kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bantu Turunkan Gula Darah, Ini 7 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh


Kamis, 12 Januari 2023 / 15:44 WIB
Bantu Turunkan Gula Darah, Ini 7 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Manfaat Jamur Tiram. Dok/Healthline


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID -  Jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Disebut jamur tiram lantaran memiliki bentuk dan warna yang mirip seperti tiram laut. Ternyata, ada banyak manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh.

Jamur tiram atau tanaman yang memiliki nama latin Pleurotus ostreatus ini mengandung berbagai senyawa kuat yang bermanfaat bagi kesehatan. Jamur tiram sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.

Selain itu, khasiat jamur tiram mengandung kalori, protein, lemak, niasin, kolin, folat, zat besi, hingga fosfor. Hal ini membuat manfaat jamur tiram juga dipakai sebagai pengobatan berbagai macam penyakit.

Untuk itu, dengan berbagai macam manfaat jamur tiram yang kaya akan nutrisi ini direkomendasikan sebagai menu olahan di rumah.

Baca Juga: Resep Tempe Lada Hitam, Menu Vegetarian Sedap yang Praktis dan Ekonomis

​Manfaat jamur tiram 

Manfaat jamur tiram

Nah, berikut sederet manfaat jamur tiram putih sebagaimana dilansir dari Healthline dan laman Universitas Airlangga:

1. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat jamur tiram yang pertama adalah baik untuk kesehatan jantung. Jamur tiram dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Brokoli Baik atau Buruk untuk Kesehatan Penderita Asam Urat?

2. Menangkal radikal bebas

Manfaat jamur tiram kedua adalah sebagai sumber antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas. Antioksidan adalah zat yang membantu mengurangi kerusakan sel dalam tubuh Anda.

Jamur tiram mengandung tujuh senyawa fenolik di antaranya asam galat, asam klorogenat, dan naringenin yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain itu, jamur tiram juga mengandung asam amino ergothioneine, yang memiliki efek antioksidan kuat.

Baca Juga: 2 Resep Ayam Sechuan ala Masakan Tionghoa yang Hangatkan Tubuh di Kala Cuaca Dingin

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selanjutnya, manfaat jamur tiram adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, jamur tiram mengandung Pleuran yang bersifat menguatkan sistem kekebalan tubuh dari infeksi.

Dalam studi menyebutkan pengobatan Pleuran terbukti memperbaiki gejala secara signifikan pada anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan berulang. 

Serta secara signifikan mengurangi infeksi saluran pernapasan atas. Khasiat jamur tiram juga memiliki efek antivirus dan antibakteri.  

Baca Juga: 2 Resep Egg Tofu Saus Tiram yang Ringan di Perut untuk Menu Makan Malam

Manfaat jamur tiram

4. Membantu menurunkan gula darah

Manfaat jamur tiram untuk kesehatan adalah dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini lantaran jamur tiram mengandung P. ostreatus

Sebuah studi yang dilakukan pada 30 orang penderita diabetes tipe 2 yakni dengan mengonsumsi P. ostreatus selama 7 hari mengurangi gula darah puasa sebesar 22% dan gula darah setelah makan rata-rata 23%.

5. Bisa jadi menu diet

Manfaat jamur tiram adalah bisa menjadi pilihan menu diet. Sebab, jamur tiram rendah memiliki kandungan karbohidrat yang rendah namun kaya akan nutrisi. 

Baca Juga: Sederet Perbedaan Rasa Umami dan Rasa Asin yang Tak Bikin Bingung

6. Menjaga kesehatan tulang dan saraf

Manfaat jamur tiram juga diyakini bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan saraf karena mengandung tembaga. Jamur tiram juga mengandung asam pantotenat yang baik untuk mendukung kinerja sistem saraf dan membantu menghasilkan hormon yang dibutuhkan.

7. Mencegah pertumbuhan kanker

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak jamur tiram memiliki sifat melawan kanker. Zat ini bekerja dengan cara meningkatkan sel imunitas tertentu, sehingga menekan pertumbuhan dan penyebaran tumor atau kanker di beberapa bagian tubuh seperti payudara dan usus besar. 

Itulah sederet manfaat jamur tiram yang sudah terbukti untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×