kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pantangan Gula Darah Rendah, Ini Cara Alami Atasi Kadar Gula Rendah Di Pagi Hari


Senin, 03 April 2023 / 12:26 WIB
Pantangan Gula Darah Rendah, Ini Cara Alami Atasi Kadar Gula Rendah Di Pagi Hari
ILUSTRASI. Pantangan Gula Darah Rendah, Ini Cara Alami Atasi Kadar Gula Rendah Di Pagi Hari


Sumber: TribunNews.com,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain gula darah tinggi, kita juga harus mewaspadai gula darah rendah. Untuk Anda penderita gula darah rendah, berikut pantangan yang harus dipatuhi. Cermati juga cara alami mengatasi gula darah rendah pada pagi hari.

Dilansir dari website resmi RS Siloam, gula darah rendah atau hipoglikemia adalah kondisi medis seseorang ketika kadar gula dalam darahnya menurun dan berada di bawah batas normal. Kondisi hipoglikemia ini cukup sering dialami oleh seseorang yang menderita penyakit diabetes, walaupun dapat juga terjadi pada pasien tanpa penyakit diabetes.

Ada gejala tertentu yang ditimbulkan jika seseorang mengalami hipoglikemia ini, salah satunya adalah jantung berdebar. Tentunya, hipoglikemia tidak bisa dibiarkan karena dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang cukup serius hingga kematian.

Gula darah adalah salah satu sumber energi bagi tubuh. Jadi, hipoglikemia adalah hal yang dapat membuat tubuh kekurangan energi untuk melakukan aktivitas harian.

Di samping itu, hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang bisa menjadi salah satu komplikasi akut pada penderita diabetes karena penggunaan obat pengontrol gula darah.

Baca Juga: Tanda-Tanda Tubuh Kebanyakan Gula, Cek Tabel Gula Darah Normal Berdasarkan Usia

Seseorang akan dikatakan menderita hipoglikemia ketika kadar gula dalam darahnya di bawah 70 mg/dL. Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang dapat mengakibatkan kejang, penurunan kesadaran, hingga kerusakan pada otak.

Pantangan gula darah rendah

Selain minum obat, penderita gula darah rendah harus mematuhi sejumlah pantangan. Berikut pantangan gula darah rendah dirangkum dari Tribunnews.com:

1. Mengonsumsi Terlalu Banyak Karbohidrat

Pantangan gula darah rendah yang pertama adalah konsumsi terlalu banyak karbohidrat. Saat tubuh dimasukin karbohidrat, secara otomatis akan menghasilkan insulin.

Pelepasan insulin bisa berlangsung hingga beberapa jam setelah makan. Akibatnya kadar gula darah bisa semakin rendah.

2. Hindari Alkohol

Pantangan gula darah rendah yang kedua adalah minum alkohol. Alkohol sangat keras efeknya pada hati, yaitu organ yang bertanggung jawab untuk melepaskan glukosa ke dalam tubuh.

Asupan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah turun dengan merangsang sekresi insulin.

3. Makanan yang Digoreng

Pantangan gula darah rendah yang ketiga adalah makan makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng dapat memengaruhi tubuh untuk melepas kadar gula dalam tubuh.

Cara alami mengatasi gula darah rendah di pagi hari

Sebagai sumber energi untuk sel dan organ, tubuh menggunakan gula darah, yang disebut glukosa. Ketika pagi hari tiba, ada beberapa orang yang memiliki kadar gula darah yang rendah.   

Gula darah rendah, juga disebut hipoglikemia, terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup glukosa untuk digunakan sebagai energi. 

Melansir dari Healthline, orang dengan diabetes mellitus mungkin memiliki gula darah rendah di pagi hari karena terlalu banyak insulin yang bekerja. 

Kondisi ini disebut sebagai insulin basal. Pada dasarnya, insulin membantu mengelola gula darah dengan membiarkan glukosa memasuki sel tempat ia dapat diubah menjadi energi. 

