kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

12 Cara Meredakan Sakit Maag Tanpa Obat-obatan Kimia, Cek Juga Gejalanya


Rabu, 02 Agustus 2023 / 04:11 WIB
12 Cara Meredakan Sakit Maag Tanpa Obat-obatan Kimia, Cek Juga Gejalanya
ILUSTRASI. Cara pertama mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah makan buah pisang.. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mengatasi maag yang kambuh tanpa obat. Cara mengatasi maag kambuh tanpa obat ini penting diketahui jika dalam kondisi darurat seperti jauh dari dokter dan apotik.

Maag bisa kambuh secara tak terduga. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi maaf kambuh tanpa obat agar bisa memberikan penanganan secara tepat.

Maag adalah penyakit yang ditandai dengan rasa terbakar di dada bagian bawah, tepatnya di belakang tulang dada. Sensasi terbakar ini bisa dipicu karena makanan, terutama makanan pedas, berlemak, atau asam.

Biasanya, rasa sakit maag akan semakin bertambah parah setelah makan di malam hari atau saat membungkuk dan berbaring. Terdapat beberapa cara meredakan sakit maag yang tidak berkesudahan, yakni secara alami dan kimiawi.

Namun, jika rasa sakit tidak kunjung membaik dan justru semakin para, sebaiknya segera memeriksakannya ke petugas kesehatan.

Baca Juga: Catat, 6 Obat Maag Alami yang Efektif Mengatasi Sakit Maag

Cara mengatasi maag kambuh tanpa obat

Berikut Kompas.com merangkum beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi maag kambuh tanpa obat. Cara mengatasi maaf kambuh tanpa obat ini terbilang sederhana karena menggunakan bahan alami dan mudah dilakukan di rumah.

Cara mengatasi maag yang sedang kambuh tanpa obat adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi buah pisang

Cara pertama mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah makan buah pisang. Dilansir dari India Times, uah pisang mengandung jumlah potasium yang baik untuk melawan maag yang tidak nyaman. Namun, pastikan Anda memilih pisang yang sudah matang.

2. Minum susu

Cara keempat mengatasi maag kambuh tanpa obat adalah minum susu. Susu secara alami bersifat basa sehingga dapat membantu menangkal asam lambung berlebih yang naik ke tenggorokan.

Minum susu bisa membantu mengurangi efek luka bakar dengan menetralkan sebagian asam. Anda bisa memilih susu rendah lemak atau susu skim. Sebab, kandungan lemak dalam 2 persen atau susu murni dapat memperburuk mulas dan memperburuknya.

Baca Juga: Selain Kepala Pusing, Ini Gejala Tekanan Darah Tinggi yang Harus Diwaspadai




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×