kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil, Cek Juga Khasiat Secara Umum


Kamis, 14 September 2023 / 06:40 WIB
Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil, Cek Juga Khasiat Secara Umum
ILUSTRASI. Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil, Cek Juga Khasiat Secara Umum


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Susu Kedelai - Jakarta. Simak manfaat susu kedelai bagi ibu hamil. Cek juga manfaat susu kedelai secara umum.

Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil sangat besar. Namun, selama ini banyak ibu hamil takut minum susu kedelai.

Pasalnya, sebagian masyarakat percaya ibu hamil dilarang minum susu kedelai karena dapat membahayakan janin dalam kandungan. Padahal, manfaat susu kedelai bagi ibu hamil sangat bagus.

Nutrisi susu kedelai

Sebelum membicarakan manfaat susu kedelai bagi ibu hamil, mari kita bahas dahulu nutrisi yang terkandung dalam susu kedelai. Susu kedelai adalah hasil perasan kacang kedelai yang telah dicampur dengan air.

Satu gelas susu kedelai murni (tanpa tambahan pemanis) biasanya mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 80-100
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Lemak: 4 gram
  • Protein: 7 gram

Baca Juga: 8 Minuman yang Sama Sehatnya dengan Air Putih

Susu kedelai jamak dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi. Pertimbangannya, kandungan protein dalam susu kedelai sama dengan susu sapi, namun kalorinya lebih rendah dibanding susu sapi.

Ibu hamil juga bisa mendapatkan nutrisi susu kedelai. Terlebih, susu kedelai merupakan sumber pangan yang kaya akan vitamin A, vitamin B-12, potasium, dan isoflavon. Sedangkan beberapa produk susu kedelai kemasan banyak yang sudah diperkaya atau difortifikasi dengan kalsium dan vitamin D.

Amankah susu kedelai untuk ibu hamil?

Umumnya, susu kedelai aman dikonsumsi ibu hamil. Pusat Pelayanan Kesehatan Inggris (NHS) bahkan mengimbau ibu hamil mengonsumsi susu kedelai sepanjang kehamilan. NHS merekomendasikan ibu hamil memilih susu kedelai yang terfortifikasi dengan kalsium.

Kendati secara umum aman, namun ibu hamil yang punya gangguan kesehatan hipotiroidisme dan kanker payudara perlu berhati-hati saat mengonsumsi susu kedelai. Kandungan fitoestrogen dalam kacang kedelai dapat bereaksi dengan kondisi-kondisi tersebut.

Sebaiknya, ibu hamil berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu bila ingin meminum susu kedelai saat hamil dengan hipotiroidisme atau kanker payudara.

Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil

Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil di antaranya:

  • Sumber protein yang baik, terutama bila ibu hamil merupakan vegetarian atau mengidap intoleransi laktosa yang terdapat pada susu sapi
  • Sumber asam omega 3, terutama bagi vegetarian sebagai pengganti kandungan ini yang biasanya terdapat pada ikan atau hewan laut
  • Menurunkan kolesterol sehinga baik dikonsumsi ibu hamil yang memiliki kolesterol tinggi
  • Mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan selama hamil, karena kedelai dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama
  • Nutrisi pada susu kedelai dapat dinikmati oleh janin
  • Membantu mencegah terjadinya cacat bawaan lahir karena susu kedelai juga mengandung asam folat dan zinc

Batas aman konsumsi susu kedelai bagi ibu hamil

Kendati susu kedelai aman dikonsumsi ibu hamil, namun konsumsinya disarankan tidak berlebihan. Ibu hamil membatasi konsumsi susu kedelai hanya satu sampai dua gelas per hari. Pasalnya, kacang kedelai mengandung phytic acid (asam fitat), yaitu zat pada tanaman yang mengikat mineral.

Sisi positifnya, asam fitrat dapat menangkal penyerapan logam berat oleh tubuh, seperti merkuri dan timbal yang dapat membahayakan pertumbuhan janin. Di sisi lain, phytic acid juga menghalangi penyerapan mineral penting yang dibutuhkan janin, seperti niacin, kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc.

Efek lain saat berlebihan dalam mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil, yakni menurunnya kadar kolesterol. Efek ini baik saat ibu hamil tidak sedang mengandung. Namun, saat hamil perempuan butuh kolesterol untuk memproduksi hormon progesteron, estrogen, dan vitamin D.

Terakhir, kandungan fitoestrogen dalam kedelai dikhawatirkan menimbulkan berbagai masalah pada janin, seperti kelainan penis pada bayi laki-laki. Namun, klaim ini baru terbukti berdasarkan penelitian pada hewan.

