kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

13 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Cara Merebusnya


Kamis, 05 Oktober 2023 / 10:50 WIB
13 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Cara Merebusnya
ILUSTRASI. Daun sambiloto


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat sambiloto dan efek samping sambiloto akan dijelaskan dalam artikel ini. Sambiloto adalah salah satu tanaman obat yang sudah dikenal sejak lama dalam pengobatan tradisional.

Tanaman ini memiliki kandungan senyawa aktif yang bermanfaat dan memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Daun sambiloto mengandung saponin, flavonoid, alkaloid, dan tanin. 

Selain itu, sambiloto juga memiliki zat seperti lakton, panikulin, kalmegin, dan hablur kuning. Kandungan tersebut membuat ada sejumlah manfaat sambiloto untuk kesehatan. 

Namun, perlu diketahui bahwa sambiloto bukan merupakan obat utama bagi beberapa penyakit, tetapi  memang benar bahwa beberapa penelitian medis telah membuktikan manfaat sambiloto untuk kesehatan.

Hanya saja, konsumsi sambiloto harus digunakan bersamaan dengan pengobatan dari dokter untuk penyembuhan penyakit. 

Lantas, apa saja manfaat sambiloto dan efek samping sambiloto untuk kesehatan? 

Baca Juga: 11 Obat Herbal untuk Atasi Diabetes Hingga Asam Urat, Simak Bahan-Bahannya

Kandungan sambiloto 

Kandungan Sambiloto

Dikutip dari buku "Khasiat & Manfaat Sambiloto: Raja Pahit Penakluk Aneka Penyakit", sejumlah kandungan sambiloto antara lain:

  • Zat andrographolid: zat ini menghasilkan rasa pahit yang luar biasa pada sambiloto namun memiliki multiefek farmakologis.  
  • Alkane, keton, aldehid, asam kersik, dan damar. 
  • Kalium
  • Kalsium
  • Minyak atsiri sebagai antiradang
  • Laktone yang mengandung neoandrographolid, andrographolid, deoksiandrographolid. 
  • Flavonoid

Baca Juga: Catat, 7 Obat Kolesterol Herbal Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah

Manfaat sambiloto untuk kesehatan

Dirangkum dari laman resmi Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian dan buku "Sambiloto: Manfaat & Khasiat Tumbuhan Obat Indonesia", berikut adalah beberapa manfaat sambiloto bagi kesehatan:

1. Mengatasi gangguan saluran pernapasan

Manfaat sambiloto telah lama digunakan untuk mengatasi gangguan saluran pernapasan seperti batuk, pilek, flu, dan asma. 

Kandungan andrografolid dalam sambiloto dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan pada saluran pernapasan yang terinfeksi. 

Baca Juga: Cek, Kadar Kolesterol Normal Wanita dan Pria Sesuai Usia:Ini 7 Obat Herbal Kolesterol

2. Menjaga kesehatan hati 

Manfaat sambiloto juga bisa membantu menjaga kesehatan hati. Kandungan andrografolid dalam sambiloto dapat membantu mengurangi peradangan pada hati dan meningkatkan fungsi hati dalam metabolisme dan mengeluarkan racun dari tubuh. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan flavonoid dan polifenol dalam sambiloto dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu mengaktifkan sel-sel imun tubuh untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, sambiloto juga bersifat imunostimulan, yakni meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem kekebalan. 

Sehingga, manfaat sambiloto yakni dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi daun sambiloto secara teratur. 

Baca Juga: 14 Ramuan Herbal yang Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

4. Meredakan pilek

Salah satu manfaat daun sambiloto untuk kesehatan dapat menangani gejala pilek. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sambiloto yang dikombinasikan dengan ekstrak ginseng Siberia dapat menghentikan gejala flu dan pilek setelah dua hari. 

5. Radang amandel

Selanjutnya, manfaat sambiloto yakni membantu menurunkan demam dan sakit tenggorokan akibat radang amandel. 