Terlalu banyak insulin dalam bentuk apa pun dapat menyebabkan gula darah rendah. Beberapa obat noninsulin untuk mengobati diabetes mellitus tipe 2 juga dapat menyebabkan hipoglikemia. 

Baca Juga: Tanpa obat, begini cara sederhana mengatasi gula darah rendah di pagi hari

Orang tanpa diabetes juga dapat memiliki gula darah rendah, yang dikenal sebagai hipoglikemia non-diabetes. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor gaya hidup, seperti pola makan dan kebiasaan olahraga.

Gula darah rendah biasanya didefinisikan sebagai pembacaan glukosa di bawah 70 miligram per desiliter (mg/dL). Angka di bawah 54 mg/dL lebih signifikan dan menandakan bahwa seseorang mungkin memerlukan perawatan medis segera. 

Gejala gula darah rendah di pagi hari Jika memiliki gula darah rendah di pagi hari, seseorang mungkin terbangun dengan beberapa gejala berikut: 

  • sakit kepala
  • berkeringat
  • mulut kering
  • mual
  • pusing
  • gemetar
  • kelaparan
  • kecemasan
  • penglihatan kabur
  • degup jantung berdebar 

Jika gula darah turun di bawah 54 mg/dL, mungkin memiliki gejala yang lebih parah, termasuk beberapa gejala yakni pingsan, kejang dan koma 

Jika memiliki gejala parah tersebut, seseorang harus segera mendapatkan perawatan medis karena dapat membahayakan nyawa. 

Penyebab gula darah rendah di pagi hari

Penyebab gula darah rendah di pagi hari bermacam-macam. Jika seseorang menderita diabetes, ia mungkin perlu mengatur kadar insulinnya. 

Pastikan dosis insulin dan obat lain yang diminum sesuai dengan diet dan rutinitas harian. Selain itu, penggunaan alkohol juga dapat meningkatkan risiko hipoglikemia. 

Namun, jika seseorang tidak memiliki diabetes, hipoglikemia lebih kecil kemungkinannya terjadi. 

Baca Juga: Efektif, ini 5 sayur yang bisa menurunkan gula darah

Adapun beberapa penyebab hipoglikemia non-diabetes adalah sebagai berikut: 

  • minum terlalu banyak alkohol pada malam sebelumnya, yang membuat hati Anda lebih sulit melepaskan glukosa ke dalam darah sehingga menyebabkan gula darah rendah
  • kelaparan kronis
  • penyakit hati yang parah
  • penyakit tertentu yang melibatkan pankreas

Cara mengatasi kadar gula darah rendah di pagi hari 

Mengatasi gula darah rendah cukup sederhana. Jika seseorang bangun dengan gejala hipoglikemia, cobalah untuk mengonsumsi sekitar 15 gram karbohidrat sesegera mungkin. 

Makanan ringan yang menyediakan ini antara lain: 

  • 1/2 cangkir jus buah bebas gula
  • 1 sendok makan madu
  • 1/2 kaleng soda non-diet 

Pastikan tidak makan terlalu banyak untuk mengobati gula darah rendah karena ini dapat memiliki pengaruh yang berlawanan dan membuat kadar gula darah terlalu tinggi. 

Tunggu 15 menit setelah camilan pertama. Jika kondisi tidak kunjung membaik, makanlah 15 gram karbohidrat lagi.

Mengonsumsi karbohidrat dengan protein dan sumber lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, keju, atau hummus, dapat membantu tetap kenyang dan mencegah penurunan besar gula darah. 

Untuk penderita diabetes, konsultasikan dengan dokter untuk menyesuaikan kadar insulin dengan obat-obatan.  Namun, jika tidak menderita diabetes, konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu penyebab hipoglikemia di pagi hari.

Itulah pantangan gula darah rendah dan cara alami mengatasi gula darah rendah di pagi hari.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Sederhana Atasi Kadar Gula Rendah di Pagi Hari Tanpa Obat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×