kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

17 Kebiasaan yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda, Lakukan Setiap Hari


Jumat, 24 Februari 2023 / 09:07 WIB
17 Kebiasaan yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda, Lakukan Setiap Hari
ILUSTRASI. Meski usia terus bertambah, namun kita bisa menjaga diri agar tetap sehat, bugar, dan awet muda.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang pasti menginginkan untuk terlihat awet muda. Meski usia terus bertambah, namun kita bisa menjaga diri agar tetap sehat dan bugar, yang pada akhirnya juga membuat diri kita tampil awet muda. 

Sebagian dari kita sibuk mencari rahasia awet muda dari berbagai sumber, seperti internet, buku, tayangan media, dan lainnya. Padahal, sering kali rahasia kulit tampak awet muda juatru berasal dari kebiasaan kecil yang kita terapkan setiap hari secara konsisten. 

Itu bisa merupakan rutinitas sederhana seperti membiasakan diri jalan kaki, memperbanyak makan sayur, atau bahkan hal sederhana seperti banyak tertawa. 

Rahasia awet muda lewat rutinitas harian 

Asupan nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Menurut MedicineNet, kombinasi nutrisi, pola makan, dan gaya hidup sehat dapat membantu kita mengurangi tanda-tanda penuaan dini. 

Baca Juga: Tanpa operasi, ini cara mudah agar awet muda, halal tidak melanggar syariat Islam

Berikut sejumlah rutinitas harian yang dapat kita lakukan untuk tampil awet muda: 

1. Perbanyak makan sayur dan buah  

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah ternyata juga menjadi bagian dari rahasia awet muda. Likopen dalam tomat, misalnya, membantu memberikan perlindungan kuat terhadap sinar ultraviolet. 

Sementara menurut Healthline, banyak sayuran juga tinggi karotenoid, seperti beta karoten, yang dapat melindungi kulit dari radiasi matahari dan radikal bebas penyebab penuaan kulit. Beberapa sumber beta karoten terbaik adalah wortel, labu, dan ubi jalar. 

Selain itu, ada banyak sayuran yang kaya akan vitamin C. Vitamin C penting untuk produksi kolagen dan memiliki efek antioksidan yang kuat. 

Memperbanyak konsumsi buah-buahan juga dapat membantu menjaga seseorang tampak awet muda. 
Alpukat, misalnya, mengandung senyawa alkohol lemak polihidroksilasi yang dapat membantu melawan peradangan, melindungi kulit dari sinar matahari, dan membantu memperbaiki DNA yang rusak. 

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi serta antioksidan lutein dan zeaxanthin juga memberikan perlindungan tambahan pada kulit dan DNA.  

Baca Juga: Berat badan bisa turun dengan konsumsi air putih, begini caranya




TERBARU

[X]
×