NHS sendiri menyatakan hanya sedikit fitoestrogen pada kedelai yang diserap oleh tubuh manusia. Dengan kata lain, fitoestrogen tidak akan menimbulkan efek yang berarti pada ibu hamil. Jika ibu hamil masih ragu ingin mengonsumsi susu kedelai saat hamil, konsultasikan dengan dokter.

Manfaat susu kedelai secara umum

Pharmeasy menyebutkan, ada beberapa macam manfaat susu kedelai untuk kesehatan:

  • Menurunkan kolsterol

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah menurunkan kolesterol. Susu kedelai mengandung isoflavon dan saponin yang berpotensi memiliki sifat antioksidan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa zat itu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh susu kedelai terhadap kadar kolesterol pada manusia.

  • Mencegah aterosklerosis

Manfaat susu kedelai yang kedua adalah mencegah aterosklerosis. Studi subklinis menunjukkan bahwa susu kedelai mungkin bermanfaat dalam kasus aterosklerosis dengan menunda pengendapan lemak. Namun, diperlukan studi klinis lebih lanjut untuk melihat efek susu kedelai pada kasus aterosklerosis.

  • Mengurangi risiko kanker

Manfaat susu kedelai yang ketiga adalah mengurangi risiko kanker. Kedelai mungkin memiliki sifat anti-kanker karena adanya isoflavon. Isoflavon dapat memodifikasi atau mengubah siklus sel dan dapat menyebabkan kematian sel (apoptosis).

Penelitian telah menunjukkan bahwa susu kedelai dapat mengurangi risiko kanker prostat, payudara, perut, paru-paru, dan usus besar.

  • Mengurangi risiko osteopororsis

Manfaat susu kedelai yang keempat adalah mengurangi risiko osteoporosis. Susu kedelai dapat mengurangi risiko osteoporosis pada wanita pascamenopause, yang kepadatan mineral tulangnya berkurang, mungkin karena penurunan hormon seperti estrogen atau terapi penggantian hormon.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa isoflavon dalam susu kedelai dapat meningkatkan kadar kalsium dalam tulang. Kandungan protein yang tinggi pada susu kedelai juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang.

  • Mengontrol berat badan

Manfaat susu kedelai yang kelima adalah mengontrol berat badan. Susu kedelai kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa bioaktif yang dapat membantu mengurangi nafsu makan. Kondisi diet rendah karbohidrat dengan kandungan nutrisi susu kedelai yang tinggi dapat membantu dalam pengelolaan berat badan.

Namun, Anda harus berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan rencana pola makan yang tepat sebelum melakukan perubahan pola makan sendiri.

  • Mengatasi diabetes

Manfaat susu kedelai yang keenam adalah mengatasi diabetes. Susu kedelai juga berpotensi bermanfaat untuk penderita diabetes. Kandungan karbohidrat yang lebih sedikit dan kandungan protein yang lebih tinggi dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Sementara itu, Anda harus memeriksa kadar gula darah Anda secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter, jika terjadi kenaikan pada kadar gula darah Anda setelah minum susu kedelai.

  • Sumber prebiotik

Manfaat susu kedelai yang ketujuh adalah sumber prebiotik. Susu kedelai dapat meningkatkan kesehatan usus dengan bertindak sebagai prebiotik dan meningkatkan mikroba berguna di usus.

Oligosakarida dalam kedelai membantu sebagai alternatif pengganti gula, yang dapat menyediakan substrat untuk membantu pertumbuhan bakteri baik dan membantu usus dalam mempertahankan bakteri menguntungkan. Bakteri baik yang ada di usus ini dapat membantu metabolisme dan membantu berfungsinya usus.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat susu kedelai yang kedelapan adalah meningkatkan kesehatan jantung. Susu kedelai juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung koroner.

Serat, protein, dan isoflavon yang terdapat dalam kandungan susu kedelai dapat bekerja dalam mekanisme berbeda untuk meningkatkan kesehatan jantung. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan semua manfaat susu kedelai untuk kesehatan.

Menurut Healthline, salah satu kelemahan dari susu kedelai yang perlu diperhatikan adalah kandungan gula tambahan dalam susu kedelai dengan varian rasa, yang bisa berkisar 5-15 gram per porsi.

Itulah manfaat susu kedelai bagi ibu hamil dan masyarakat umum. Yuk minum susu kedelai secara rutin agar terasa manfaatnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui", dan "Mitos atau Fakta, Ibu Hamil Pantang Minum Susu Kedelai?",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×