kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,69   -8,68   -0.88%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GERD atau Asam Lambung yang Meradang Bisa Jinak Lagi dengan 9 Makanan & Minuman Ini


Kamis, 09 Maret 2023 / 08:38 WIB
GERD atau Asam Lambung yang Meradang Bisa Jinak Lagi dengan 9 Makanan & Minuman Ini
ILUSTRASI. GERD merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh aliran isi dari lambung ke atas ke kerongkongan.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Mulas, nyeri dada, bersendawa, hingga batuk, merupakan bagian dari gambaran bagi mereka yang mengalami asam lambung atau GERD. Faktanya, 20 persen orang dewasa memiliki asam lambung kronis, yang dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofageal (atau GERD). 

Melansir aarp.org, GERD merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh aliran isi dari lambung ke atas ke kerongkongan.

Sementara antasida dan obat bebas lainnya dapat menjinakkan asam lambung, perubahan pola makan akan membantu mengendalikan gejala dan memberikan kelegaan manis dari sensasi terbakar itu. 

"Namun perlu diingat, setiap orang berbeda," kata Julie Stefanski, ahli gizi diet terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics. 

Itu sebabnya, dokter atau ahli diet terdaftar dapat membantu mengidentifikasi makanan dan minuman apa yang mungkin menjadi pemicu GERD yang dialami seseorang.

Sementara itu, berikut adalah sembilan makanan dan minuman yang dapat membantu Anda menjinakkan asam lambung atau GERD.

1. Salad hijau

Makan makanan yang mengandung air – seledri, mentimun dan semangka adalah pilihan lain – membantu mengencerkan asam lambung. 

Faktanya, sebuah penelitian kecil di tahun 201-7, yang diterbitkan dalam JAMA Otalaryngology – Bedah Kepala & Leher, menunjukkan bahwa orang-orang yang mengikuti diet Mediterania nabati yang berat dalam produk semacam itu melaporkan gejala refluks asam yang lebih jarang. 

Tahan saja keinginan untuk menambahkan dressing tinggi lemak, vinaigrette asam atau topping seperti bawang, yang dapat memicu GERD, catat Stefanaski.

Baca Juga: Tak Hanya Kunyit, Ini Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Asam Lambung

2. Yoghurt

Yogurt dapat membantu mencegah refluks asam dan mulas. Seperti susu, yogurt bertindak sebagai penyangga sementara, meredakan gejala mulas. 

“Salah satu alasan kita mengalami gejala refluks asam adalah karena hal itu menyebabkan kerusakan pada lapisan kerongkongan,” kata Nipaporn Pichetshote, M .D ., spesialis gastroenterologi di Los Angeles yang berafiliasi dengan Cedar s- Puskesmas Sinai. 

Dia juga bilang, "Susu dan yogurt melapisi kerongkongan sehingga Anda tidak merasakan asam yang mengiritasi lapisan itu."

Tetapi pilihlah varietas skim atau rendah lemak, daripada yang terbuat dari susu murni. 

"Makanan yang tinggi lemak dapat menyebabkan lebih banyak refluks," kata Pichetshote. Terlebih lagi, susu yang lebih tinggi lemaknya tetap berada di perut lebih lama, menciptakan lebih banyak peluang terjadinya refluks asam.

Baca Juga: Asam Lambung Bisa Sebabkan Rasa Terbakar di Ulu Hati, Redakan dengan 5 Makanan Ini




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×