kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Gejala Gula Darah Tinggi yang Umum, Cek Standar Gula Darah Pria & Wanita


Kamis, 13 Juli 2023 / 08:16 WIB
Inilah Gejala Gula Darah Tinggi yang Umum, Cek Standar Gula Darah Pria & Wanita
ILUSTRASI. Inilah Gejala Gula Darah Tinggi yang Umum, Cek Standar Gula Darah Pria & Wanita


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Gejala Gula Darah Tinggi - Jakarta. Waspadai gejala gula darah tinggi sejak dini. Pahami juga standar gula darah pria dan wanita.

Gejala gula darah tinggi penting dipahami setiap orang. Pasalnya, gula darah tinggi menyebabkan penyakit diabetes yang merupakan ibu segala penyakit.

Seseorang yang menderita diabetes tidak bisa disembuhkan. Bahkan, penyakit lain akan bermunculan setelah diabetes datang.

Banyak gejala gula darah tinggi yang tak jarang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Mengenali gejala gula darah tinggi sejak dini akan mencegah serangan penyakit diabetes.

Diberitakan Kompas.com, berikut gejala gula darah tinggi yang perlu Anda waspadai, mengutip Self:

Baca Juga: Bahaya Lemak Visceral di Perut, Simak Daftar Olahraga Membakar Lemak Perut

1. Rentan infeksi 

Gejala gula darah tinggi yang pertama adalah rentan infeksi. Kadar gula darah tinggi bila tidak ditangani lambat laun bisa melemahkan respons daya tahan tubuh. 

Salah satu imbasnya, tubuh jadi sulit melawan infeksi, sering terkena infeksi, infeksi tak kunjung sembuh, atau infeksi berdampak serius. Infeksi yang sering dialami penderita diabetes wanita, misalnya, infeksi jamur. 

2. Luka susah sembuh 

Gejala gula darah tinggi lainnya adalah proses penyembuhan luka menjadi lebih lambat. Kondisi ini dipengaruhi gula darah tinggi yang mengganggu aliran darah, sehingga sistem peredaran darah terganggu. 

Bila muncul ciri-ciri gula darah tinggi di atas, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter.

3. Haus terus-menerus 

Gejala gula darah tinggi yang ketiga adalah merasakan haus terus-menerus. Haus terus-menerus merupakan efek dari sering kencing. Karena tubuh mengeluarkan banyak cairan, praktis tubuh jadi haus untuk memberikan kode pada tubuh agar tidak dehidrasi. 

Semakin sering kencing, rasa haus pada penderita gula darah tinggi juga semakin sering. 

4. Mual, muntah, bingung 

Gejala gula darah tinggi yang keempat adalah mual, muntah dan bingung. Saat organ liver tidak bisa menggunakan gula darah untuk sumber energi, tubuh mulai memecah lemak sebagai bahan bakar penggantinya. Kondisi ini jika terkadang bisa membuat darah menjadi asam. 

Gejala gula darah tinggi yang langka ini di antaranya mual, muntah, bingung, sakit perut, sesak napas, sampai napas berbau tak sedap. 

kalau tidak segera mendapatkan penanganan medis tepat, gula darah tinggi yang sudah masuk fase ketoasidosis diabetik ini bisa berdampak fatal.

5. Lemas atau kelelahan 

Gampang lelah merupakan salah satu gejala awal gula darah tinggi yang cukup umum. Lemas atau kelelahan tidak hanya dialami penderita diabetes semata. 

Orang tanpa diabetes juga bisa merasa lemas setelah mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti gula dalam jumlah besar. 
Namun, waspadai jika rasa lemas atau kelelahan muncul terus-terusan atau sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

6. Pandangan kabur 

Gejala gula darah tinggi yang keenam adalah pandangan kabur. Kadar gula darah tinggi juga bisa memengaruhi indra penglihatan dan memicu pandangan kabur. Kondisi ini disebabkan kelebihan gula bersama dengan air terjebak di lensa di bagian tengah mata.  

