kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menghilangkan Ambeien Pada Ibu Hamil Secara Alami, Cek Juga Makanan Tinggi Serat


Selasa, 25 April 2023 / 14:39 WIB
Cara Menghilangkan Ambeien Pada Ibu Hamil Secara Alami, Cek Juga Makanan Tinggi Serat
ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Ambeien Pada Ibu Hamil Secara Alami, Cek Juga Makanan Tinggi Serat


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil secara alami. Cek juga makanan tinggi serat untuk mencegah ambeien.

Ambeien adalah salah satu gangguan kesehatan yang dialami ibu hamil. Kurangnya konsumsi makanan berserta dan minim gerak adalah salah satu faktor penyebab ambeien pada ibu hamil.

Lalu bagaimana cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil?

Cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil dapat dilakukan secara alami. Namun, cara alternatif ini bukan untuk menggantikan pengobatan dari dokter.

Cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil secara alami ini hanya untuk mendukung pengobatan yang telah diberikan oleh dokter. Oleh karena itu, pastikan Anda menghubungi dokter jika mengalami ambeien.

Baca Juga: Jangan Menunda BAB, Ini 5 Cara Mencegah Penyakit Ambeien Kambuh

Cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil

Dilansir dari Kompas.com, cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil secara alami dapat menggunakan beberapa bahan herbal. Mengutip Medical News Today, pengobatan ala rumahan ini membantu meredakan gejala ambeien, yang menyebabkan rasa tidak nyaman, jika dibiarkan.

Gejala ambeien bisa meliputi iritasi di daerah anus, buang air besar atau BAB berdarah, pembengkakan di daerah anus, dan vena menonjol di sekitar anus. Disarikan dari Medical News Today dan Verywell Health, berikut cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil secara alami:

  • Minyak kelapa

Cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil secara alami yang pertama adalah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa adalah pelembap alami yang juga dapat membantu mengatasi gejala ambeien. Mengoleskan minyak kelapa dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan di anus, serta dapat membantu mengurangi keinginan untuk menggaruknya. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di bagian anus yang ambeien sebagai obat alami.

  • Lidah buaya

Cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil secara alami yang kedua adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak kegunaan untuk mengobati berbagai masalah. Menurut penelitian di BioMed Research International, tanaman ini memiliki efek antiinflamasi pada tubuh dan dapat membantu menyembuhkan luka.

Oleh karena itu, lidah buaya dapat menjadi obat alami untuk embeien dengan meredakan rasa terbakar, gatal, dan bengkak ketika dioleskan ke anus. Lidah buaya yang digunakan harus yang asli. Produk lidah buaya dalam kemasan yang mengandung pengawet justru dapat memperburuk gejala ambeien.

  • Kompres es

Cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil secara alami yang ketiga adalah dengan kompres es. Kompres es bisa membantu meredakan nyeri dan pembengkakan di anus Anda.

Anda cukup menempelkan handuk berisi es di anus Anda atau duduk di atas kompres es, saat wasir kambuh. Biarkan selama 15 menis dan ulangi prosesnya setiap jam. Cara ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan untuk sementara waktu.

Makanan tinggi serat untuk kesehatan dan mencegah ambeien

Selain melakukan cara menghilangkan ambeien pada ibu hami di atas, Anda juga harus memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat. Makanan tinggi serat tidak hanya bagus untuk mencegah ambeien, tapi juga baik untuk kesehatan pencernaan.

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, berikut makanan tinggi sehat untuk mencegah ambeien dan kesehatan tubuh:

1. Alpukat

Makanan tinggi serat untuk kesehatan dan mencegah ambeien yang pertama adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan lemak baik dan serat yang tinggi. Dalam 100 gram atau setengah buah alpukat terdapat 6,7 gram serat yang setara dengan 18% kebutuhan serat harian pria dewasa usia 19-29 tahun (kebutuhan serat harian pria dewasa usia 16-29 tahun adalah 37 gram).

Di samping itu, alpukat juga memiliki kandungan sodium, magnesium, serta vitamin B, C, dan E yang baik untuk pencernaan.

2. Apel

Makanan tinggi serat untuk kesehatan dan mencegah ambeien yang kedua adalah apel. Apel termasuk dalam makanan tinggi serat yang dapat membantu mencegah gangguan pencernaan. Jenis buah ini cukup mudah ditemukan, sehingga cocok menjadi camilan untuk membantu memenuhi asupan serat harian Anda. Diketahui 100 gram apel memiliki kandungan serat hingga 2,4 gram.

