kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Jumat, 29 September 2023 / 10:53 WIB
9 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat jus alpukat mengandung sterol tumbuhan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Jus Alpukat - Jus alpukat adalah salah satu jus yang digemari oleh banyak orang. Nah, ternyata ada sejumlah manfaat jus alpukat untuk kesehatan. 

Bahkan, jus alpukat juga bisa dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Jus alpukat mengandung lemak tak jenuh sehingga aman dikonsumsi secara rutin. 

Tidak hanya lemak baik, jus alpukat juga kaya nutrisi seperti vitamin A, B, C, E, dan K serta karbohidrat, protein, folat, hingga magnesium.

Selain itu, manfaat jus alpukat juga mengandung sterol tumbuhan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan menjaga kesehatan jantung. 

Lalu, apa saja manfaat jus alpukat untuk kesehatan? 

Baca Juga: Diet untuk Penderita GERD, Ini 7 Makanan yang Wajib Dijadikan Menu

Manfaat jus alpukat untuk kesehatan 

Manfaat Jus Alpukat

Dikutip dari laman PharmEasy dan buku "Ragam Olahan Buah Alpukat yang Sehat dan Kaya Manfaat", berikut sejumlah manfaat jus alpukat untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung 

Manfaat jus alpukat juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Alpukat kaya akan potasium, yang dapat membantu mengatur tekanan darah dan membuat detak jantung stabil.

Sebuah studi pernah mengkaji mengenai hubungan asupan alpukat dalam jangka panjang dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung. 

Studi ini dilakukan pada hampir 69.000 wanita dan 42.000 pria selama sekitar 30 tahun. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang pernah mengonsumsi jus alpukat menunjukkan penurunan risiko penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. 

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Penurun Kolesterol Tinggi yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

2. Menurunkan kadar kolesterol 

Manfaat jus alpukat juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Menurut American Heart Association, alpukat dapat membantu mengurangi kolesterol jahat. 

Asam oleat adalah lemak baik yang ada dalam alpukat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Fitosterol dalam alpukat dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol sehingga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Membantu menurunkan kadar gula darah

Manfaat jus alpukat juga bisa membantu mengobati diabetes tipe 2. Alpukat adalah salah satu buah yang memiliki indeks glikemik rendah dan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula dalam darah.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi lemak tidak jenuh dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Baca Juga: Kenali 9 Penyebab Kepala Sering Pusing yang Berkaitan dengan Penyakit

4. Menjaga kesehatan mata 

Alpukat mengandung karotenoid fitokonstituen. Leutin dan zeaxanthin adalah karotenoid yang larut dalam lemak yang ditemukan di mata manusia dan dapat melindunginya dari sinar ultraviolet yang berbahaya. 

Oleh karena itu, pola makan kaya karotenoid dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

5. Melancarkan sistem pencernaan 

Manfaat jus alpukat juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam jus alpukat dapat bertindak sebagai prebiotik yang bermanfaat bagi bakteri baik dalam usus.

Bakteri yang ada di usus mencerna serat jus alpukat. Selanjutnya, memecah serat menjadi asam lemak rantai pendek, yang dapat membantu mencegah beberapa penyakit kronis.

6. Membantu menurunkan berat badan 

Indeks massa tubuh dan berat badan yang lebih rendah juga berhubungan dengan konsumsi makanan sehat. 

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi jus alpukat mungkin membantu dalam pengelolaan berat badan. Alpukat mungkin memiliki kepadatan energi dan serat yang bisa membantu saat diet. 

Baca Juga: 6 Bahaya Lemak Perut, Lakukan Cara Menghilangkan Lemak Perut Dalam 30 Hari Berikut

7. Menjaga kesehatan tulang 

Osteoartritis adalah penyakit yang menyerang tulang rawan dan sendi. Kerusakan ini disebabkan oleh stres oksidatif dan inflamasi. 

Selain itu, sifat antioksidan dan pereda nyeri pada alpukat dapat membantu mengobati osteoartritis pada pinggul dan lutut. 

8. Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil

Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil bisa mengurangi morning sickness. Vitamin B6 dalam alpukat membantu meredakan mual dan muntah yang terkait dengan kehamilan. 

Selain itu, alpukat juga mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan janin dan mencegah cacat lahir. Meski demikian, tetaplah konsumsi jus alpukat dalam jumlah yang wajar saat hamil. 

Baca Juga: Cara Sederhana Turunkan Tensi Tinggi Penderita Hipertensi, Bisa Terapkan Sekarang

9. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat jus alpukat juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kulit adalah bagian pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan. 

Karotenoid yang ada dalam alpukat dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat peradangan dan stres oksidatif akibat sinar ultraviolet. 

Roberts dkk. mempelajari bahwa fitokonstituen leutin dan zeaxanthin yang ada dalam alpukat dapat membantu kulit melawan kerusakan akibat sinar UV dan sinar radiasi. 

Studi juga menunjukkan bahwa manfaat jus alpukat dapat membantu mengurangi kerutan dan meningkatkan aktivitas penyembuhan luka. 

Demikian sejumlah manfaat jus alpukat untuk kesehatan dan ibu hamil yang menakjubkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×