kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,67   -9,84   -1.07%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain Obat Dokter, Ini Cara Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi Secara Alami


Senin, 23 Oktober 2023 / 06:23 WIB
Selain Obat Dokter, Ini Cara Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi Secara Alami
ILUSTRASI. Cara Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi Secara Alami


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi Secara Alami - JAKARTA.  Catat cara menurunkan kolesterol dan darah tinggi secara alami. Cara menurunkan kolesterol dan darah tinggi secara alami bisa membantu pengobatan dokter untuk mengatasi masalah kesehatan ini.

Cara menurunkan kolesterol dan darah tinggi secara alami penting diketahui sejak muda. Pasalnya, banyak anak muda yang mengalami dua gangguan kesehatan tersebut.

Bahkan, gangguan kesehatan kolesterol dan darah tinggi tersebut bisa terjadi bersamaan akibat pola hidup yang sehat. Kolesterol dan darah tinggi bisa terjadi akibat pola makan tidak sehat, seperti terlalu sering konsumsi makanan tinggi lemak dan garam.

Lalu, bagaimana cara menurunkan kolesterol dan darah tinggi secara alami? Mari kita ulas satu per satu.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Sudah Coba?

Cara menurunkan kolesterol secara alami

Diberitakan Kontan.co.id, jumlah kolesterol yang tidak terkontrol bisa memicu masalah kesehatan yang lain. Maka dari itu, cara menurunkan kolesterol secara alami perlu segera Anda lakukan. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda tidak mengalami banyak gangguan.

Saat hal itu terjadi, aliran darah menjadi terhambat. Akibatnya, risiko stroke, serangan jantung, atau penyakit jantung yang lain bisa meningkat. Sebenarnya, penumpukan kolesterol bisa Anda atasi dengan obat yang diresepkan dokter.

Namun, Anda juga perlu mengubah pola hidup Anda supaya lebih sehat. Dengan begitu, kolesterol tak lagi menumpuk dan kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa terjaga. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari rajin olahraga, mengatur konsumsi makanan, dan lain sebagainya.

Berikut cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami:

  • Konsumsi Probiotik

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang pertama adalah konsumsi probiotik. Probiotik bisa Anda temukan di makanan fermentasi, seperti kimchi atau yogurt. Tak hanya menurunkan jumlah kolesterol, makanan dengan kandungan probiotik juga baik untuk sistem pencernaan dan sistem imun tubuh. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya tanpa gula dan garam berlebih.

Baca Juga: 6 Buah penurun kolesterol ini wajib Anda coba, apa saja?

  • Olahraga

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang kedua adalah olahraga. Mengutip dari Eating Well (eatingwell.com), rajin olahraga dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menaikkan jumlah kolesterol baik. Cobalah untuk olahraga lima kali dalam seminggu. Setiap kali olahraga, usahakan untuk melakukannya selama lebih dari 30 menit, ya.

Anda bisa menggabungkan olahraga aerobik berintensitas sedang dengan resistance training berintensitas sedang hingga berat. Selain menurunkan jumlah kolesterol, olahraga juga dapat menurunkan berat badan sehingga baik untuk kesehatan Anda.

  • Batasi Konsumsi Alkohol

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang ketiga adalah kurangi konsumsi alkohol. Eating Well mengatakan bahwa mengonsumsi alkohol berlebih dapat meningkatkan risiko gagal jantung, stroke, dan penyakit yang lain.

Jika Anda belum terbiasa untuk tidak mengonsumsi alkohol, cobalah beralih ke red wine atau anggur merah. Red wine memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

Namun, tetap batasi konsumsinya, ya. Untuk laki-laki, sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari dua kali minum per hari, sedangkan wanita tidak lebih dari satu kali minum.

  • Makan Kacang Kedelai

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang keempat adalah makan kacang kedelai. Kacang kedelai atau produk-produk olahannya, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai, bisa jadi penurun kolesterol. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 25 g protein kedelai per hari bisa menurunkan kolesterol sebanyak 5%.

