di Bioskop

Menghindari Sembelit dan Gangguan Pencernaan

Kolang-kaling juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit karena mengandung banyak serat hingga 39%.

Selain buah, rutin konsumsi kolang-kaling yang mengandung serat dan karbohidrat cukup tinggi untuk melancarkan pencernaan tubuh dan lebih teratur buang air besar.  

Menjaga Kesehatan Jantung

Satu lagi manfaat kolang-kaling yang bagus adalah menjaga kesehatan jantung karena kandungan senyawa polisakarida galactoannan.

Senyawa tersebut diketahui dapat mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol jahat sehingga mencegah penyakit serangan jantung dan stroke.

Ini karena penyakit kardiovaskular sering berkaitan dengan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang melebihi batas normal dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×