kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Kamis, 06 April 2023 / 12:07 WIB
7 Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh nampaknya masih asing di telinga kebanyak orang. Padahal, jamur tiram menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Selain itu, jamur tiram mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jamur tiram di antaranya seperti protein, serat, karbohidrat, kalium, kalsium, zat besi, vitamin B3 dan lain-lain.

Baca Juga: Yuk Cek 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

Lantas apa saja manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh? 

Melansir dari Health Benefits Times, simak beberapa manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh berikut:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Pasalnya, jamur tiram mengandung cukup banyak vitamin yang membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat jamur tiram untuk kesehatan yang cukup menarik perhatian juga adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D yang terkandung dalam jamur tiram membantu mereplikasi sel-sel dan melindungi kondisi autoimun seperti flu. 

3. Menjaga Kesehatan Jantung 

Selain itu, jamur tiram juga berperan aktif untuk menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan jamur tiram mengandung vitamin B3 yang membantu mengurangi aterosklerosis yang merupakan pengerasan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. 

Kandungan tersebut juga membantu mengurangi produksi histamin dan peradangan seiring dengan peningkatan sirkulasi.

Vitamin B3 mengurangi kemungkinan terulangnya penyakit jantung atau henti jantung pada mereka yang sudah pernah mengalaminya. Selain itu, Vitamin B3 membantu mengobati pellagra yang merupakan kondisi kesehatan yang terjadi akibat kekurangan niacin.

Baca Juga: Sering Jadi Takjil, Kenali 6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak berhenti disitu, jamur tiram juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Tak jarang ekstrak jamur tiram kerap dimanfaat untuk dijadikan skincare alami. 

Hal tersebut dikarenakan jamur kulit mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu membersihkan jerawat, iritasi dan berbagai masalah kulit lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Jamur tiram juga sangat bermanfaat baik untuk meningkatkan fungsi otak. Manfaat tersebut tentu sangat penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Studi menunjukkan bahwa zinc dalam jamur tiram berdampak pada jalur otak seperti galaktosa dan dopamin yang membantu menjaga energi, suasana hati, fokus, dan pandangan.

Baca Juga: Cari Skincare Alami? Cek 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Kulit

6. Membantu Menyembuhkan Anemia

Jumlah oksigen yang tidak mencukupi dalam darah membuat produksi sel darah merah yang rendah dan kehilangan darah adalah penyebab Anemia. 

Vitamin B2 membantu mencegah anemia. Vitamin B2 dalam jamur tiram sangat bermanfaat untuk produksi sel darah merah dan sintesis hormon steroid. Ini membantu dalam mengangkut oksigen dalam tubuh dan juga memobilisasi zat besi. Mm

Orang dengan Vitamin B2 rendah memiliki kemungkinan tinggi anemia sel sabit dan anemia. Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin B2 dalam jamur tiram dapst membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah.

Baca Juga: Ayo Simak 8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui Saat Puasa

7. Memberikan Energi
 
Manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu juga mampu menjadi energi tambahan dalam tubuh. Banyaknya vitamin yang terkandung dalam jamur tiram mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat memberikan energi tambahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×