kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Daun Alpukat yang Jarang Diketahui


Selasa, 28 Februari 2023 / 14:24 WIB
7 Manfaat Daun Alpukat yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat daun alpukat bisa untuk pengobatan pilek, flu, sakit perut, radang sendi, dan tekanan darah tinggi.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan. Namun, jarang yang mengetahui manfaat daun alpukat untuk kesehatan. 

Daun alpukat berukuran kecil hingga sedang dan berbentuk lonjong. Panjang daun alpukat bervariasi antara 10-30 cm, sementara lebarnya sekitar 4-10 cm.

Kelir daun alpukat cenderung hijau tua pada bagian atasnya. Sementara bagian bawah daun berwarna hijau muda dan akan berwarna coklat seiring bertambahnya waktu.

Baca Juga: Ini 8 Makanan Sumber Protein Murah Agar Hidup Hemat dan Sehat

Penelitian tentang manfaat daun alpukat sudah banyak dilakukan di berbagai negara. Misalnya saja, manfaat rebusan daun alpukat bisa untuk pengobatan beberapa masalah kesehatan seperti pilek, flu, sakit perut, radang sendi, dan tekanan darah tinggi.

Lantas, apa saja manfaat daun alpukat untuk kesehatan?

Baca Juga: 8 Manfaat Alpukat, Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat daun alpukat

Manfaat daun alpukat pertama yakni sebagai anti-radikal bebas.

Nah, berikut ini sederet manfaat daun alpukat untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari laman Avoseedo:

1. Antioksidan

Manfaat daun alpukat pertama yakni sebagai anti-radikal bebas. Alpukat dikenal memiliki antioksidan yang tinggi. Namun, ternyata daun alpukat memiliki konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi daripada buahnya. 

Baca Juga: Selain Telur, Ini Makanan yang Aman dan Baik Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Daun alpukat memiliki senyawa yang disebut Quercetin yang menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas adalah degenerasi yang terjadi secara alami dalam tubuh sebagai akibat dari oksigenasi. 

Antioksidan memperlambat atau bahkan mencegah proses ini terjadi, sehingga manfaat daun alpukat dapat menjaga tubuh kita lebih sehat.

Selain Quercetin, daun alpukat juga mengandung polifenol yang merupakan kelompok antioksidan kuat lainnya.

Baca Juga: Ini Jumlah Kalori Dalam Secangkir Nasi Kuning yang Lezat dan Gurih

2. Batu ginjal

Manfaat daun alpukat untuk kesehatan juga sudah lama dikaitkan dengan pengobatan batu ginjal. Secangkir teh daun alpukat mengandung alkaloid, flavonoid, dan saponin. Zat-zat tersebut merupakan zat ampuh yang dianggap membantu memecah batu ginjal. 

Penelitian menunjukkan bahwa minum 2 cangkir teh daun alpukat setiap hari dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan batu ginjal. 

Baca Juga: Lakukan Rutin! Ini 5 Gerakan Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mata

3. Mencegah tekanan darah tinggi 

Antioksidan dalam daun alpukat juga dapat membantu mengendurkan pembuluh darah. Hal ini dapat mencegah timbulnya tekanan darah tinggi. 

Untuk mendapatkan manfaat rebusan daun alpukat, seduh sendiri teh alpukat tiga kali atau lebih per minggu.

Baca Juga: Merusak Liver, Ini Efek Samping Alpukat Jika Dikonsumsi Berlebihan

Manfaat daun alpukat untuk kesehatan juga terkait kesehatan usus.

4. Mengurangi kejang-kejang

Kejang adalah hasil dari ketidakseimbangan neurologis akibat terlalu banyak aktivitas di area saraf otak. Para peneliti telah mencatat bahwa ekstrak daun alpukat berfungsi untuk meningkatkan transmisi GABA. 

GABA adalah neurotransmitter penghambat sinyal otak tertentu dan mengurangi aktivitas di sistem saraf sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kejang. Sebuah studi lain juga mencatat bahwa manfaat daun alpukat dapat dijadikan terapi bagi anak-anak penderita epilepsi.

Baca Juga: Konsumsi Rutin! Ini 5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Kulit Setiap Hari

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat daun alpukat untuk kesehatan juga terkait kesehatan usus. Daun alpukat mengandung flavonoid, saponin, dan juga tanin. Senyawa ini berperan dalam menyeimbangkan keasaman lambung. 

Sehingga berfungsi mengurangi kemungkinan ulkus gangguan pencernaan. Jadi, manfaat teh daun alpukat atau manfaat rebusan daun alpukat dapat membantu mengobati sakit maag.

Baca Juga: Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi, Simak Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

6. Menurunkan glukosa darah

Manfaat daun rebusan alpukat juga bisa membantu tubuh membakar lemak dan glukosa lantaran mengandung antioksidan dan fitokimia. Hasilnya, minum teh daun alpukat sangat baik untuk penderita diabetes tipe 2. 

Baca Juga: Moms Konsumsi Rutin yuk, Inilah 5 Buah yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

7. Mengobati gejala asma

Fitokimia dalam manfaat daun alpukat juga bisa berperan dalam menyembuhkan asma. Senyawa fitokimia dalam daun alpukat memberikan relaksasi dan ketenangan di banyak bagian tubuh dan pikiran. 

Bila diseduh menjadi teh, daun alpukat dapat meredakan sakit kepala, nyeri otot, dan bahkan asma. Tehnya dapat mengurangi kekakuan pada otot pernapasan yang menyebabkan gejala asma yang tidak nyaman. 

Itulah sederet manfaat daun alpukat untuk kesehatan yang sudah terbukti dari berbagai penelitian. Selain mengonsumsi buah alpukat, tak ada salahnya mencoba menyeduh daunnya sebagai teh hangat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×