kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,19   -8,30   -0.90%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Vitamin A yang Sudah Terbukti Secara Medis


Jumat, 31 Maret 2023 / 10:14 WIB
7 Manfaat Vitamin A yang Sudah Terbukti Secara Medis
ILUSTRASI. Manfaat vitamin A yang paling terkenal adalah untuk menjaga kesehatan mata.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Vitamin A adalah salah satu zat gizi penting yang larut dalam lemak dan disimpan dalam hati. Vitamin A tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dari luar misal asupan makanan. Salah satu manfaat vitamin A yang paling terkenal adalah untuk menjaga kesehatan mata. 

Selain itu, manfaat vitamin A juga bisa menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Vitamin A terbagi menjadi dua, yakni yang berasal dari buah dan sayuran (kateroid) dan yang bersumber dari produk hewani (retinoid).

Salah satu makanan yang dikenal memiliki banyak asupan vitamin A adalah wortel. Selain itu, makanan sumber vitamin A lainnya adalah hati sapi, ikan, susu, brokoli, mangga, paprika, ubi jalar, alpukat, pepaya, jambu, dan sebagainya. Lalu apa saja kegunaan vitamin A?

Baca Juga: Bagi yang Ingin Diet Sehat, Ini Program Piring Makan Model T Rekomendasi Kemenkes

Manfaat Vitamin A 

Brokoli adalah salah satu sumber vitamin A

Nah, berikut ini kegunaan vitamin A sebagaimana dilansir dari Healthline dan Jolene Brighten:

1. Kesehatan mata

Manfaat vitamin A sangat penting untuk menjaga penglihatan Anda. Vitamin A diperlukan untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal listrik yang dapat dikirim ke otak.

Gejala pertama kekurangan vitamin A adalah rabun senja, yang dikenal sebagai nyctalopia. Selain itu, orang yang kekurangan vitamin A juga bisa kesulitan melihat waktu senja dan malam hari karenan kekurangan pigmen rhodopsin.

 Baca Juga: Bagi Penderita Asam Urat, Ini 7 Buah Pilihan untuk Buka Puasa

Komponen utama vitamin A adalah pigmen rhodopsin yang dapat ditemukan di retina mata dan sangat sensitif terhadap cahaya.

Orang dengan kondisi ini masih dapat melihat secara normal di siang hari, tetapi penglihatannya berkurang dalam kegelapan karena mata mereka berjuang untuk menangkap cahaya di tingkat yang lebih rendah.

Selain mencegah rabun senja, mengonsumsi beta-karoten dalam jumlah yang cukup dapat membantu memperlambat penurunan penglihatan yang dialami beberapa orang seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Bagi yang Ingin Diet Sehat, Ini Program Piring Makan Model T Rekomendasi Kemenkes

2. Menurunkan risiko kanker

Kegunaan vitamin A juga dapat menurunkan risiko kanker. Kanker terjadi ketika sel-sel abnormal mulai tumbuh atau membelah dengan cara yang tidak terkendali.

Dalam studi observasi, mengonsumsi vitamin A dalam bentuk beta-karoten dengan dosis tertentu telah dikaitkan dengan penurunan risiko jenis kanker tertentu, termasuk limfoma Hodgkin, serta kanker serviks, paru-paru, dan kandung kemih.

Tetapi, konsumsi makanan hewani yang mengandung vitamin A tidak memiliki efek yang sama terhadap kanker. Dalam beberapa studi, perokok yang mengonsumsi suplemen beta-karoten tetap saja mengalami peningkatan risiko kanker paru-paru.

Baca Juga: Tips Aman Berpuasa Ramadan untuk Penderita Diabetes Agar Gula Darah Tetap Terkontrol

3. Meningkatkan imun

Manfaat vitamin A juga memainkan peran penting dalam menjaga kekebalan alami tubuh. Vitamin A juga bermanfaat dalam produksi sel darah putih, yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. 

Jadi, kekurangan vitamin A dapat membuat tubuh rentan terhadap infeksi dan memperlambat pemulihan tubuh saat terinfeksi penyakit. 

Di negara-negara yang rentan dengan infeksi campak dan malaria, memperbaiki kekurangan vitamin A pada anak-anak telah terbukti menurunkan risiko kematian akibat penyakit ini.

Baca Juga: Bisa Dicoba di Rumah, Ini 5 Cara Mencerahkan Bibir Gelap dengan Bahan Alami

Kegunaan vitamin A juga dapat menurunkan risiko kanker.

4. Mengurangi risiko jerawat

Manfaat vitamin A juga membantu mengurangi risiko munculnya jerawat. Jerawat adalah gangguan kulit peradangan kronis. 

Jerawat dapat berdampak serius pada kesehatan mental dan menyebabkan rendah diri, kecemasan, bahkan depresi. Nah, kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko terkena jerawat.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit menjadi kering sehingga menghasilkan minyak berlebih yang bisa memicu munculnya jerawat. 

Baca Juga: Selain Kacang Mede, 3 Kacang Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

5. Mendukung kesehatan tulang

Manfaat vitamin A juga bisa mendukung kesehatan tulang. Mengonsumsi cukup vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang tepat.

Orang dengan kadar vitamin A lebih rendah berisiko lebih tinggi mengalami patah tulang dibandingkan orang dengan kadar vitamin A yang cukup. 

Namun, kadar vitamin A yang rendah mungkin bukan satu-satunya masalah kesehatan tulang. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang dengan asupan vitamin A yang tinggi juga memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Baca Juga: Tips Aman Berpuasa Ramadan untuk Penderita Diabetes Agar Gula Darah Tetap Terkontrol

6. Mendukung kesehatan reproduksi

Kegunaan vitamin A juga bisa menjaga sistem reproduksi yang sehat baik pada pria maupun wanita. Vitamin A juga berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan.

Studi pada tikus meneliti pentingnya vitamin A dalam reproduksi pria menunjukkan bahwa defisiensi menghambat perkembangan sel sperma dan menyebabkan kemandulan.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Bandung Hari Ini 8 Ramadhan, Cek Makanan Untuk Kolesterol Tinggi

Selain itu, studi pada hewan juga menemukan bahwa wanita yang kekurangan vitamin A dapat mempengaruhi sistem reproduksi dan menurunkan kualitas sel telur. Hal ini juga berpengaruh pada implantasi telur di dalam rahim.

Pada wanita hamil, vitamin A bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan banyak organ utama dan struktur janin, termasuk kerangka, sistem saraf, jantung, ginjal, mata, paru-paru, dan pankreas.

Baca Juga: Mudah Dibuat, Ini 4 Masker Buah untuk Membuat Kulit Glowing dari Dalam

7. Kesehatan organ tubuh

Manfaat vitamin A juga bisa menopang kesehatan hampir semua organ dalam tubuh Anda. Manfaat vitamin A mendukung pertumbuhan sel dan jaringan yang dibutuhkan untuk organ seperti jantung, paru-paru, dan ginjal agar tetap berfungsi optimal.

Kekurangan vitamin A sejak dini selama kehamilan dapat berdampak pada jantung bayi. 

Kegunaan vitamin A juga penting untuk fungsi paru-paru yang sehat. Asupan vitamin A dalam jumlah yang tidak optimal meningkatkan risiko penyakit pernapasan dan bahkan kondisi kesehatan terkait paru-paru seperti asma.

Nah, itulah sederet manfaat vitamin A yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, jaga asupan vitamin A dengan mengonsumsi buah dan sayur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×