kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya


Sabtu, 04 Maret 2023 / 12:35 WIB
8 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Alpukat adalah jenis buah yang digemari lantaran perpaduan rasa dan nutrisinya. Ternyata ada banyak manfaat alpukat bagi kesehatan karena kandungan vitamin dan nutrisinya. 

Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan lemak tinggi, sekitar 20 kali lebih tinggi dibanding buah-buahan lain. Nama latin tanaman alpukat adalah Persea americana, diyakini berasal dari Amerika Tengah.

Alpukat adalah bagian penting dari masakan tradisional Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan dan digunakan dalam hidangan seperti guacamole, salad, taco, dan banyak lagi.

Baca Juga: Buah Untuk Menurunkan Berat Badan, Cek Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Alpukat dibawa ke Indonesia oleh Hindia Belanda sekitar tahun 1920-1930 untuk memenuhi kebutuhan lemak masyarakat yang tinggal di pegunungan.

Dalam satu sajian buah alpukat (sekitar 50 gram) terdapat mengandung 80 kalori, 8 gram lemak, 4 gram karbohidrat dan sekitar 1 gram protein. 

Selain itu, khasiat alpukat juga mengandung berbagai macam vitamin seperti C, B6, E, dan K. Alpukat juga mengandung mineral penting seperti magnesium dan potassium. 

Lantas, apa saja manfaat alpukat maupun khasiat alpukat? 

Baca Juga: 6 Vitamin Ini Bisa Bikin Nyeri Asam Lambung Reda, Catat Ya!

Kandungan vitamin dan nutrisi buah alpukat

Manfaat alpukat yang pertama adalah dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

Dirangkum dari laman Indonesia Baik dan Healthline, berikut adalah kandungan nutrisi dan vitamin alpukat:

  • Vitamin B5: Membantu menurunkan tingkat stress, meringankan rasa sakit dari arthiritis dan kolesterol tinggi.
  • Vitamin B6: Membantu treat diabetes, pendarahan menstruasi, insomnia, dan morning sickness juga car sickness.
  • Vitamin E: Memiliki anti-aging properties dan mendorong perawatan kulit alami.
  • Vitamin K: Membantu mencegah terjadinya internal bleeding, biliary obstruction, dan osteoporosis.
  • Vitamin C: Membantu meringankan dalam beberapa kelainan mata (eye disorders), kolesterol, dan penyakit jantung.
  • Folat/Folate: Membantu perbaikan dan fungsi DNA.
  • Potassium K: Membantu meringankan stroke dan tekanan darah tinggi.
  • Omega-9 Fatty Acid: Melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh.
  • Omega-6 Fatty Acid: Memegang peranan yang krusial dalam fungsi otak. 

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi, Ini Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Manfaat alpukat

Khasiat alpukat juga memberikan nutrisi yang penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Alpukat juga sangat populer di dunia kesehatan dan kebugaran karena sangat bergizi dan dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Nah, beberapa manfaat alpukat seperti dirangkum dari Healthline antara lain: 

1. Membantu mengendalikan tekanan darah 

Manfaat alpukat yang pertama adalah dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Alpukat kaya akan sejumlah nutrisi penting seperti kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin E, vitamin K, niacin, folat, magnesium, dan mangan. 

Baca Juga: Ini 8 Makanan Sumber Protein Murah Agar Hidup Hemat dan Sehat

Misalnya, setengah dari alpukat mengandung 10% kebutuhan harian untuk potasium. Sementara kalium dibutuhkan untuk beberapa fungsi tubuh yang penting, termasuk pengaturan tekanan darah dan fungsi sistem saraf. 

Mendapatkan asupan potasium yang cukup dapat membantu melindungi tubuh dari hipertensi dan stroke.

Baca Juga: 17 Kebiasaan yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda, Lakukan Setiap Hari

2. Membantu menjaga kekebalan tubuh 

Khasiat alpukat juga memberikan nutrisi yang penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh, lantaran mengandung vitamin C, B6, dan E.

Setengah dari alpukat menyediakan 15% dari kebutuhan harian tubuh untuk B6, nutrisi yang membantu menekan peradangan dan melindungi dari kerusakan oksidatif.

Asupan B6 yang tidak memadai dapat berdampak negatif pada fungsi kekebalan dan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit.

Baca Juga: Konsumsi Rutin! Ini 5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Kulit Setiap Hari

3. Kesehatan usus dan mencegah sembelit

Manfaat alpukat juga terkait dengan kesehatan pencernaan. Alpukat tinggi serat, menyediakan sekitar 14 gram serat di setiap buahnya. Jumlah tersebut hampir setengah dari kebutuhan harian serat orang dewasa.

Mendapatkan serat yang cukup sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan karena membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat.

Baca Juga: Kubis Merah Mampu Taklukkan Asam Urat Tinggi?

Selain itu, perlu diingat bahwa semua makanan yang mengandung serat, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian penting untuk kesehatan usus. 

Faktor terpenting dalam menunjang kesehatan pencernaan adalah mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung serat, termasuk alpukat.

