kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan, Baik Untuk Usus Hingga Kesehatan Mental


Selasa, 23 Mei 2023 / 11:05 WIB
6 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan, Baik Untuk Usus Hingga Kesehatan Mental
ILUSTRASI. Manfaat jamur untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Terdapat beragam manfaat jamur untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian. Salah dua manfaat jamur untuk kesehatan di antaranya sangat baik untuk kesehatan usus hingga kesehatan mental.

Banyaknya manfaat jamur untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Di antaranya seperti vitamin C, vitamin B, kalium, zat besi, magnesium, kalsium dan masih banyak lagi.

Meski memiliki banyak manfaat, Anda juga harus tetap berhati-hati, pasalnya ada beberapa jenis jamur tertentu yang justru sebaliknya, yakni dapat membahayakan kesehatan karena mengandung racun.

Baca Juga: 8 Manfaat Lobak Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Selain itu, untuk memperoleh manfaat secara maksimal, jamur harus diolah dengan tepat. 

Jamur juga merupakan salah satu tanaman yang mempunyai rasa yang lezat. Tak heran, jamur sering diolah menjadi berbagai jenis makanan karena rasanya yang unik. 

Berikut beberapa manfaat jamur yang dilansir dari Everyday Health: 

1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Usus Anda mengandung triliunan bakteri dan mengonsumsi jamur dapat membantu mengisi saluran pencernaan Anda dengan keseimbangan bakteri yang tepat. Hal tersebut bermanfaat untuk menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat dan memperkuat sistem kekebalan Anda.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Seks untuk Kesehatan Jika Dilakukan Secara Rutin

2. Baik untuk Tekanan Darah

Jamur juga sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Hal tersebut dikarenakan jamur mampu menangkal efek natrium dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. 

Selain itu, jamur juga dapat mengurangi peradangan serta menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Mengonsumsi jamur secara rutin disebut-sebut bermanfaat untun mencegah kanker. Pasalnya, jamur mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat kanker. 

Dilansir dsri Everyday Health, Orang yang mengonsumsi jamur rutin lebih tinggi memiliki risiko 34 persen lebih rendah terkena kanker daripada mereka yang makan paling sedikit, terutama dalam kasus kanker payudara.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kale Untuk Kesehatan, Baik untuk Tulang Hingga Mata

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Penting untuk diketahui, mengonsumsi jamur dapat membantu meningkatkan kesehatan otak loh. Kandungan antiinflamasi dalam jamur dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel di otak. Hal tersebut akan mengurangi risiko berbagai penyakit saat tua seperti alzheimer.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat jamur yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, jamur mengandung banyak vitamin yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Salah satunya vitamin D yang terkandung di dalam jamur mendukung fungsi otot, mengurangi risiko jatuh, dan mungkin memiliki sifat antikanker, antidiabetes, dan pelindung jantung.

Baca Juga: Ayo Simak 5 Manfaat Labu Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

6. Baik Untuk Kesehatan Mental

Ada banyak pembicaraan tentang penggunaan psilocybin, senyawa halusinogen yang ditemukan dalam "jamur ajaib", sebagai pengobatan psikedelik untuk kondisi seperti depresi dan berbagai masalah mentak lainnya. 

Melansir dari Everyday Health, Dalam sebuah penelitian kecil (59 orang) yang diterbitkan di New England Journal of Medicine pada April 2021, pengobatan enam minggu dengan psilocybin dalam jamur ditemukan sama efektifnya dengan escitalopram, antidepresan standar, dalam meredakan depresi. 

Meski demikian masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat jamur bagi kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×