kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan, Tak Hanya Bagus untuk Tulang


Kamis, 30 Maret 2023 / 04:44 WIB
7 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan, Tak Hanya Bagus untuk Tulang
ILUSTRASI. Kegunaan vitamin D bagi tubuh adalah untuk pembentukan tulang dan gigi.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak sekali manfaat vitamin D untuk tubuh. Fungsi vitamin D sering dikaitkan dengan kesehatan tulang serta gigi karena bisa membantu penyerapan fosfor dan kalsium di dalam tubuh.

Selain untuk pembentukan tulang dan gigi, kegunaan vitamin D juga membantu menjaga kesehatan jantung, pembentukan otak, hingga pembentukan otot. 

Vitamin D adalah vitamin yang bisa larut dalam lemak. Secara umum, ada dua jenis vitamin D, pertama vitamin D2 yang berasal dari tumbuhan dan vitamin D3 yang berasal dari hewan dan sinar matahari.

Nah, vitamin D adalah salah satu vitamin yang bisa diproduksi sendiri secara alami oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari. Itu sebabnya, setiap orang terutama bayi, dianjurkan untuk berjemur di pagi hari.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Jenis Minuman Terbaik Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang saat Puasa

Manfaat vitamin D

Manfaat vitamin D juga dapat membantu memperkuat otot.

Nah, berikut ini sederet fungsi vitamin D sebagaimana dilansir dari laman Health:

1. Memperkuat tulang

Kegunaan vitamin D bagi tubuh adalah untuk pembentukan tulang. Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium di usus, yang pada akhirnya digunakan untuk pembentukan tulang.

Baca Juga: 5 Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Mengurangi Risiko Kanker

Selain itu, manfaat vitamin D untuk tubuh juga membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium. Ketika dipadukan dengan kalsium, fungsi vitamin D ini dapat membantu mencegah osteoporosis. 

Osteoroporosis adalah penyakit yang menandakan bahwa kepadatan dan kualitas tulang berkurang.

Baca Juga: 6 Buah yang Bisa Mengendalikan Asam Lambung Agar Tidak Berujung pada GERD

2. Membantu memperkuat otot

Selanjutnya, manfaat vitamin D juga dapat membantu memperkuat otot. Hal itu berdasarkan studi tahun 2018 di Journal of the Academy of Orthopaedic Surgeons.

Kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan risiko otot lemah dan meningkatkan risiko untuk mudah terjatuh.

Vitamin D juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot. Otot yang lemah merupakan masalah umum yang menyebabkan kecacatan dan kematian pada orang orang lanjut usia (lansia). 

Baca Juga: Menurunkan Tekanan Darah Tinggi,Ini Manfaat Mentimun yang Segar dan Kaya Air

3. Penguatan imun

Manfaat vitamin D juga dapat membantu membangun kekebalan tubuh. Hal ini karena vitamin D dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dengan melawan bakteri dan virus berbahaya.

Hal ini membuat peneliti tertarik pada potensi manfaat vitamin D dalam pencegahan infeksi selama pandemi Covid-19. 

Sebuah studi menemukan bahwa vitamin D mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan akut, termasuk dalam hal melawan virus Covid-19.

Baca Juga: Ini 7 Cara Menambah Berat Badan saat Puasa Ramadhan, Mulai dari Olahraga Rutin

4. Kesehatan mulut

Ternyata, salah satu manfaat vitamin D juga berperan dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Studi pada 2020 mengenai kegunaan vitamin D menyimpulkan bahwa vitamin ini membantu tubuh menyerap kalsium dan menurunkan risiko kerusakan gigi, gigi berlubang, dan penyakit gusi.

Manfaat vitamin D untuk kesehatan juga bisa membantu mencegah diabetes.

5. Mencegah diabetes

Manfaat vitamin D untuk kesehatan juga bisa membantu mencegah diabetes. Sebuah studi pada 2019 di European Journal of Endocrinology, menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D selama 6 bulan meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis

6. Membantu mengobati hipertensi

Manfaat vitamin D juga dapat membantu mengobati hipertensi. Studi pada 2019 di jurnal Current Protein & Peptide Science menunjukkan bahwa manfaat vitamin D berperan dalam pengobatan tekanan darah tinggi. 

Menurut jurnal itu, kekurangan vitamin D dalam jangka pendek dapat secara langsung meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan kerusakan organ tertentu.

Baca Juga: Lakukan Rutin, Ini Manfaat Berjemur Pagi untuk Kesehatan Tubuh

7. Menurunkan berat badan

Terakhir, manfaat vitamin D juga membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi kecil tahun 2013 di Nutrition Journal menemukan bahwa mengonsumsi vitamin D dan kalsium, bisa membantu penderita obesitas menurunkan berat badan. 

Namun, hal itu juga perlu mengombinasikan diet yang membatasi kalori.

Itulah sederet dari manfaat vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selalu konsumsi makanan sehat dan berjemur di pagi hari bisa meningkatkan asupan vitamin D. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×