kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45979,88   -2,07   -0.21%
  • EMAS1.179.000 1,29%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Sayuran yang Mengandung Kolagen Tinggi, Bisa Bikin Kulit Awet Muda


Kamis, 16 Februari 2023 / 09:41 WIB
5 Sayuran yang Mengandung Kolagen Tinggi, Bisa Bikin Kulit Awet Muda


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Pernah mendengar tentang kolagen? Kolagen memegang peranan penting dalam regenerasi kulit, menjaga elastisitas kulit, hingga memastikan kulit tetap terhidrasi. 

Namun, bertambahnya usia membuat produksi kolagen kian menurun. Hal ini bisa menyebabkan kulit rentan mengalami masalah, seperti kering dan keriput.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, bukan hanya kulit, kurangnya produksi kolagen turut berpengaruh pada bagian tubuh lain. Misalnya pada persendian dan tendon, jenis protein ini layaknya lem yang membantu menahan tubuh. 

Untungnya, sejumlah makanan termasuk sayuran dapat menambah asupan kolagen yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan mengonsumsi sayuran tinggi kolagen, tubuh terutama kulit dan tulang akan terhindar dari masalah, seperti keriput dan nyeri sendi. 

Berikut beberapa sayuran dengan kandungan kolagen melimpah: 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah sayuran yang membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh: 

Baca Juga: Apakah Belimbing Bisa Menurunkan Darah Tinggi, Cek Obat Darah Tinggi Alami Lainnya

1. Sayuran berdaun hijau 

Dikutip dari Healthline, sayuran berdaun hijau adalah salah satu makanan yang memicu tubuh memproduksi kolagen. Pasalnya, sayuran berdaun hijau, termasuk bayam, kangkung, dan lobak Swiss mengandung klorofil. Zat pemberi warna hijau pada tumbuhan ini terkenal dengan sifat antioksidannya. 

Tak hanya itu, konsumsi klorofil juga meningkatkan prekursor atau bahan pembentuk kolagen, sehingga produksinya kian bertambah. 

2. Brokoli 

Brokoli adalah sayuran hijau gelap yang mengandung banyak vitamin C. Menurut laman Eating Well, brokoli masak maupun mentah memberikan asupan vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. 

Hal tersebut menjadikan sayuran ini berperan penting dalam membangun kolagen yang bermanfaat bagi tubuh, tetutama kulit, otot, dan tulang. 

Baca Juga: Sayang Dilewatkan, Ini Kegunaan Buah Melon Untuk Kesehatan Tubuh




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×