kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Cara Menambah Berat Badan saat Puasa Ramadhan, Mulai dari Olahraga Rutin


Selasa, 28 Maret 2023 / 10:19 WIB
Ini 7 Cara Menambah Berat Badan saat Puasa Ramadhan, Mulai dari Olahraga Rutin
ILUSTRASI. Ini 7 Cara Menambah Berat Badan saat Puasa Ramadhan, Mulai dari Olahraga Rutin


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara menambah berat badan saat puasa dengan mudah. Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim selama sebulan penuh.

Dalam puasa Ramadhan, umat Muslim melakukan puasa dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari, di mana makanan dan minuman tidak boleh dikonsumsi selama waktu tersebut.

Bagi beberapa orang, puasa Ramadhan bisa membuat berat badan turun, sehingga untuk tetap sehat dan menjaga keseimbangan nutrisi.

Sementara itu, bagi seseorang yang ingin menambah berat badan perlu melakukan beberapa langkah yang berbeda.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari Bagi Penderita Asam Lambung

Cara menambah berat badan saat puasa

Langkah untuk menambah berat badan artinya adalah meningkatkan massa tubuh secara sehat dengan menambahkan lemak, otot, atau keduanya.

Menambah berat badan dapat dilakukan seperti meningkatkan kesehatan dan kebugaran, membangun otot, atau karena masalah kesehatan seperti kekurangan berat badan atau gangguan pola makan.

Tentunya, diperlukan fokus untuk mengelola makanan yang dikonsumsi seperti protein tinggi yang dapat meningkatkan massa otot.

Selain itu, imbangin dengan olahraga yang teratur jelang berbuka puasa, sehingga otot tetap mendapatkan stimulasi yang sesuai.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi saat Puasa, Mulai dari Sikat Gigi Rutin

Untuk itu, diperlukan beberapa tips untuk menambah berat badan saat puasa Ramadhan dilansir dari Dubai IPT.

Cara menambah berat badan saat puasa

1. Mengonsumsi makanan bergizi tinggi

Cara menambah berat badan saat puasa

Saat berbuka puasa dan sahur, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral.

Pilihlah makanan yang mengandung banyak kalori dan protein seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, kentang, nasi, roti, dan pasta.

2. Meningkatkan frekuensi makan

Selama bulan puasa, waktu untuk makan terbatas, sehingga sebaiknya Anda meningkatkan frekuensi makan dalam jumlah kecil.

Misalnya, Anda bisa makan beberapa kali dengan porsi kecil setelah berbuka dan sebelum sahur. Hal ini akan membantu Anda menaikkan berat badan secara sehat dan mempercepat metabolisme tubuh.

3. Mengonsumsi suplemen

Cara menambah berat badan saat puasa

Jika diperlukan, Anda dapat mengonsumsi suplemen gizi untuk menambah asupan nutrisi tubuh, terutama jika Anda kesulitan untuk mendapatkan makanan yang bergizi saat berpuasa.

Bagi Anda yang masih melakukan kegiatan gym pada bulan puasa dapat tetap minum suplemen sesuai takaran berat badan.

4. Menghindari makanan yang kurang sehat

Saat berbuka puasa, Anda sebaiknya menghindari makanan yang kurang sehat seperti makanan cepat saji, camilan manis, gorengan, dan makanan tinggi gula atau lemak. Pilihlah makanan yang lebih sehat dan bergizi tinggi.

5. Meningkatkan asupan cairan

Pastikan Anda mengonsumsi cukup air putih atau minuman yang mengandung elektrolit selama bulan puasa. Hindari minuman berkafein atau beralkohol karena dapat memperburuk dehidrasi dan mempengaruhi keseimbangan cairan dalam tubuh.

6. Minum susu kaya protein

Cara menambah berat badan saat puasa

Anda bisa memilih 100% produk alami seperti jus buah dan sayur yang tidak mengandung zat tambahan atau gula. Alih-alih hanya minum air putih, pilihlah segelas susu murni untuk mendapatkan tambahan protein, kalsium, dan vitamin D.

Jika Anda tidak minum susu sapi, ada alternatif lain seperti susu berbahan dasar kacang. Ini akan mengandung lebih sedikit kalori tetapi diisi dengan kalsium dan vitamin D, yang merupakan nutrisi penting saat menambah berat badan selama Ramadhan. 

7. Berolahraga secara teratur

Meskipun Anda sedang berpuasa, tetaplah berolahraga secara teratur seperti melakukan yoga, berjalan kaki, atau berenang. Olahraga secara teratur dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh dan membantu meningkatkan berat badan.

Selain itu pilih olahraga yang dapat meningkatkan massa otot seperti pull up, shit up maupun angkat beban jelang buka puasa.

Demikian beberapa cara menambah berat badan saat puasa agar tubuh lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×