kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​9 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Sering Diabaikan


Jumat, 14 April 2023 / 10:19 WIB
​9 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Sering Diabaikan
ILUSTRASI. Manfaat buah mengkudu secara tradisional untuk terapi terhadap artritis, sakit kepala, diabetes, hipertensi, dan beberapa penyakit infeksi.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Buah mengkudu adalah buah yang bisa tumbuh baik di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Manfaat buah mengkudu secara tradisional untuk terapi terhadap artritis, sakit kepala, diabetes, hipertensi, dan beberapa penyakit infeksi. 

Buah dengan nama latin Morinda citrifolia L ini mengandung sejumlah senyawa kimia, biokimiawi, dan organo sulfur sehingga manfaat buah mengkudu banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. 

Kalium dan kalsium adalah mineral terbanyak pertama dan kedua yang ada dalam buah mengkudu. Sementara dibandingkan dengan vitamin yang lain, kandungan vitamin C di buah mengkudu adalah tertinggi, mencapai 1,13 mg/g daging buah.

Baca Juga: Bisa Mencegah Ketombe, Apa Saja Manfaat Daun Pandan untuk Tubuh?

Kandungan kalium yang tinggi ini membuat buah mengkudu dilarang dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal dan hiperkalemia. 

Hiperkalemia adalah kondisi ketika tubuh kelebihan ion kalium. Jika terjadi dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan syaraf, ginjal, dan irama jantung.

Lalu, apa saja manfaat buah mengkudu untuk kesehatan? 

Baca Juga: 3 Minuman Kaya Mineral dan Vitamin yang Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah mengkudu 

Manfaat buah mengkudu yang pertama yakni membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dirangkum dari laman Web MD dan Fakultas Farmasi UGM, berikut sejumlah manfaat buah mengkudu untuk kesehatan: 

1. Membantu menghambat pertumbuhan sel kanker 

Manfaat buah mengkudu yang pertama yakni membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah mengkudu mengandung senyawa damnachantal, yang merupakan senyawa golongan antrakinon. 

Senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker MCF-7 pada konsentrasi 8,2 µg/mL. Damnachantal juga menginduksi cell cycle arrest di tahap G1 dalam siklus sel. 

Baca Juga: Sayuran Ini Bisa Merontokkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Senyawa antrakuinon lain yang terkandung dalam buah mengkudu, yaitu alizarin, dilaporkan mampu menghambat proses angiogenesis pada kanker. 

Uniknya, senyawa golongan antrakuinon dalam buah mengkudu ini bukan terkandung dalam daging buahnya, melainkan dalam biji buahnya. 

Untuk itu, buatlah jus buah mengkudu yang masih hijau tapi mulai menguning untuk mendapatkan manfaat mengkudu tersebut. Dengan jus ini, biji buah juga akan hancur dan kandungan kimianya dapat keluar sehingga bisa dikonsumsi. 

Baca Juga: 5 Alasan Tempe Baik Dikonsumsi Secara Rutin

2. Baik untuk kesehatan jantung 

Manfaat buah mengkudu juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan lignan dalam mengkudu dilaporkan mampu menurunakan low density lipoproteins (LDL) sehingga baik untuk pencegahan penyakit kardiovaskuler.

LDL ini mudah menempel di dinding pembuluh darah dan membentuk plak sehingga menyebabkan penyumbatan.

Hal ini dapat mengurangi elastisitas pembuluh darah sehingga menyebabkan penyakit aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah. 

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis

3. Menangkal radikal bebas

Manfaat buah mengkudu lainnya adalah kaya akan antioksidan guna menangkal radikal bebas berlebihan yang masuk ke dalam tubuh. 

Manfaat mengkudu yang paling terkenal adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Menurunkan darah tinggi 

Kemudian, salah satu manfaat mengkudu yang paling terkenal adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa dalam buah mengkudu yang bertanggungjawab terhadap efek antihipertensi adalah alkaloid, yaitu proxeronin dan asam asperusida. 

Selain itu, buah mengkudu juga mengandung flavonoid yang mempunyai mekanisme sebagai penghambat ACE (angiotensin converting enzyme). Sementara itu skopoletin mempunyai aksi sebagai vasodilator dan relaksan otot polos pembuluh darah. 

Baca Juga: Menyegarkan! Ini 8 Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan Tubuh

5. Mengurangi sakit saat menstruasi 

Nah, ternyata terdapat manfaat buah mengkudu untuk perempuan, yakni membantu mengurangi nyeri haid. Buah mengkudu mengandung prokseronin yang mempunyai efek sebagai antidepresi, mengurangi sakit selama menstruasi, dan antiaterosklerosis. 

Sedangkan skopoletin bertanggung jawab terhadap aktivitas analgesik, pengaturan kadar serotonin serta sebagai antiobesitas. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

6. Manfaat buah mengkudu untuk membantu menurunkan berat badan 

Manfaat buah mengkudu yakni juga dapat membantu mengendalikan berat badan dan obesitas. Caranya, konsumsi jus buah mengkudu secara rutin. 

Kombinasikan pula dengan pembatasan kalori harian dan olahraga teratur. Para ahli berpendapat bahwa manfaat jus mengkudu ini lantaran kandungannya dapat mempertahankan massa sel otot aktif.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Gangguan Asam Lambung, Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Naik

Manfaat buah mengkudu juga bisa mengobati kondisi degeneratif muskuloskeletal.

7. Mengurangi nyeri leher

Manfaat buah mengkudu juga bisa mengobati kondisi degeneratif muskuloskeletal. Gangguan muskuloskeletal adalah suatu kondisi yang mengganggu fungsi sendi, ligamen, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang.

Sebuah studi menyebutkan bahwa penderita kerusakan tulang belakang terkait usia dapat membaik dengan pengobatan jus mengkudu dan fisioterapi tertentu.  

Namun, pengobatan dengan fisioterapi saja bekerja lebih baik untuk menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas daripada jus mengkudu saja.

Baca Juga: Mengenal Meningitis, Simak Penyebab dan Gejala Penyakit Meningitis

8. Melindungi tubuh dari racun 

Manfaat buah mengkudu juga bisa melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri. Studi menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat memberikan perlindungan terhadap zat berbahaya atau racun  yang berkaitan dengan merokok tembakau. 

Baca Juga: 5 Alasan Tempe Baik Dikonsumsi Secara Rutin

Hal ini terjadi dengan mekanisme:

  • Melindungi DNA dari kerusakan akibat asap
  • Menormalkan lipid darah
  • Mengontrol peradangan sistemik
  • Mengurangi homosistein

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cempedak bagi Kesehatan yang Sudah Terbukti Secara Klinis

9. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Manfaat jus mengkudu berikutnya adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain kadar vitamin C yang tinggi, jus mengkudu mengandung fitokimia dan antioksidan lain yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Dikutip dari laman Medical News Today, pada manusia, konsumsi mengkudu secara teratur meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. Tingkat antioksidan yang lebih tinggi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Demikian sejumlah manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang sering diabaikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×