kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45979,88   -2,07   -0.21%
  • EMAS1.179.000 1,29%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi, Simak Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami


Minggu, 19 Februari 2023 / 05:05 WIB
Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi, Simak Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pahami ciri-ciri gula darah tinggi. Ketahui juga cara menurunkan gula darah tinggi secara alami agar kembali ke tingkat normal.

Mengenali ciri-ciri gula darah tinggi adalah hal penting pada saat ini. Pasalnya, banyak orang yang tidak sadar memiliki kadar gula darah tinggi.

Memahami ciri-ciri gula darah tinggi bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Terlambat mengatasi gula darah tinggi, penyakit diabetes akan semakin parah dan susah diobati.

Lalu, apa saja ciri-ciri gula darah tinggi?

Melansir Everyday Health, American Diabetes Association (ADA) mencatat, seseorang dianggap memiliki kadar gula darah tinggi bila: 

  • Gula darah puasa atau sebelum makan: di atas atau sebesar 126 mg/dL 
  • Gula darah dua jam setelah makan: di atas atau sebesar 200 mg/dL 
  • Hemoglobin A1C (HbA1C): di atas atau sebesar 6,5 

Baca Juga: Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Labu Siam Jika Dimakan Setiap Hari

Saat kadar gula darahnya melonjak tinggi, sayangnya banyak penderita yang tidak menyadari gejala penyakitnya. 

Meskipun begitu, sebenarnya banyak tanda gula darah tinggi yang tak jarang membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Mengutip dari Self, berikut ciri-ciri gula darah tinggi yang perlu Anda waspadai: 

1. Lemas atau kelelahan 

Ciri-ciri gula darah tinggi yang pertama adalah mudah lemas atau kelelahan. Gampang lelah merupakan salah satu gejala awal gula darah tinggi yang cukup umum. Lemas atau kelelahan tidak hanya dialami penderita diabetes semata. 

Orang tanpa diabetes juga bisa merasa lemas setelah mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti gula dalam jumlah besar. 
Namun, waspadai jika rasa lemas atau kelelahan muncul terus-terusan atau sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

2. Sering kencing 

Ciri-ciri gula darah tinggi yang kedua adalah sering kencing. Ketika kandungan gula darah terlalu tinggi, ginjal otomatis akan mengeluarkan lebih banyak gula dari tubuh. Salah satu caranya dengan kencing. 

Tak pelak, penderita penyakit gula darah tinggi lebih sering kencing ketimbang dalam kondisi normal.

3. Haus terus-menerus 

Ciri-ciri gula darah tinggi yang ketiga adalah gampang haus. Haus terus-menerus merupakan efek dari sering kencing. Karena tubuh mengeluarkan banyak cairan, praktis tubuh jadi haus untuk memberikan kode pada tubuh agar tidak dehidrasi. 

Semakin sering kencing, rasa haus pada penderita gula darah tinggi juga semakin sering. 

4. Sakit kepala 

Ciri-ciri gula darah tinggi yang keempat adalah sering sakit kepala tanpa sebab. Sering kencing ditambah haus bila diabaikan bisa memicu dehidrasi. Gejala dehidrasi salah satunya yakni sakit kepala. 

5. Pandangan kabur 

Ciri-ciri gula darah tinggi yang kelima adalah pandangan kabur. Kadar gula darah tinggi juga bisa memengaruhi indra penglihatan dan memicu pandangan kabur. Kondisi ini disebabkan kelebihan gula bersama dengan air terjebak di lensa di bagian tengah mata. 

6. Mual, muntah, bingung 

Ciri-ciri gula darah tinggi yang keenam adalah mengalami mual, muntah dan bingung. Saat organ liver tidak bisa menggunakan gula darah untuk sumber energi, tubuh mulai memecah lemak sebagai bahan bakar penggantinya. Kondisi ini jika terkadang bisa membuat darah menjadi asam. 

