kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​6 Manfaat Daun Ciplukan dan Cara Mengolahnya yang Jarang Diketahui


Kamis, 06 Juli 2023 / 21:15 WIB
​6 Manfaat Daun Ciplukan dan Cara Mengolahnya yang Jarang Diketahui


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ciplukan adalah tanaman liar sehingga dibiarkan begitu saja. Jarang ada orang yang mengetahui manfaat daun ciplukan untuk kesehatan. 

Tanaman ciplukan banyak dijumpai di sekitar kebun dan berbentuk perdu atau semak. Tinggi ciplukan bisa mencapai 1 meter, namun rata-rata tanaman ini hanya tumbuh pendek. 

Daun ciplukan berwarna hijau dengan buahnya juga berwarna hijau dan berubah menjadi kekuningan ketika tua. Beberapa manfaat daun ciplukan digunakan sebagai obat bisul, borok, dan asma. 

Selain itu, apa saja manfaat daun ciplukan untuk kesehatan? 

Baca Juga: Kabar Bagus untuk Penderita Hipertensi, 8 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Darah Tinggi Kabur

Manfaat daun ciplukan untuk kesehatan 

Manfaat daun ciplukan juga bisa sebagai obat kanker payudara.

Dirangkum dari buku "Kiat Sukses Budidaya Bawang Merah" dan laman Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, berikut adalah manfaat daun ciplukan untuk kesehatan: 

1. Mengobati bisul 

Salah satu manfaat daun ciplukan yakni dapat mengobati bisul. Cara membuat ramuan daun ciplukan ini adalah dengan menyiapkan seikat daun ciplukan. 

Lalu, tumbuk daun tersebut hingga halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya. Kemudian tempelkan pada daerah yang terkena bisul. 

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar

2. Borok 

Manfaat daun ciplukan juga bisa digunakan sebagai obat borok. Cara mengobati borok dengan daun ciplukan yakni ambil satu genggam daun ciplukan dan tambahkan dua sendok teh air kapur sirih. 

Tumbuk sampai halus bahan tersebut, lalu tempelkan ke bagian yang sakit.

3. Bermanfaat untuk penyakit jantung

Manfaat daun ciplukan juga bisa membantu mengobati penyakit jantung. Cara mengolah daun ciplukan untuk penyakit jantung mudah, yakni ambil 40 helai daun ciplukan. 

Kemudian hancurkan dengan blender seperti jus. Lalu minum tanpa campuran apa-apa. Selain dibuat seperti jus, daunnya juga bisa kita makan langsung, tapi pastikan sudah dicuci bersih dulu.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan Jika Rajin Dimakan

4. Sebagai obat asma

Manfaat daun ciplukan juga bisa sebagai obat asma. Cara menggunakannya yakni ambil daun dan batang dari buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut. 

Bisa juga dengan ambil daun ciplukan, kemudian campur dengan kapur sirih, lalu dihancurkan dengan menggunakan kedua telapak tangan. 

Setelah itu, basahi dengan air. Kemudian gumpalkan pada telapak tangan sehingga keluar air berwarna hijau keputih-putihan serta buih. Oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung. 

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan, Baik Untuk Kulit

5. Obat kanker payudara

Manfaat daun ciplukan juga bisa sebagai obat kanker payudara. Dikutip dari laman Gramedia, sebuah penelitian menghasilkan suatu fakta jika ekstrak daun ciplukan memiliki efek sitotoksik yang bisa menginduksi kematian pada sel kanker payudara. 

Itu artinya ciplukan bisa menjadi alternatif terbaik pengobatan bagi penderita kanker payudara dengan lebih aman, terjangkau dan efektif.

Baca Juga: Ada Banyak Manfaat Petai untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

6. Membantu menurunkan gula darah

Daun ciplukan dipercaya memiliki kemampuan anti hiperglikemia atau kemampuan yang bisa menurunkan kadar gula darah.

Beberapa senyawa ditemukan di dalam daun ciplukan diketahui dapat memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat. 

Tentunya hal tersebut bisa meringankan fungsi insulin dalam mengatur regulasi glukosa darah agar bisa selalu dalam batas fisiologis.

Demikian sejumlah manfaat daun ciplukan untuk kesehatan dan cara mengolahnya. 

Selanjutnya: Kinerja Bukit Asam (PTBA) Bakal Tertekan di 2023, Intip Rekomendasi Sejumlah Analis

Menarik Dibaca: Penikmat Sunset Trip di Prambors Harus Berbesar Hati, Program Ini Berhenti Siaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×