Penelitian menemukan bahwa penggunaan daun sambiloto dosis tinggi (enam gram) setiap hari dapat bekerja secara efektif untuk menurunkan demam serta menyembuhkan sakit tenggorokan akibat radang amandel.

6. Radang usus

Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan juga berhubungan dengan radang usus. Pada sebuah studi, tim peneliti mendapati bahwa konsumsi ekstrak daun sambiloto setiap hari selama delapan minggu dapat mengurangi tingkat keparahan gejala radang usus.

Baca Juga: Catat, 7 Obat Kolesterol Herbal Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah

7. Osteoartritis

Manfaat sambiloto juga berhubungan dengan osteoartritis. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi ekstrak daun sambiloto setiap hari dapat mengurangi nyeri dan kekakuan sendi lutut pada mereka yang mengalami osteoartritis ringan maupun sedang.

8. Menurunkan asam urat

Sambiloto juga banyak digunakan sebagai obat herbal asam urat. Hal ini disebabkan, sambiloto mengandung flavonoid yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

9. Multiple sclerosis

Manfaat sambiloto juga bisa digunakan untuk penderita penyakit multiple scelerosis. Ekstrak tanaman sambiloto dapat mengurangi kelelahan pada pasien multiple sclerosis berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh BMC Neurology. 

Namun, tidak menunjukkan perbedaan signifikan pada angka kekambuhan, pengukuran inflamasi, dan status disabilitas.

Baca Juga: 7 Obat Herbal Asam Urat Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah

10. Mengatasi diabetes

Manfaat sambiloto untuk kesehatan juga dapat membantu mengatasi diabetes. Kandungan andrografolid dalam sambiloto dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

11. Mengatasi gangguan pencernaan 

Manfaat sambiloto juga bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti diare, mual, muntah, dan perut kembung.

Kandungan andrigrafolid dalam sambiloto dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan dan meningkatkan fungsi saluran pencernaan. 

12. Mengatasi gangguan kulit

Sambiloto juga dapat membantu mengatasi gangguan kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Selain itu, kandungan andrografolid dalam sambiloto dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat penyembuhan. 

13. Menjaga kesehatan jantung 

Kandungan flavonoid dalam sambiloto dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Selain itu, manfaat daun sambiloto sering digunakan untuk meredakan inflamasi, penyakit infeksi saluran pernapasan atas, infeksi akibat HIV, dan keluhan yang berhubungan dengan organ hati. Sehingga, jangan sepelekan khasiat sambiloto bagi kesehatan Anda.

Baca Juga: 10 Obat Alami Asam Urat untuk Mencegah Kambuh Lagi

Cara mengolah daun sambiloto

Cara Merebus Daun Sambiloto

Nah, jika ingin menggunakan sambiloto sebagai obat, maka berikut cara merebus daun sambiloto:

  • Keringkan daun sambiloto sebanyak 10 hingga 20 gram
  • Setelah itu daun sambiloto bisa direbus atau digiling halus lalu diseduh
  • Minum 3 hingga 4 kali sehari

Untuk pemakaian sebagai obat luar, daun sambiloto segar direbus lalu airnya digunakan untuk cuci atau bisa juga digiling halus. Kemudian dibubuhkan ke tempat yang sakit, seperti digigit ular berbisa, gatal-gatal, atau bisul. 

Baca Juga: 5 Ramuan Herbal Ini Efektif Mengobati Batuk dan Pilek

Efek samping daun sambiloto

Sambiloto memang memiliki banyak manfaat kesehatan namun, penggunaannya harus sesuai agar tidak menimbulkan efek samping serius. 

Efek samping sambiloto yang ringan dapat berupa kehilangan nafsu makan, diare, muntah, muncul bercak kemerahan, sakit kepala, hidung berair, dan kelelahan. 

Selain itu, efek samping sambiloto ketika digunakan dalam dosis besar atau tinggi dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening, reaksi alergi serius, peningkatan enzim hati, dan sebagainya.

Nah, itulah manfaat sambiloto atau manfaat daun sambiloto dan efek samping sambiloto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×