kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,67   -9,84   -1.07%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Olahraga Terbaik Bagi Penderita Darah Tinggi


Rabu, 01 November 2023 / 13:25 WIB
3 Olahraga Terbaik Bagi Penderita Darah Tinggi


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

OLAHRAGA UNTUK HIPERTENSI - Bagi penderita hipertensi, olahraga adalah cara yang bagus untuk mengelola tekanan darah tinggi. 

Jika Anda aktif secara fisik, kemungkinan besar Anda memiliki jantung yang lebih kuat yang memompa darah dengan lebih sedikit usaha. Kondisi ini akan mengurangi tekanan pada arteri Anda. 

Dalam sebuah penelitian, orang lanjut usia yang tidak banyak bergerak dan mulai berolahraga mengalami penurunan tekanan darah sistolik rata-rata 3,9%.

Lantas, olahraga apa yang tepat dilakukan untuk penderita hipertensi?

Olaraga terbaik untuk penderita darah tinggi

Mengutip Patient.info, berikut adalah olahraga terbaik untuk penderita darah tinggi:

1. Fokus pada aktivitas moderat

Penderita hipertensi, tambahnya, harus fokus pada aktivitas yang membantu jantung dan pembuluh darah. Salah satu contohnya adalah latihan aerobik atau sekadar berjalan-jalan santai di taman. 

Namun, penting untuk menyadari bahwa tekanan darah Anda akan sedikit meningkat selama berolahraga (walaupun kembali normal setelahnya). Artinya, yang terbaik adalah berolahraga pada tingkat sedang. 

Baca Juga: Ini 5 Makanan Rendah Garam atau Natrium untuk Penderita Hipertensi

Ahli kesehatan menyarankan agar penderita hipertensi tidak melakukan aktivitas apa pun yang sangat intensif dalam waktu singkat, seperti lari cepat atau angkat beban. Pasalnya, latihan semacam ini dapat dengan cepat meningkatkan tekanan darah dan memberikan tekanan yang tidak diinginkan pada jantung dan pembuluh darah Anda.

2. Golf

Golf adalah pilihan aktivitas yang masuk akal bagi kebanyakan penderita hipertensi. Olahraga ini memiliki manfaat kardiovaskular yang jelas, di mana pemain golf harus berjalan antara empat dan delapan mil dalam satu pertandingan.

Hasil riset dari Sheffield Hallam University mengenai manfaat golf menunjukkan bahwa pemain berusia 55 tahun ke atas memiliki penurunan risiko demensia dan penyakit jantung koroner secara signifikan. 

Baca Juga: Sering Dianggap Sebagai Pemicu Asam Urat, Ini 7 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×