kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Tanaman Herbal Ini Mampu Membuat Asam Lambung Tinggi Kembali Jinak


Rabu, 01 Maret 2023 / 04:05 WIB
8 Tanaman Herbal Ini Mampu Membuat Asam Lambung Tinggi Kembali Jinak
ILUSTRASI. Salah satu cara untuk menurunkan asam lambung yang naik adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan, termasuk tanaman herbal.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Asam lambung tinggi sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Salah satu cara untuk menurunkan asam lambung yang naik adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan, termasuk tanaman herbal. 

Menurut Verywell Health, sejumlah tanaman herbal yang dikonsumsi bersamaan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup dapat menjadi pengobatan alami asam lambung. 

Bahkan, khasiatnya bisa berguna untuk meredam sensasi terbakar di dada yang muncul ketika asam lambung naik. American College of Gastroenterology dalam Huston Methodist Leading Medicine mengatakan bahwa asam lambung diperlukan untuk memecah makanan yang masuk ke tubuh. 

Namun, asam lambung ini bisa naik menuju kerongkongan jika cincin otot di bagian perut atau Lower Esophageal Sphincter (LES) terbuka atau tidak menutup sepenuhnya. Akibatnya, bisa menyebabkan heartburn atau rasa terbakar di ulu hati. 

Lantas, tanaman herbal apa yang bisa menyembuhkan asam lambung? 

Baca Juga: Vitamin & Suplemen untuk Penderita Asam Lambung, Ada Apa Saja?

Tanaman herbal untuk menurunkan asam lambung 

Berikut beberapa tanaman herbal yang dapat menurunkan sensasi akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan, antara lain: 

1. Kunyit 

Anda bisa mengonsumsi kunyit untuk menurunkan asam lambung yang naik. Dikutip dari Kontan, kunyit dipercaya efektif meredakan asam lambung. Bagian yang kerap digunakan sebagai obat herbal asam lambung adalah rimpang kunyit. Anda bisa mengolahnya dengan cara menumbuk kunyit kering hingga menjadi bubuk. Kemudian, seduh 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan air hagat. 

2. Ginseng Amerika 

Tanaman ginseng amerika juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi asam lambung yang naik. Dikutip dari Verywell Health, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tanaman ini dapat membantu meringankan gejala GERD yang bisa dipicu oleh asam lambung kronis. 

Baca Juga: Merangsang Produksi ASI, Ini Manfaat Gambas untuk Kesehatan




TERBARU

[X]
×