kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,81   -2,73   -0.30%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Buah yang Bisa Mengendalikan Asam Lambung Agar Tidak Berujung pada GERD


Rabu, 29 Maret 2023 / 07:44 WIB
6 Buah yang Bisa Mengendalikan Asam Lambung Agar Tidak Berujung pada GERD
ILUSTRASI. Memilih buah untuk asam lambung bisa membantu mengelola gejalanya.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketika asam mengalir kembali dari lambung ke kerongkongan, saat itulah terjadi asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD). 

Kondisi asam lambung naik sering kali dapat menyebabkan komplikasi atau gejala yang mengganggu, seperti heartburn. Salah satu penyebab asam lambung naik adalah sfingter esofagus bagian bawah (LES) yang melemah atau rusak. 

Padahal, ketika berfungsi secara normal, LES akan menutup untuk mencegah makanan di perut bergerak ke kerongkongan. Makanan yang kita makan akan ikut memengaruhi jumlah asam yang diproduksi perut, termasuk memilih buah untuk asam lambung. 

Untuk itu, pilih makanan yang tepat untuk mengendalikan asam lambung agar tidak berujung pada refluks asam parah atau kronis menjadi GERD. 

Baca Juga: Catat, ini 8 kebiasaan sehari-hari berpotensi menaikkan asam lambung

Buah untuk asam lambung 

Buah untuk asam lambung tidak akan membantu mengobati kondisi yang dialami. Namun, memilih buah untuk asam lambung bisa membantu mengelola gejalanya. 

Beberapa buah untuk asam lambung naik antara lain: 

 

1. Melon 

Seperti pisang, melon juga buah yang rendah asam dan menjadi salah satu buah untuk asam lambung naik. Melon adalah salah satu buah yang tinggi alkali. Menurut Netmeds, makanan tinggi alkali penting untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Selain sebagai buah untuk asam lambung naik, melon juga sumber magnesium yang baik. Magnesium ditemukan dalam banyak obat untuk mengatasi asam lambung naik. 

2. Semangka 

Semangka juga merupakan salah satu buah untuk asam lambung. Makanan mengandung banyak air bisa membantu mengencerkan dan melemahkan asam lambung, termasuk salah satunya semangka. 

Semangka juga tinggi akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Karena kandungan air yang tinggi tersebut, semangka bisa membantu melancarkan pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Baca Juga: Cek 5 cara mengatasi asam lambung naik pada malam hari ini




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×