kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahaya untuk Asam Lambung, Hindari Konsumsi 11 Sayuran Ini Secara Berlebihan


Jumat, 29 Maret 2024 / 06:03 WIB
Bahaya untuk Asam Lambung, Hindari Konsumsi 11 Sayuran Ini Secara Berlebihan
Bahaya untuk Asam Lambung, Hindari Konsumsi 11 Sayuran Ini Secara Berlebihan dalam Makanan Anda.


Penulis: Mega Putri

KONTAN.CO.ID - Penderita asam lambung harus memperhatikan makanan yang masuk ke perut. Hindari konsumsi berlebihan dari 11 sayuran ini yang bahaya untuk asam lambung yang membuat perut tidak nyaman.

Asam lambung yang kambuh biasanya ditandai dengan gejala awal rasa nyeri atau terbakar di dada dan tenggorokan yang mulai terasa panas.

Penderita asam lambung lainnya juga bisa merasakan rasa asam di pangkal mulut, sesak nafas, batuk, sinusitis hingga sulit untuk menelan makanan saat kambuh.

Ada banyak cara untuk menghindari penyakit asam lambung kambuh lagi. Salah satunya adalah memilih sayuran yang benar untuk dikonsumsi.

Berikut beberapa sayuran yang berbahaya untuk lambung dan dapat memicu asam lambung. Jangan sampai berlebihan mengonsumsi sayur yang bahaya untuk asam lambung.

Sayuran yang Bahaya untuk Asam Lambung

Rebung

Meski sayuran secara keseluruhan baik untuk tubuh, namun rebung sebaiknya dihindari. Rebung mengandung banyak asam sianhidrat yang berbahaya bagi lambung.

Bagi penderita sakit perut atau asam lambung, sebaiknya hindari rebung yang sering terdapat pada takjil atau gorengan lumpia di bulan Ramadhan ini.

Baca Juga: Promo JSM Alfamart Gantung Spesial THR 29-31 Maret 2024, Kebutuhan Dapur Diskon 50%

Cabai

Cabai tentu saja masuk dalam daftar sayuran yang bahaya untuk asam lambung. Penderita asam lambung sebaiknya hindari mengonsumsi rasa pedas yang berlebihan.

Makanan pedas bisa menyebabkan perut tidak nyaman, terasa panas, dan gejala terbakar sehingga menimbulkan naiknya asam lambung.

Tomat

Rasa asam yang berlebihan tentu tidak baik untuk lambung. Rasa asam dari tomat yang tinggi dapat membuat perut mulas dan asam lambung naik.

Baca Juga: Promo JSM Superindo Spesial THR Maret 2024, Ramadhan Hemat Kurma Beli 1 Gratis 1

Seledri

Sayuran selanjutnya yang bahaya bagi asam lambung adalah seledri karena menghasilkan gas di perut yang bisa memicu mual hingga asam lambung.

Sayuran yang Bahaya untuk Asam Lambung

Daun Bawang

Selain cabai, sayuran ini juga bahaya untuk penderita asam lambung meski banyak digunakan dalam makanan. Menurut Siloam Hospitals, daun bawang mengandung fruktosa.

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, konsumsi daun bawang berlebihan tidak disarankan karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Baca Juga: Sinopsis Film Godzilla X Kong: The New Empire, Tayang Mulai Hari Ini di Bioskop

Bawang Bombay

Bawang bombay sering diolah menjadi camilan lezat seperti onion ring atau digabungkan dalam makanan sehari-hari. Hati-hati, bawang bombay berbahaya untuk asam lambung.

Kandungan fruktosa yang memicu munculnya gas dalam tubuh bisa menyebabkan rasa kembung di perut. Hindari konsumsi banyak bawang bombay bagi penderita asam lambung.

Kol

Kol ternyata mengandung gula rafinosa yang berubah menjadi karbon dioksida, hidrogen, dan metana saat dicerna di usus. Ini bisa memicu perut kembung dan sendawa.

Konsumsi kol berlebihan bisa berbahaya bagi penderita asam lambung karena kandungan dalam kol bisa membuat perut tidak nyaman.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Jambu Bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Turunkan Hipertensi dan Kolesterol

Brokoli

Brokoli banyak dijumpai dalam masakan Indonesia. Brokoli juga sering ada dalam olahan camilan lezat. Namun brokoli juga sayuran yang bahaya bagi asam lambung.

Sama seperti kol, kandungan gula rafinosa pada brokoli bisa memicu asam lambung. Hati-hati konsumsi brokoli bagi penderita asam lambung.

Sayuran yang Bahaya untuk Asam Lambung

Sawi

Sawi juga menjadi sayuran populer yang sering diolah untuk masakan sehari-hari. Namun sawi masuk dalam sayuran yang bahaya untuk asam lambung.

Melansir Siloam Hospitals, sawi bisa menghasilkan gas berlebih dalam lambung manusia yang bisa membuat asam lambung Anda kambuh.

Baca Juga: Queen of Tears Jadi Drakor Terpopuler, Kalahkan Doctor Slump hingga Pyramid Game

Bawang Putih

Sayuran ini sulit untuk dihindari karena terdapat dalam banyak olahan makanan Indonesia. Atur jumlah konsumsi bawang putih secukupnya bagi penderita asam lambung.

Hindari konsumsi bawang putih mentah atau bawang putih matang secara berlebihan karena memiliki pH asam yang bahaya untuk asam lambung.

Paprika

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa paprika sayuran yang bahaya bagi asam lambung karena kandungan gas yang tinggi yang bisa membuat perut tidak nyaman.

Paprika sering terdapat di makanan seperti pizza. Paprika hijau bahaya untuk asam lambung karena senyawa kimia khusus yang mengganggu perut karena memproduksi banyak gas.

Baca Juga: Jatuh Cinta Seperti di Film-Film Tayang Besok, Ini 6 Film Indonesia Baru di Netflix

Semua sayuran yang dianggap bahaya bagi asam lambung tersebut akan memicu gejala dan membuat perut tidak nyaman jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bagi yang tidak bisa menghindari sepenuhnya beberapa sayuran pemicu asam lambung, konsumsi secukupnya saja dengan perhatikan waktu dan cara mengolah yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×