kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil saat Masa Prenatal


Selasa, 06 Juni 2023 / 08:42 WIB
Kenali 6 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil saat Masa Prenatal
ILUSTRASI. Kenali 6 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil saat Masa Prenatal


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat Yoga untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Setiap bumil bisa mencoba aktivitas bermanfaat salah satunya adalah Yoga Prenatal.

Yoga Prenatal adalah suatu bentuk latihan fisik, pernapasan, dan meditasi yang berasal dari tradisi kuno India. Tujuan utama dari yoga prenatal adalah mencapai keseimbangan antara pikiran, tubuh, dan jiwa saat masa mengandung seorang Ibu.

Nah, gerakan tubuh dari Yoga Prenatal juga berbeda dan lebih terkontrol, pernapasan yang teratur, dan fokus pikiran. Sehingga dapat membantu menciptakan keselarasan dan kesejahteraan secara menyeluruh.

Tentunya, ada manfaat Yoga untuk ibu hamil yang tentu menyehatkan dan mempermudah proses persalinan di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Ngiler saat Tidur bagi Orang Dewasa, Ketahui Juga Penyebabnya

Manfaat Yoga untuk Ibu hamil dan waktu yang tepat untuk memulainya.

Kapan Ibu Hamil bisa ikut Yoga Prenatal?

Ibu hamil dapat mulai mengikuti yoga sejak awal kehamilan dengan persetujuan dari dokter kandungan.

Idealnya, jika ibu hamil tidak memiliki komplikasi kehamilan atau masalah kesehatan tertentu, sehingga dapat memulai praktik yoga pada trimester pertama atau 3 bulan kehamilan.

Namun, setiap kehamilan adalah unik, dan setiap wanita mengalami perubahan fisik dan kesehatan yang berbeda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum memulai atau melanjutkan latihan yoga selama kehamilan.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Sehari-hari

Dokter kandungan akan mengevaluasi kesehatan dan kondisi ibu hamil serta memberikan rekomendasi berdasarkan situasi individu.

Dokter akan memberikan petunjuk dan batasan yang harus diikuti selama praktik yoga, terutama jika ada kondisi kesehatan yang memerlukan perhatian khusus.

Selama kehamilan, beberapa pose atau gerakan dalam yoga mungkin perlu dimodifikasi atau dihindari untuk menjaga kenyamanan dan keamanan ibu hamil.

Instruktur yoga yang berpengalaman dalam mengajar yoga untuk ibu hamil dapat memberikan panduan dan pilihan pose yang aman dan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Komedo Membandel di Hidung

Berikut ini adalah beberapa manfaat yoga untuk Ibu Hamil dilansir dari Parents.com.

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

1. Memperkuat Otot dan Fleksibilitas

Praktik yoga dapat membantu ibu hamil memperkuat otot-otot tubuh yang penting untuk menjaga keseimbangan, postur yang baik, dan mengurangi ketidaknyamanan fisik.

Latihan peregangan dan pernapasan dalam yoga juga membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, yang berguna selama kehamilan dan persalinan.

2. Mengurangi Ketegangan dan Stres

Tentu, manfaat Yoga untuk Ibu Hamil bisa menguranti tingkat stres yang tinggi. Yoga membantu mengurangi ketegangan fisik dan mental melalui pernapasan yang teratur, meditasi, dan gerakan yang lembut.

Ini membantu menciptakan rasa ketenangan dan relaksasi, serta membantu ibu hamil menghadapi perubahan emosional yang terkait dengan kehamilan.

3. Meningkatkan Keseimbangan Emosi

Manfaat Yoga mengajarkan kesadaran dan pengendalian pikiran dan emosi. Praktik yoga dapat membantu ibu hamil mengembangkan ketenangan batin, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan keseimbangan emosional. Ini penting untuk menjaga kesejahteraan mental selama kehamilan.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain itu, manfaat Yoga untuk Ibu Hamil adalah memperbaiki kualitas tidur yang cukup terganggu.Banyak ibu hamil mengalami kesulitan tidur karena perubahan hormonal dan fisik yang terjadi selama kehamilan.

Kegiatan dari Yoga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, dan menciptakan kondisi yang lebih baik untuk tidur yang nyenyak.

5. Memperkuat Punggung dan Pinggul

Melalui gerakan yang lembut, yoga membantu memperkuat otot-otot punggung, pinggul, dan inti tubuh. Ini penting untuk menjaga stabilitas tulang belakang dan mendukung pertumbuhan janin yang sehat.

Nantinya, gerakan ini juga dapat membantu Ibu Hamil agar lebih rileks saat proses persalinan.

6. Meningkatkan Kesadaran Tubuh

Yoga membantu ibu hamil untuk menjadi lebih sadar akan perubahan yang terjadi pada tubuh selama kehamilan.

Ini membantu dalam pengaturan postur yang benar, meminimalkan ketidaknyamanan fisik, dan memperkuat hubungan antara ibu hamil dan janin di dalam rahim.

Penting untuk mencari instruktur yoga yang berpengalaman dalam mengajar yoga untuk ibu hamil atau mencari kelas yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil.

Hal ini akan memastikan latihan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh ibu hamil. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memulai latihan yoga atau program kebugaran apa pun selama kehamilan.

Demikian beberapa informasi terkait manfaat Yoga untuk Ibu hamil dan waktu yang tepat untuk memulainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×