3. Pir

Makanan tinggi serat untuk kesehatan dan mencegah ambeien yang ketiga adalah buah pir. Buah pir memiliki kandungan hingga 5,5 gram serat, di mana jumlah tersebut dapat membantu memenuhi sekitar 17% kebutuhan serat harian wanita dewasa usia 19-29 tahun (kebutuhan serat harian wanita dewasa 19-29 tahun adalah 32 gram).

Di dalam pir juga terkandung jenis serat yang disebut dengan pektin. Pektin diyakini efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi dan membantu melancarkan BAB sekaligus mendukung pertumbuhan bakteri baik. Tak heran jika pir menjadi buah yang sering direkomendasikan bagi penderita sembelit.

4. Kacang Almond

Makanan tinggi serat untuk kesehatan dan mencegah ambeien yang keempat adalah kacang almond. Almond adalah salah satu contoh makanan tinggi serat, protein, dan nutrisi lainnya, seperti vitamin E, mangan, magnesium, dan lemak baik. Diketahui bahwa dalam 100 gram almond mengandung sekitar 12-13 gram serat.

 5. Pisang

Makanan tinggi serat untuk kesehatan dan mencegah ambeien yang kelima adalah pisang. Pisang dilengkapi dengan beragam nutrisi, seperti potassium, vitamin B6, vitamin C, dan tentunya kaya akan serat. Di dalam 100 gram pisang terdapat hingga 2,6 gram serat.

6. Wortel

Makanan tinggi serat untuk kesehatan dan mencegah ambeien yang keenam adalah wortel. Wortel terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan mata karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Namun apakah manfaat wortel hanya sebatas itu? Tentu tidak. Selain vitamin A, wortel juga diketahui kaya akan vitamin B6, vitamin K, magnesium, antioksidan, beta karoten dan serat. Pasalnya dalam 100 gram wortel mengandung sekitar 2,8 gram serat.

7. Oat

Makanan tinggi serat untuk kesehatan dan mencegah ambeien yang ketujuh adalah oat. Oat adalah salah satu makanan sehat yang kaya akan nutrisi seperti mineral, antioksidan, dan berbagai jenis vitamin. Oat juga mengandung serat larut yang kuat yaitu beta glukan.

Oat sering kali direkomendasikan sebagai makanan untuk penderita sembelit, mengingat dalam 100 gram oat mengandung hingga 10,1 gram serat. Selain itu, makanan tinggi serat ini bermanfaat untuk membantu mengontrol kolesterol dan menjaga kadar gula darah tetap normal.

8. Ubi Jalar

Makanan tinggi serat untuk kesehatan dan mencegah ambeien yang kedelapan adalah ubi jalar. Dalam 100 gram ubi jalar rebus tanpa kulit yang berukuran sedang mengandung sekitar 2,5 gram serat.

Ubi jalar juga mengandung beta karoten, magnesium, vitamin C, dan berbagai mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

9. Kacang Polong

Makanan tinggi serat untuk kesehatan dan mencegah ambeien yang kesembilan adalah kacang polong. Dalam 100 gram kacang polong diketahui mengandung 5 gram serat. Tak cukup sampai di situ, kacang polong juga mengandung berbagai protein, mineral, dan vitamin yang baik bagi kesehatan.

10. Rasberi (Raspberry)

Makanan tinggi serat berikutnya adalah raspberry. Mengonsumsi 100 gram buah raspberry akan memberikan Anda hingga 8 gram serat atau setara dengan 21-25% kebutuhan serat harian pria dan wanita dewasa berusia 19-29 tahun.

Tidak hanya serat, buah dengan aroma unik ini juga mengandung vitamin C, mangan, dan pektin yang tinggi. Selain itu, raspberry juga mengandung berbagai senyawa antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari radikal bebas.

11. Kacang Lentil

Makanan tinggi serat untuk kesehatan dan mencegah ambeien yang ke-11 adalah kacang lentil. Per 100 gram kacang lentil mengandung 7,9 gram serat atau setara dengan 21-24% asupan serat harian pria dan wanita dewasa berusia 19-29 tahun.

Kacang lentil juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang melimpah. Memasukkan kacang lentil ke dalam menu harian dapat membantu memenuhi asupan vitamin B1, B9, mineral, mangan, dan fosfor.

Itulah cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil. Jangan lupa memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat untuk mencegah ambeien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×