kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Makanan Rendah Garam atau Natrium untuk Penderita Hipertensi


Rabu, 01 November 2023 / 10:49 WIB
Ini 5 Makanan Rendah Garam atau Natrium untuk Penderita Hipertensi


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip daftar makanan rendah garam yang cocok untuk penderita hipertensi. Anda perlu mewaspadai batasan konsumsi garam atau natrium yang ada pada makanan.

Natrium sering ditambahkan pada banyak makanan yang kita makan, seringkali dalam bentuk garam meja.

Konsumsi garam dalam makanan sangatlah penting, karena mineral ini berperan dalam banyak proses tubuh, termasuk keseimbangan cairan, impuls saraf, dan kontraksi otot.

Selain itu, garam meja dapat meningkatkan cita rasa makanan tertentu dan membantu membuat waktu makan lebih menyenangkan.

Namun mengonsumsi terlalu banyak natrium bisa menjadi tidak sehat, berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baca Juga: 7 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

Makanan rendah garam

Alpukat

Sebaliknya, menjalankan diet rendah sodium dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.  Adapun manfaatnya dari tindakan konsumsi makanan ini adalah tekanan darah yang sehat hingga berkurangnya risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Selain itu mengurangi konsumsi garam juga bisa meningkatan kesehatan otak dan terjaganya fungsi ginjal (ginjal) agar tetap sehat.

Orang yang mengikuti diet rendah sodium juga mungkin mengalami efek jangka pendek, seperti rasa kembung yang berkurang atau rasa haus yang berkurang.

Untuk itu, kenali daftar makanan rendah garam yang perlu Anda coba konsumsi dirangkum dari laman Eating Well.

Baca Juga: Penyebab Obesitas yang Wajib Dihindari dan Cara Jitu Mencegah Kelebihan Berat Badan

1. Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang dinikmati segar atau dikeringkan beku terasa nikmat tanpa tambahan garam atau natrium. Sayuran beku dapat dinikmati dengan diet rendah sodium jika tidak dibuat dengan saus asin.

Buah-buahan dan sayuran beku merupakan tambahan yang bagus untuk diet rendah sodium. Untuk buah kalengan, garam sangat jarang ditambahkan. Sedangkan untuk sayuran kaleng, memilih opsi tanpa tambahan garam adalah cara terbaik.

2. Biji-bijian

Selama hidangan biji-bijian yang Anda makan tidak dibuat dengan tambahan garam atau bahan asin apa pun (seperti kecap), sebagian besar biji-bijian bisa menjadi bagian penting dari diet rendah sodium. Beberapa pilihan padat nutrisi meliputi biji gandum, Sorgum, dan beras merah.

3. Produk susu

Banyak makanan olahan susu kaya akan magnesium, potasium, dan kalsium, nutrisi yang mendukung tekanan darah sehat. Tapi makanan olahan susu tertentu, seperti banyak keju, juga mengandung natrium.

Nah, ada beberapa makanan olahan susu lezat yang rendah natrium dan kaya nutrisi, termasuk susu murni hingga Greek Yogurt.

4. Sumber Protein

Makanan tinggi protein memainkan banyak peran penting dalam tubuh. Kini sudah banyak sumber protein yang secara alami bebas natrium. Konsumsi daging yang diasap dan diawetkan biasanya dibumbui dengan garam atau bahan-bahan yang mengandung natrium.

Namun, potongan segar daging sapi, ayam, telur, ikan, dan protein lainnya diperbolehkan jika Anda mengikuti diet rendah sodium.

Beberapa sumber protein yang bisa dinikmati saat Anda membatasi natrium meliputi ayam, sapi, dan ikan berlemak.

5. Lemak sehat 

Makanan dengan kandungan lemak sehat adalah bagian penting dari pola makan sehat. Pilihan tertentu juga mengandung antioksidan dan vitamin penting, seperti vitamin E.

Beberapa sumber lemak sehat yang dapat diterima pada diet rendah sodium meliputi minyak zaitun, minyak alpukat, dan Alpukat.

Anda bisa memilih sumber lemak sehat rendah garam lainnya seperti Ikan berminyak, seperti salmon, tuna, dan sarden. Pastikan Anda memilih ikan segar yang bukan diperjualbelikan dalam bentuk kalengan.

Itulah sederet makanan rendah garam yang baik untuk penderita hipertensi untuk dikonsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×