Gejala gula darah tinggi yang langka ini di antaranya mual, muntah, bingung, sakit perut, sesak napas, sampai napas berbau tak sedap. 

kalau tidak segera mendapatkan penanganan medis tepat, gula darah tinggi yang sudah masuk fase ketoasidosis diabetik ini bisa berdampak fatal.

7. Rentan infeksi 

Ciri-ciri gula darah tinggi yang ketujuh adalah rentan infeksi. Kadar gula darah tinggi bila tidak ditangani lambat laun bisa melemahkan respons daya tahan tubuh. 

Salah satu imbasnya, tubuh jadi sulit melawan infeksi, sering terkena infeksi, infeksi tak kunjung sembuh, atau infeksi berdampak serius. 

Infeksi yang sering dialami penderita diabetes wanita, misalnya, infeksi jamur. 

8. Luka susah sembuh 

Ciri-ciri gula darah tinggi yang kedelapan adalah luka susah sembuh. Kondisi ini dipengaruhi gula darah tinggi yang mengganggu aliran darah, sehingga sistem peredaran darah terganggu.

9. Sakit gigi 

ciri-ciri gula darah tinggi yang kesembilan adalah sakit gigi. Kadar gula darah tinggi juga dapat mencemari air liur sampai ke darah. Kondisi ini rentan memicu tumbuhnya bakteri, termasuk di mulut. 

Jika bakteri jahat tersebut bertemu dengan sisa makanan dan plak, seseorang bisa terkena gangguan gigi dan mulut seperti gusi bengkak, radang gusi, sampai gigi berlubang. 

10. Tangan dan kaki sering kesemutan 

Ciri-ciri gula darah tinggi yang perlu diwaspadai lainnya yakni tangan dan kaki kesemutan. Kondisi ini dipengaruhi rusaknya saraf atau neuropari karena kadar gula darah tinggi. 

Bila muncul ciri-ciri gula darah tinggi di atas, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter.

Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami

Selain dengan obat, ada cara menurunkan guka darah tinggi secara alami. Namun ingat, cara menurunkan gula darah tinggi secara alami ini bukan untuk menggantikan obat dari dokter.

Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami ini adalah alternatif untuk mendukung pengobatan dari dokter.

Berikut cara menurunkan gula darah tinggi secara alami:

1. Berolahraga secara rutin

Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang pertama adalah berolahraga secara rutin. Dilansir dari Healthline, olahraga adalah cara yang cepat dan efektif untuk menurunkan kadar gula darah.

Olahraga dapat menurunkan gula darah selama 24 jam atau lebih, bahkan setelah olahraga itu selesai. Hal ini karena berolahraga dapat membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin. Hal yang perlu diperhatikan, jika gula darah di atas 240 mg/dl, maka harus memeriksa urin untuk keton. Jika ada keton, jangan berolahraga, karena ini bisa membuat gula darah naik lebih tinggi.

Berolahraga ketika memiliki keton dalam urin meningkatkan risiko komplikasi dari gula darah tinggi. Jadi, jika kadar keton tinggi, hindari olahraga berat dan cobalah olahraga ringan, seperti jalan kaki. Ada beberapa jenis olahraga dapat meningkatkan kadar gula darah secara singkat, terutama aktivitas berat yang singkat. Ini karena aktivitas berat mengaktifkan respons stres tubuh, menyebabkan pelepasan glukagon untuk menggerakkan otot.

2. menurunkan stres

Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang kedua adalah menurunkan stres. Tingkat stres yang tinggi dapat meningkatkan gula darah. Saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut glukagon dan kortisol yang menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Cobalah beberapa metode relaksasi untuk mengendalikan stres, seperti meditasi, membaca jurnal, mendengarkan musik, berjalan-jalan sebentar, dan melakukan aktivitas yang disukai.