Baca Juga: 6 Vitamin Ini Bisa Bikin Nyeri Asam Lambung Reda, Catat Ya!

4. Mengurangi faktor risiko penyakit jantung

Mengonsumsi makanan padat nutrisi seperti alpukat secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Vitamin, mineral, lemak sehat, dan serat yang ditemukan dalam manfaat alpukat semuanya berperan dalam menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Baca Juga: Konsumsi Rutin! Ini 5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Kulit Setiap Hari

Temuan studi menunjukkan bahwa diet kaya alpukat dapat membantu meningkatkan faktor risiko penyakit jantung. 

Manfaat alpukat juga dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL pelindung jantung dan menurunkan kadar kolesterol LDL teroksidasi, sejenis kolesterol yang secara signifikan terkait dengan aterosklerosis, atau penumpukan plak di sepanjang dinding arteri.

Selain itu, kandungan potasium dan magnesium yang tinggi pada alpukat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Menjaga tekanan darah pada tingkat yang sehat sangat penting untuk pencegahan penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Cuaca Ekstrem, Mahasiswa Catat Ini

Manfaat alpukat juga dapat membantu mencapai tingkat nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah lebih banyak selama kehamilan dan menyusui.

5. Antioksidan

Selain vitamin, mineral, lemak sehat, dan serat, manfaat alpukat juga sebagai sumber senyawa bioaktif termasuk karotenoid, vitamin C, vitamin E, dan senyawa fenolik.

Zat-zat ini telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan, neuroprotektif, dan kardioprotektif yang signifikan.

Baca Juga: 6 Makanan Penurun Kolesterol yang Mudah Didapatkan, Wajib Tahu Ya!

Misalnya, karotenoid yang ditemukan dalam alpukat termasuk lutein, α-Karoten, dan β-Karoten telah terbukti memiliki efek antioksidan yang kuat. Hal itu dapat melindungi dari kerusakan oksidatif, yang terkait dengan perkembangan banyak penyakit kronis.

Sebuah penelitian kecil yang melibatkan 45 orang menemukan bahwa khasiat alpukat yang dikondumsi secara rutin bisa meningkatkan kadar lutein karotenoid dalam darah dibandingkan makan tanpa alpukat. 

Baca Juga: Lakukan Rutin! Ini 5 Gerakan Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mata

6. Dapat membantu meningkatkan berat badan yang sehat

Salah satu cara mendapatkan tubuh ideal adalah dengan diet bergizi dan seimbang. Meskipun tinggi kalori, manfaat alpukat yaitu kaya nutrisi dan membantu meningkatkan rasa kenyang, berkat kandungan serat dan lemak sehatnya yang tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa mengikuti pola diet kaya makanan berserat, seperti buah dan sayuran, dapat membantu mendukung penurunan berat badan. 

Baca Juga: Cara Mengurangi Berat Badan Secara Alami, Pilih Konsumsi Makanan Berikut

Selain itu, orang yang makan lebih banyak serat cenderung mempertahankan berat badan yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet rendah serat.

Jadi, makan lebih banyak makanan berserat tinggi, seperti alpukat, mungkin merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan.

Baca Juga: 3 Ciri Utama Kolesterol Tinggi dan Cara Mencegahnya

7. Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Selama kehamilan dan menyusui, kebutuhan nutrisi meningkat secara signifikan. Misalnya, saat hamil, kebutuhan folat meningkat dari 400 μg menjadi 600 μg.

Kemudian kebutuhan kalium melonjak dari 2.600 mg menjadi 2.900 mg serta kebutuhan vitamin C meningkat dari 75 menjadi 85 mg.

Kebutuhan folat meningkat secara signifikan selama kehamilan. Sayangnya, banyak ibu hamil di seluruh dunia tidak memenuhi asupan folat yang direkomendasikan, yang dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

Baca Juga: Moms, Inilah 5 Makanan Sehat Kaya Nutrisi yang Mengenyangkan untuk Ibu Menyusui

Satu buah alpukat memberikan 27% dari asupan folat yang direkomendasikan selama kehamilan.

Manfaat alpukat juga dapat membantu mencapai tingkat nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah lebih banyak selama kehamilan dan menyusui, seperti vitamin C, potasium, dan B6.

Selain itu, kandungan serat alpukat yang tinggi dapat membantu mencegah sembelit, yang sangat umum terjadi selama kehamilan.

Baca Juga: 4 Manfaat Pare untuk Wajah dan Rambut yang Perlu Anda Tahu

8. Bahan serbaguna dan enak

Selain bergizi tinggi, manfaat alpukat bisa digunakan dalam sejumlah resep, baik yang manis maupun gurih. Alpukat bisa dimakan langsung atau dibuat salad. 

Jika Anda sedang mencari cara untuk menjaga alpukat tetap segar, masukkan alpukat matang ke dalam lemari es. Jika alpukat masih keras dan berwarna hijau, diamkan di atas meja selama beberapa hari hingga matang sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. 

Itulah sederet manfaat alpukat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Buah ini sangat mudah didapatkan di pasaran, meski harus diakui harganya cukup mahal apabila dibandingkan buah lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×