kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO Sebut 1 dari 3 Orang Derita Hipertensi, Cek Makanan yang Dihindari Darah Tinggi


Jumat, 22 September 2023 / 14:14 WIB
WHO Sebut 1 dari 3 Orang Derita Hipertensi, Cek Makanan yang Dihindari Darah Tinggi
ILUSTRASI. WHO Sebut 1 dari 3 Orang Derita Hipertensi, Cek Makanan yang Dihindari Darah Tinggi


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Makanan yang Harus Dihindari Darah Tinggi - JAKARTA. Jumlah kasus penderita darah tinggi atau hipertensi di dunia sangat tinggi. Simak makanan yang harus dihindari darah tinggi.

Dilansir dari Kompas.com, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan, sebanyak satu dari tiga orang di dunia terkena hipertensi. Temuan itu dirilis WHO dalam laporan perdana mengenai dampak hipertensi secara global pada forum pertemuan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang membahas kemajuan Sustainable Development Goals (SDGs) di New York, AS, pada Selasa (19/9/2023).

Menurut laporan WHO, selama nyaris tiga dekade, penderita hipetensi atau orang yang memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg jumlahnya meningkat dua kali lipat dari 650 juta menjadi 1,3 miliar, sepanjang 1990 sampai 2019. Dari jumlah tersebut, hampir setengah penderita hipertensi secara global tidak menyadari kondisi mereka.

Laporan tersebut juga menyebutkan, sekitar empat dari lima penderita hipertensi tidak diobati secara memadai. Tren penderita hipertensi tersebut diperkirakan terus melonjak, apabila penyakit ini tidak dikendalikan.

Lantas, apa penyebab darah tinggi?

Baca Juga: Ambang Batas Hipertensi menurut WHO, Berbeda dengan Anggapan Umum

Direktur Jenderal WHO Tedros Adanom Ghebreyesus menyebutkan, ada beberapa faktor penyebab hipertensi kasusnya cukup tinggi secara global. "Faktor usia dan faktor genetik dapat meningkatkan risiko hipertensi. Tapi, faktor risiko yang dapat dikendalikan, seperti kebiasaan makan asupan tinggi garam, tidak aktif bergerak, dan terlalu banyak minum alkohol juga dapat meningkatkan risiko hipertensi," jelas dia.

Menurut Tedros, perubahan gaya hidup seperti pola makan sehat, setop merokok, dan aktif bergerak dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, beberapa penderita perlu minum obat hipertensi untuk mengendalikan penyakit dan mencegah komplikasi hipertensi.

"Hipertensi dapat dikendalikan dengan pengobatan yang mudah dan murah. Sayangnya, hanya satu dari lima penderita hipertensi yang dapat mengendalikannya,” ujar Tedros.

Makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, penderita darah tinggi harus menghindari sejumlah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi wajib dipatuhi untuk mencegah peningkatan tekanan darah.

Makanan yang Mengandung Sodium

Makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi pertama adalah makanan mengandung sodium. Sodium dalam garam berpengaruh pada kesimbangan cairan dalam tubuh. Hal itu juga berpengaruh pada tekanan darah dan kesehatan jantung Anda. Mengutip dari Healthline (healthline.com), sebaiknya jangan mengonsumsi lebih dari 2.300 mg sodium setiap hari.

Anda perlu menghindari makanan-makanan yang mengandung sodium berlebih. Misalnya, roti, pizza, sup, dan makanan cepat saji lainnya. Jika Anda terbiasa mengonsumsi makanan-makanan itu, Anda bisa mulai menguranginya terlebih dahulu agar kesehatan jantung tetap terjaga.

Acar

Makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi kedua adalah acar. Acar dibuat dengan mencampurkan banyak garam. Tujuannya agar acar bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Namun, semakin lama acar disimpan dalam wadah, semakin banyak sodium yang terkandung di dalamnya.

Gula

Makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi ketiga adalah makanan dan minuman tinggi gula. Healthline mengatakan bahwa gula dapat meningkatkan tekanan darah. Saat terbiasa mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan, tubuh Anda rentan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Hal itu berkaitan dengan resiko tekanan darah tinggi yang meningkat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita penderita tekanan darah tinggi membaik saat mengurangi gula sebanyak 2.3 sdt. Hasilnya, tekanan sistolik turun sebanyak 8.4 mmHg dan tekanan diastolik turun sebanyak 3.7 mmHg.

Sup Kaleng

Makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi keempat adalah sup kaleng. Sup kaleng atau jenis makanan kaleng lainnya memang mudah untuk diolah. Namun, hal itu tidak baik untuk kesehatan karena mengandung banyak sodium. Artinya, tekanan darah Anda bisa semakin tinggi jika mengonsumsi jenis makanan itu secara berlebihan.

Mengutip dari Healthline, Anda bisa mendapat 1.110 mg sodium dalam sup tomat kaleng. Jika Anda terpaksa mengonsumsi makanan kaleng, cobalah untuk mencari sup yang terbuat dari sodium yang lebih rendah.

Itulah daftar makanan yang harus dihindari penderita darah tinggi. Segera hubungi dokter jika mengalami gejala darah tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×