kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan yang Luput Dari Perhatian


Kamis, 11 Mei 2023 / 09:28 WIB
Kenali 7 Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan yang Luput Dari Perhatian
ILUSTRASI. Manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh yang penting dikenali dan jangan terlewatkan. Hal tersebut dikarenakan manfaat jamur tiram untuk kesehatan telah teruji secara klinis.

Selain itu, jamur tiram mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jamur tiram di antaranya seperti protein, serat, karbohidrat, kalium, kalsium, zat besi, vitamin B3 dan lain-lain.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

Lantas apa saja manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh? 

Melansir dari Health Benefits Times, simak beberapa manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh berikut:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Pasalnya, jamur tiram mengandung cukup banyak vitamin yang membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat jamur tiram untuk kesehatan yang cukup menarik perhatian juga adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D yang terkandung dalam jamur tiram membantu mereplikasi sel-sel dan melindungi kondisi autoimun seperti flu. 

3. Menjaga Kesehatan Jantung 

Selain itu, jamur tiram juga berperan aktif untuk menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan jamur tiram mengandung vitamin B3 yang membantu mengurangi aterosklerosis yang merupakan pengerasan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. 

Kandungan tersebut juga membantu mengurangi produksi histamin dan peradangan seiring dengan peningkatan sirkulasi.

Vitamin B3 mengurangi kemungkinan terulangnya penyakit jantung atau henti jantung pada mereka yang sudah pernah mengalaminya. Selain itu, Vitamin B3 membantu mengobati pellagra yang merupakan kondisi kesehatan yang terjadi akibat kekurangan niacin.

Baca Juga: 5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin, Catat Ya!

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak berhenti disitu, jamur tiram juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Tak jarang ekstrak jamur tiram kerap dimanfaat untuk dijadikan skincare alami. 

Hal tersebut dikarenakan jamur kulit mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu membersihkan jerawat, iritasi dan berbagai masalah kulit lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Jamur tiram juga sangat bermanfaat baik untuk meningkatkan fungsi otak. Manfaat tersebut tentu sangat penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Studi menunjukkan bahwa zinc dalam jamur tiram berdampak pada jalur otak seperti galaktosa dan dopamin yang membantu menjaga energi, suasana hati, fokus, dan pandangan.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi

6. Membantu Menyembuhkan Anemia

Jumlah oksigen yang tidak mencukupi dalam darah membuat produksi sel darah merah yang rendah dan kehilangan darah adalah penyebab Anemia. 

Vitamin B2 membantu mencegah anemia. Vitamin B2 dalam jamur tiram sangat bermanfaat untuk produksi sel darah merah dan sintesis hormon steroid. Ini membantu dalam mengangkut oksigen dalam tubuh dan juga memobilisasi zat besi. Mm

Orang dengan Vitamin B2 rendah memiliki kemungkinan tinggi anemia sel sabit dan anemia. Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin B2 dalam jamur tiram dapst membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah.

Baca Juga: Ayo Kenali 7 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

7. Memberikan Energi
 
Manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu juga mampu menjadi energi tambahan dalam tubuh. Banyaknya vitamin yang terkandung dalam jamur tiram mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat memberikan energi tambahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×