  • Konsumsi Karbo

Cara menurunkan kolesterol secara alami selanjutnya coba adalah dengan mengonsumsi karbo. Jenis serat yang terkandung dalam makanan berkarbohidrat dapat meningkatkan jumlah kalori yang dikeluarkan tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi 5-10 g serat per hari supaya jumlah kolesterol turun.

Cara menurunkan darah tinggi dengan alami

Disarikan dari website resmi Siloam Hospital, darah tinggi terjadi jika tekanan darah melewati batas normal. Tekanan darah normal seseorang adalah sekitar 120/80 mmHg.

Tekanan darah dianggap tinggi dan berbahaya jika telah melebihi 130/80 mmHg. Berikut beberapa cara menurunkan darah tinggi secara alami:

1. Mengurangi berat badan

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang pertama adalah mengurangi berat badan. Berat badan berlebih dapat menyebabkan tekanan lebih pada arteri yang mengakibatkan tekanan darah meningkat.

2. Kurangi konsumsi natrium

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang kedua adalah mengurangi asupan natrium. Natrium adalah kandungan yang banyak terdapat dalam garam, baik itu pada garam makanan, camilan, minuman ringan, maupun makanan kaleng. Kadar sodium untuk orang dewasa yang dianjurkan adalah sebanyak 1500-2000 mg per harinya setara dengan 6 gram garam atau 1 sendok teh garam per hari.

3. Olahraga

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang ketiga adalah rutin berolahraga setidaknya 30 menit sehari. Melakukan olahraga secara rutin dan konsisten dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah sebanyak 5-8 mmHg. Beberapa contoh olahraga yang dapat Anda jalani adalah jogging, jalan kaki, senam, berenang, dan bersepeda.

4. Memperbanyak asupan kalium

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang keempat adalah meningkatkan asupan kalium. Meningkatkan konsumsi kalium dapat membantu pembuluh darah melawan kerusakan yang dipicu oleh natrium. Hal ini karena semakin banyak kalium yang dimakan, maka akan semakin banyak natrium dan juga air yang dapat dikeluarkan tubuh sehingga tekanan darah menjadi berkurang. Beberapa makanan tinggi kalium adalah susu sapi, bayam, pisang, kacang polong, dan kentang panggang.

5. Menjaga pola makan sehat

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang kelima adalah menerapkan pola makan sehat. Salah satu pola makan sehat berupa DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), seperti mengonsumsi buah, sayur, susu rendah lemak, dan biji-bijian utuh.

Adapun beberapa buah penurun darah tinggi adalah buah yang mengandung kalium seperti jeruk, pisang, dan anggur. Rekomendasi mengonsumsi kalium yang perlu dicukupi sebagai cara menurunkan darah tinggi adalah sebanyak 4500-4700 mg per hari.

6. Stop merokok dan minum alkohol

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang keenam adalah berhenti merokok dan minum alkohol. Orang yang sering merokok dan minum alkohol diketahui memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi hipertensi, seperti stroke dan penyakit jantung.

7. Mengelola stres

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang ketujuh adalah mengelola stres. Ketika Anda sedang banyak pikiran dan mengalami peningkatan tekanan darah, maka hal yang perlu dilakukan adalah berusaha tenang sebagai cara menangani stres. Lakukan juga hal-hal lain yang dapat mengalihkan Anda dari rasa cemas seperti meditasi, yoga, menonton film, atau kegiatan lain yang Anda sukai.

8. Mengurangi asupan kafein

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yang kedelapan adalah mengurangi asupan kafein. Kafein berpotensi meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg.  Tetapi, jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi kafein, misalnya minum kopi setiap pagi, maka tidak akan ada efek yang signifikan pada tekanan darah.

Itulah berbagai cara menurunkan kolesterol dan darah tinggi secara alami. Ingat, cara menurunkan kolesterol dan darah tinggi secara alami ini bukan untuk menggantikan obat dokter. Anda tetap harus minum obat penurun darah tinggi dan kolesterol sesuai anjuran dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×