kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,24   -9,30   -1.02%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

13 Cara Menambah Berat Badan untuk Mendapatkan Tubuh Ideal


Rabu, 15 Februari 2023 / 17:37 WIB
13 Cara Menambah Berat Badan untuk Mendapatkan Tubuh Ideal
ILUSTRASI. Cara menaikkan berat badan adalah melakukan olahraga angkat beban untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Cara menambah berat badan atau cara menaikkan berat badan sebaiknya diketahui oleh Anda yang ingin memiliki tubuh ideal. 

Perlu diketahui, bahwa definisi kekurangan berat badan adalah jika Indeks Massa Tubuh atau Body Mass Index (BMI) di bawah angka 18,5. 

Nah, bagi Anda yang memiliki BMI di bawah angka tersebut tidak ada salahnya mencoba untuk mempraktekkan cara menambah berat badan. 

Selama ini, cara menambah berat badan adalah dengan makan yang banyak. Namun, ternyata bukan itu saja cara menaikkan berat badan. 

Lantas, bagaimana cara menambah berat badan atau cara menaikkan berat badan? 

Baca Juga: Jangan Begadang, Ini 4 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

Cara menambah berat badan

Cara menambah berat badan

Dirangkum dari laman Healthline dan Kementerian Kesehatan, berikut adalah cara menambah berat badan yang bisa Anda coba di rumah dengan mudah:

1. Jangan minum air sebelum makan

Pertama, cara menambah berat badan adalah hindari untuk minum air sebelum makan. Hal ini dapat membuat Anda merasa kenyang sebelum makan dan sulit mendapatkan kalori yang cukup. 

Baca Juga: Apa Diabetes Insipidus? Kenali Penyebab Diabetes Insipidus & Gejalanya

2. Makan lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan tubuh

Hal terpenting untuk cara menambah berat badan adalah dengan menciptakan surplus kalori. Artinya, Anda harus mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan tubuh. 

Anda dapat menentukan kebutuhan kalori Anda menggunakan kalkulator kalori. 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

3. Makan banyak protein

Selanjutnya, cara menambah berat badan adalah dengan makan banyak protein. Jika Anda mencoba menambah berat badan, targetkan 0,7-1 gram protein per pon berat badan (1,5-2,2 gram protein per kilogram). 

Anda bahkan bisa melampaui itu jika asupan kalori Anda sangat tinggi. Makanan berprotein tinggi termasuk daging, ikan, telur, produk olahan susu, kacang-kacangan, dan lain-lain. 

Baca Juga: Haid Tidak Lancar? Yuk, Kenali Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

4. Minum susu

Minum susu untuk menghilangkan rasa haus juga merupakan cara menambah berat badan. Sebab, hal itu dapat membuat tubuh mendapatkan lebih banyak protein dan kalori berkualitas tinggi. 

5. Gunakan piring yang lebih besar

Selanjutnya, cara menambah berat badan adalah gunakan piring berukuran besar saat Anda makan untuk mendapatkan lebih banyak kalori. Sebab, jika menggunakan piring yang lebih kecil otomatis juga akan menyebabkan seseorang makan lebih sedikit. 

Baca Juga: Sayang Dilewatkan, Ini Kegunaan Buah Melon Untuk Kesehatan Tubuh

6. Makan lebih sering

Selanjutnya, makan lebih sering juga menjadi salah satu cara menaikkan berat badan. Anda bisa memakan camilan di sela-sela waktu makan dan sebelum tidur. 

7. Tingkatkan kualitas tidur

Kemudian, cara menambah berat badan yakni dengan meningkatkan kualitas tidur. Sebab, tidur dengan benar sangat penting untuk pertumbuhan otot.

Baca Juga: Cara Konsumsi Bawang Bombai agar Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

8. Makan protein sebelum sayur

Cara menaikkan berat badan adalah dengan memakan makanan padat kalori dan protein terlebih dahulu baru sayuran yang mengandung serat. 

Cara menaikkan berat badan adalah dengan memakan makanan padat kalori dan protein terlebih dahulu baru sayuran yang mengandung serat.

9. Tambahkan krimer ke kopi Anda

Menambahkan krimer ke dalam kopi juga menjadi salah satu cara menaikkan berat badan. Hal ini lantaran ada tambahan kalori lewat krimer di dalam kopi Anda. 

Baca Juga: Jus Lidah Buaya Baik atau Buruk untuk Kesehatan Penderita Diabetes?

10. Lakukan olahraga angkat beban 

Cara menaikkan berat badan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga angkat beban untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh. Hal ini juga dilakukan agar kalori masuk ke dalam otot bukan menjadi lemak. 

Untuk itu, olahraga angkat beban bisa dilakukan selama dua hingga empat kali dalam seminggu. Anda mungkin juga ingin berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki masalah tulang atau masalah medis lainnya.

Baca Juga: Tak Ingin Kadar Kolesterol Naik, Jauhi 4 Jenis Minuman Ini

11. Cobalah minuman penambah berat badan

Jika Anda benar-benar kesulitan menambah berat badan setelah mempraktekkan sejumlah cara menaikkan berat badan, maka Anda dapat mencoba meminum shake atau minuman penambah berat badan. Minuman seperti ini sangat tinggi protein, karbohidrat dan kalori.

12. Konsultasi dengan ahli gizi 

Cara menambah berat badan berikutnya yang bisa dilakukan adalah konsultasi dengan ahli gizi teregistrasi (nutrisionis/dietisien). Hal ini untuk membantu Anda membuat perencanaan makan sesuai kebutuhan gizi dan kebiasaan makan sehari-hari.  

Baca Juga: 8 Manfaat Salak untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Turunkan Berat Badan

13. Hindari Hoax dan Suplemen Ajaib

Saat membuka media sosial, Anda akan dengan mudah menemukan produk atau suplemen untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Ada juga produk yang dipasarkan untuk menambah berat badan secara "ajaib". Alih-alih membeli suplemen ajaib nan mahal, lebih baik hemat uang Anda untuk makanan yang kaya zat gizi dan lezat.

Nah, itulah sejumlah cara menambah berat badan atau cara menaikkan berat badan yang bisa Anda lakukan di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×