3. menurunkan berat badan

Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang ketiga adalah menurunkan berat badan. Mempertahankan berat badan yang sehat dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi dan mencegah risiko terkena diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan sebesar 5 persen saja dapat meningkatkan regulasi gula darah dan menurunkan kebutuhan akan obat diabetes.

Terlebih lagi, jika kehilangan lebih dari 5 persen dari berat awal tentu dapat bermanfaat bagi pembacaan hemoglobin terglikasi (HbA1c). Ini digunakan sebagai indikator kadar gula darah selama 3 bulan terakhir.

4. Pilih karbohidrat yang baik dan jangan berlebihan

Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang keempat adalah membatasi dan memilih karbohidrat yang akan dikonsumsi. Dilansir dari Clevelandclinic, Asterino-McGeean mengatakan bahwa karbohidrat tidak "buruk", meskipun karbohidrat memengaruhi kadar gula darah.

Gula darah meniru asupan karbohidrat. Jadi agar gula darah tidak naik, maka perlu adanya konsisten dalam hal makan. Jangan terlalu banyak karbohidrat karena akan meningkatkan kadar gula. Itulah mengapa konsistensi adalah kuncinya.

Asterino-McGeean merekomendasikan untuk makan karbohidrat dengan porsi yang sama setiap kali makan. Tergantung pada rencana makan, jumlah keseluruhan karbohidrat yang dimakan sepanjang hari juga mungkin perlu dikurangi.

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yang direkomendasikan adalah kacang dan lentil, buah berry (strawberry, blueberry, rasberry), yogurt yunani, ubi jalar, biji-bijian utuh.

5. Berhenti merokok

Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang kelima adalah berhenti merokok. Nikotin meningkatkan kadar gula darah karena memengaruhi cara tubuh merespons insulin.

Selain itu, merokok juga menyebabkan peradangan yang dapat meningkatkan gula darah. Jika memiliki gula darah tinggi dan merokok, risiko komplikasi bisa meningkat dua kali lipat. Jadi, mulailah berhenti merokok untuk menjaga kesehatan tubuh.

6. Makan makanan berserat

Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang keenam adalah makan makanan berserat. Dikutip dari Everydayhealth, serat adalah nutrisi lain yang dapat membantu menstabilkan gula darah.

Serat juga berperan dalam manajemen berat badan dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Studi menemukan bahwa diet tinggi serat dapat menurunkan kejadian diabetes tipe 2 sebesar 15 hingga 19 persen dibandingkan dengan diet rendah serat, menurut sebuah studi Journal of Chiropractic Medicine pada Maret 2018.

Laki-laki harus menargetkan 30 hingga 38 g serat per hari, dan perempuan harus makan 21 hingga 25 g per hari.

7. Makan makanan yang kaya kromium dan magnesium

Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang ketujuh adalah makan makanan yang kaya kromium dan magnesium. Kadar gula darah tinggi dan diabetes telah dikaitkan dengan defisiensi mikronutrien, termasuk kekurangan mineral kromium dan magnesium.

Kromium terlibat dalam metabolisme karbohidrat dan lemak. Ini dapat mempotensiasi aksi insulin, sehingga membantu pengaturan gula darah. Makanan kaya kromium seperti daging, produk gandum utuh, buah, dan sayuran.

Magnesium juga telah terbukti bermanfaat bagi kadar gula darah. Faktanya, diet kaya magnesium dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes secara signifikan. Sebaliknya, kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan resistensi insulin dan penurunan toleransi glukosa pada penderita diabetes.

Makanan kaya magnesium seperti sayuran berdaun gelap, labu dan biji labu, tuna, biji-bijian utuh, coklat hitam, pisang, alpukat dan kacang polong.

Itulah ciri-ciri gula darah tinggi dan cara menurunkan kadar gula darah agar bisa kembali ke level normal. Selamat mencoba.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Ciri-ciri Gula Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai" dan "10 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah secara Alami Tanpa Obat",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×