kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Darah Tinggi Boleh Minum Kopi? Cek Makanan & Hal Lain Penyebab Darah Tinggi


Rabu, 01 November 2023 / 06:28 WIB
Apakah Darah Tinggi Boleh Minum Kopi? Cek Makanan & Hal Lain Penyebab Darah Tinggi
ILUSTRASI. Apakah Darah Tinggi Boleh Minum Kopi? Cek Makanan & Hal Lain Penyebab Darah Tinggi


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Makanan Penyebab Darah Tinggi - Jakarta. Apakah penderita darah tinggi boleh minum kopi? Cek makanan dan faktor lain penyebab darah tinggi.

Darah tinggi adalah gangguan kesehatan yang banyak dialami warga Indonesia. Darah tinggi terjadi jika tekanan darah di atas 120/80 mmHg.

Sementara itu, kopi termasuk minuman yang banyak digemari di Indonesia. Lalu, apakah penderita darah tinggi boleh minum kopi?

Dilansir dari website resmi Laboratorium Klinik Cito, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum 200-300 mg kafein dari 1,5-2 cup kopi akan meningkatkan 8 mm Hg dan 6 mmHg pada tekanan darah sistolik dan diastolik.

Efek ini diobservasi selama kurang lebih 3 jam setelah dikonsumsi. Hasilnya menunjukkan tekanan darah yang sama pada orang normal, padahal orang-orang yang diteliti memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) sebelumnya.

Namun, penelitian lain juga menyebutkan minum kopi justru memiliki efek dan manfaat yang baik bagi tubuh. Pada penelitian yang dikutip dari NIH (National Library Medicine) menemukan bahwa orang yang sehat dengan meminum kopi 3-5 cup setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian dini sebasar 15%.

Baca Juga: Darah Tinggi Bisa Langsung Kabur dengan 12 Vitamin Ini, Cek Apa Saja

Lalu pada penderita darah tinggi, minum kopi tidak terlalu berdampak signifikan dalam menaikkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Dengan demikian, minum kopi secara reguler tidak mempengaruhi dampak pada tekanan darah yang mungkin disebabkan oleh toleransi kafein yang berkembang. Dikarenakan ketika orang tersebut sudah terbiasa meminumnya.

Kemudian data menunjukkan bahwa orang-orang yang berintensitas rendah hingga sedang dalam meminum kopi dapat menaikkan tekanan darah.

Jadi, apakah penderita darah tinggi boleh minum kopi?

Selama penderita darah tinggi tersebut sudah terbiasa minum kopi secara rutin, tidak masalah untuk meminumnya. Namun, penderita darah tinggi yang ingin minum kopi tetap harus memperhatikan batasan.

Makanan penyebab darah tinggi

Darah tinggi adalah penyakit yang banyak terjadi akibat gaya hidup tidak sehat. Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, UCSF Health menyebutkan stres bisa jadi salah satu faktor yang meningkatkan tekanan darah.

Meski bersifat sementara, peningkatan tekanan darah karena stres terjadi secara signifikan. Hal itulah yang membahayakan kesehatan Anda.

Tidak hanya stres, masih banyak faktor lain yang dapat memicu tekanan darah tinggi. Makanan juga termasuk penyebab darah tinggi.

Menurut UCSF Health, makanan penyebab darah tinggi adalah makanan yang mengandung banyak garam. Mengonsumsi garam dalam jumlah yang terlalu banyak bisa meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari.

Usahakan untuk mengurangi pemakaian garam dapur dan mengonsumsi makanan lain yang mengandung banyak garam, contohnya, fast food, snack jajanan dan mie instan.

Penyebab lain darah tinggi

Selain makanan, berikut penyebab lain darah tinggi:

Kelebihan berat badan

Penyebab darah tinggi lainnya adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi itu dapat menghambat aliran darah dalam tubuh sehingga tekanan darah pun meningkat.

Bukan cuma itu, distribusi oksigen ke seluruh tubuh pun mengalami gangguan saat berat badan Anda berlebihan.

Asupan kalium terlalu sedikit

Penyakit tekanan darah tinggi bisa terjadi saat Anda kurang mengonsumsi makanan yang mengandung kalium. Padahal, jenis mineral itu mampu membuat pembuluh darah rileks.

Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga tekanan darah pun lebih stabil.

Tubuh kekurangan vitamin D

UCSF Health menyebutkan, tubuh yang kekurangan vitamin D lebih rentan mengalami penyakit tekanan darah tinggi. Apabila diperlukan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D. Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Mengonsumsi alkohol terlalu banyak

Faktor lain yang perlu Anda waspadai supaya tekanan darah tetap stabil adalah konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol yang terlalu banyak dapat membuat pembuluh darah menegang. Akibatnya, tekanan darah pun meningkat.

Untuk laki-laki, usahakan untuk tidak minum lebih dari dua gelas minuman beralkohol per hari. Sedangkan untuk wanita, sebaiknya tidak minum lebih dari satu gelas per hari.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk membatasi konsumsi alkohol, tak ada salahnya untuk meminta bantuan dokter.

Aktivitas fisik rendah

Penyebab hipertensi lainnya yang tak boleh Anda abaikan adalah rendahnya aktivitas fisik yang Anda jalani sehari-hari. Cobalah untuk rutin olahraga supaya aliran darah dalam tubuh lebih lancar. Dengan begitu, tekanan darah tinggi bisa lebih terkontrol.

Itulah penjelasan apakah penderita darah tinggi boleh minum kopi atau tidak, serta makanan penyebab darah tinggi. Mari menjalankan pola hidup sehat untuk mencegah darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×