kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?


Senin, 11 Desember 2023 / 14:04 WIB
8 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat bunga telang


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Bunga Telang - Ada sejumlah manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui dan sayang jika dilewatkan. Pasalnya, bunga telang menyimpan berbagai manfaat yang teruji khasiatnya.

Buah telang atau kacang telang (Clitoria ternatea) adalah tumbuhan merambat yang dikenal dengan kelopak bunganya yang berwarna biru atau ungu. 

Tidak hanya menarik secara visual, buah telang juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Merangkum dari Healthline, ini manfaat bunga telang bagi kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Buah telang kaya akan senyawa antioksidan, seperti flavonoid, tanin, dan antosianin. Senyawa-senyawa ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan antosianin dalam buah telang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Buah telang telah diketahui memiliki efek menurunkan tekanan darah. Kandungan flavonoid dan alkaloid dalam buah ini dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga mendukung kesehatan tekanan darah.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

4. Menyehatkan Mata

Antosianin dalam buah telang juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan membantu mencegah penyakit mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

5. Meredakan Peradangan

Kandungan antiinflamasi dalam buah telang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat untuk mengatasi gejala arthritis dan kondisi peradangan lainnya.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

6. Mendukung Sistem Pencernaan

Serat yang tinggi dalam buah telang dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, memelihara keseimbangan bakteri baik dalam usus, dan mendukung pencernaan yang sehat secara keseluruhan.

7. Penurun Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori membuat buah telang menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Serat membantu memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Baca Juga: Persib Bandung Takluk 0-2 Oleh Persik di Kandang

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah telang juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Antioksidan dalam buah ini dapat membantu melawan penuaan dini dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun buah telang memiliki banyak manfaat kesehatan, sebaiknya dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. Sebelum menambahkan buah telang ke dalam diet, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau profesional kesehatan untuk memastikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan individual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×