7. Sering kencing 

Gejala gula darah tinggi yang ketujuh adalah sering kencing. Ketika kandungan gula darah terlalu tinggi, ginjal otomatis akan mengeluarkan lebih banyak gula dari tubuh. Salah satu caranya dengan kencing. 

Tak pelak, penderita penyakit gula darah tinggi lebih sering kencing ketimbang dalam kondisi normal. 

8. Sakit kepala 

Gejala gula darah tinggi yang kedelapan adalah sakit kepala. Sering kencing ditambah haus bila diabaikan bisa memicu dehidrasi. Gejala dehidrasi salah satunya yakni sakit kepala. 

9. Sakit gigi 

Gejala gula darah tinggi yang kesembilan adalah sakit gigi. Kadar gula darah tinggi juga dapat mencemari air liur sampai ke darah. Kondisi ini rentan memicu tumbuhnya bakteri, termasuk di mulut. 

Jika bakteri jahat tersebut bertemu dengan sisa makanan dan plak, seseorang bisa terkena gangguan gigi dan mulut seperti gusi bengkak, radang gusi, sampai gigi berlubang. 

10. Tangan dan kaki sering kesemutan 

Gejala gula darah tinggi yang perlu diwaspadai lainnya yakni tangan dan kaki kesemutan. Kondisi ini dipengaruhi rusaknya saraf atau neuropari karena kadar gula darah tinggi. 

Standar gula darah pria dan wanita

Selain mewaspadai gejala gula darah tinggi, penting juga mengetahui standar gula darah pria dan wanita. Mengetahui standar gula darah normal pada wanita dan pria penting untuk pencegahan diabetes. Jika kadar gula darah di atas normal, segera lakukan cara untuk menurunkan.

Berikut standar gula darah pria dan wanita dilansir dari website resmi Siloam Hospital

Usia Kadar  Gula Darah Normal Kadar Gula Darah Puasa Kadar Gula Darah Setelah Makan dan Sebelum Tidur
< 6 tahun 100-200 mg/dL ± 100 mg/dL ± 200 mg/dL
6-12 tahun 70-150 mg/dL ± 70 mg/dL ± 150 mg/dL
>12 tahun < 100mg/dL 70-130 mg/dL  

< 180 mg/dL (setelah makan)

100-140 mg/dL (sebelum tidur)

Kadar gula darah berdasarkan usia tersebut dapat bervariasi bagi setiap orang tergantung aktivitas fisik, jenis makanan, efek samping obat, dan lainnya. Bagi anak akan cenderung lebih tinggi dan mudah berubah karena perubahan hormon tertentu.

Baca Juga: Kemenkes Beberkan Ciri-Ciri Diabetes yang Harus Diwaspadai, Ada 11 Gejala

Perubahan kadar gula darah memang dapat terjadi seiring waktu, biasanya dipicu oleh sejumlah faktor tertentu. Penyebab umum kadar gula darah naik antara lain dehidrasi, hormon, stres, penyakit tertentu, dan suhu ekstrem. Sementara penyebab kadar gula darah turun biasanya dikarenakan oleh pola makan tidak teratur (contoh: melewatkan waktu makan), serta adanya efek samping obat dan insulin.

Jika tidak dikontrol, kadar gula darah yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Gula darah tinggi akan menimbulkan keluhan pada tubuh seperti gangguan penglihatan, infeksi gigi dan gusi, masalah pencernaan, sering buang air kecil, hingga kerusakan saraf dan infeksi kronis pada kaki. Begitu juga jika gula darah terlalu rendah, seseorang dapat mengalami gangguan irama jantung, sulit berkonsentrasi, tubuh gemetar, hilang keseimbangan, lemah, lesu, dan mudah lapar.

Itulah standar gula darah pria dan wanita berdasarkan usia serta gejala gula darah tinggi yang penting untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×