kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,53   -6,82   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin, Catat Ya!


Selasa, 09 Mei 2023 / 11:33 WIB
5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin, Catat Ya!
ILUSTRASI. Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, ada berbagai manfaat jahe untuk kesehatan juga teruji klinis dan sayang jika dilewatkan.

Selain itu, jahe juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, manfaat jahe untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jahe di antaranya seperti karbohidrat, serat, protein, zat besi, kalium, vitamin C, vitamin B6 dan masih banyak lagi nutrisi lainnya.

Baca Juga: Suka Bengkuang? Ini 5 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Khasiatnya

Tak berhenti disitu, jahe juga kerap dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai jenis obat herbal untuk mengtasi berbagai masalah kesehatan. Lantas apa saja manfaat jahe untuk kesehatan tubuh? 

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Meringankan Gejala Pilek

Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang penting untun diketahui di antaranya mampu meringankan gejala pilek. Tak heran, jahe kerap dijadikan obat alternatif untuk mengobati pilek dan meredakan demam.

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Ini 6 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Tubuh

2. Meredakan Mual

Selain meredakan pilek, jahe juga bermanfaat untuk meredakan mabuk perjalanan, pusing, mual, muntal dan keringat dingin. Sehingga jahe juga kerap dijadikan bahan alami dalam obat mual dan muntah. 

3. Menghilangkan Rasa Sakit

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu mampu menghilangkan rasa sakit. Hal tersebut dikarenakan jahe mengandung sifat antiinflamasi yang efektif mengurangi peradangan. 

Sehingga mengkonsumsi jahe mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi risiko peradangn kronis.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Rutin

5. Meningkatkan Sistem Pencernaan 

Jahe juga berperan penting untuk meningkatkan dan melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, jahe mengandung senyawa dan serat yang mampu menghilang gas dalam sistem pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan jahe mampu mencegah berbagai gejala penyakit jantung seperti menurunkan kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi dan lain-lain. 

Sejumlah penelitian pada hewan menunjukkan jahe dapat membantu mengatur kadar kolesterol, mengurangi kerusakan arteri dan menurunkan tekanan darah tinggi yang semuanya bermanfaat bagi jantung dan sistem kardiovaskular. Itulah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×