kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Cara Menurunkan Berat Badan Menjadi 45 Kg dari Sebelumnya 60 Kg


Jumat, 10 Maret 2023 / 07:24 WIB
9 Cara Menurunkan Berat Badan Menjadi 45 Kg dari Sebelumnya 60 Kg
ILUSTRASI. Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. dok/Family Doctor


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, cara menurunkan berat badan terasa sulit ketika timbunan lemak yang dihilangkan mencapai 15 kilogram (kg). Misalnya, menurunkan berat badan dari 60 kg menjadi 45 kg. 

Namun, hal itu tak lantas menjadi perkara yang tidak mungkin dilakukan. Preetam Adwani, pria asal India yang berprofesi sebagai Manajer Produk di Bank Investasi Multinasional Prancis telah membuktikannya. 

Dilansir dari Times of India, Preetam mengaku berhasil menurunkan berat badannya dari 91 kg ke 76 kg hanya dalam 4 bulan. Penurunan berat badan hingga 15 kg itu dicapainya dengan mengubah pola makan dan berolahraga berjalan kaki sekitar 10.000 - 15.000 langkah per hari. 

Lantas bagaimana cara menurunkan berat badan sebanyak 15 kg? 

Cara menurunkan berat badan 15 kg 

Menurunkan berat badan bisa dilakukan secara bertahap. Anda bisa memulainya dengan menurunkan 10 kg di bulan pertama dan sisanya di bulan ke dua. 

Dilansir dari Healthline, berikut cara sederhana menurunkan berat badan: 

Baca Juga: Catat! Tujuh Jenis Makanan Ini Dapat Mecegah Serangan Stroke

1. Hindari minuman manis 

Minuman manis sering kali mengandung gula dan kalori ekstra yang bisa menggagalkan penurunan berat badan. Cobalah mengganti minuman manis itu dengan konsumsi air putih. Menurut Cleveland Clinic, konsumsi air putih disarankan sebanyak 8 gelas atau 64 ons per hari.  

2. Tidur cukup 

Mengatur jam tidur dan menerampakan jadwal tidur yang teratur merupakan faktor penting untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari eatthis, pakar medis Mike Bohl mengatakan, seseorang yang makan terlalu larut cenderung meningkatkan lapar sehingga mengonsumsi lebih banyak makanan.  

3. Mengelola stres 

Stres yang terjadi terus menerus membuat hormon kortisol bertahan lebih lama di dalam darah. Akibatnya, nafsu makan akan semakin bertambah dan menggagalkan penurunan berat badan. Menurut Medical News Today, cara mengelola stres bisa dilakukan melalui sejumlah kegiatan, seperti yoga atau berjalan-jalan.  

Baca Juga: Meredakan Radang Sendi, Ini Manfaat Kolang Kaling




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×