kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Cara untuk Mempertahankan Kadar Gula Tetap Normal Sepanjang Hari


Jumat, 29 September 2023 / 08:20 WIB
9 Cara untuk Mempertahankan Kadar Gula Tetap Normal Sepanjang Hari


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diabetes adalah penyakit menahun yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Menurut Kementerian Kesehatan, terdapat dua jenis diabetes: diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin yang berfungsi untuk mengatur gula darah, sehingga gula darah menjadi sangat tinggi. Diabetes tipe 1 biasanya didiagnosis ketika masih anak-anak dan tidak berkaitan dengan gaya hidup.

Sebagian besar kasus diabetes di Indonesia merupakan kasus diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Sebut saja pola konsumsi tinggi gula dan lemak, kurang aktivitas fisik, kegemukan, dan merokok.  

Bahaya diabetes

Mengutip Kemkes.go.id, banyak mitos yang beredar bahwa diabetes bukan merupakan masalah besar. Faktanya, diabetes dapat mengakibatkan komplikasi serius dan menyebabkan kematian dini.

Diabetes memperbesar kemungkinan 2 kali lebih besar terkena serangan jantung.

Selain itu, diabetes merupakan penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, amputasi kaki bagian bawah, dan menurunkan kualitas hidup.

Baca Juga: Tubuh Tak Mampu Produksi Insulin, Ini 11 Ciri-Ciri Penyakit Diabetes Melitus

Lonjakan gula darah

Lonjakan gula darah terjadi ketika gula darah seseorang naik dengan cepat melebihi tingkat normalnya. Jenis lonjakan ini paling sering dikaitkan dengan diabetes, dan dapat terjadi karena berbagai alasan seperti mengonsumsi makanan tinggi gula atau karbohidrat, mengonsumsi obat-obatan tertentu, mengalami stres emosional, atau bahkan saat sakit parah.

Tingginya kadar glukosa dalam aliran darah dapat merusak tubuh dan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan jangka panjang yang serius seperti masalah penglihatan, jantung berdebar-debar, dan tekanan darah tinggi. 

Untuk mengatasi situasi berbahaya ini, penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter mereka tentang pengujian yang tepat dan teknik manajemen yang diperlukan untuk memastikan bahwa gula darah mereka tetap pada tingkat yang aman.

Baca Juga: Segudang Makanan yang Baik Buat Kesehatan Jantung yang Baik Dikonsumsi Tiap Hari




TERBARU

[X]
×