kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,09   -9,42   -1.02%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asam Urat Membentuk Kristal di Persendian, Ini 8 Cara Atasi Gout Tanpa Obat Kimia


Rabu, 31 Mei 2023 / 06:00 WIB
Asam Urat Membentuk Kristal di Persendian, Ini 8 Cara Atasi Gout Tanpa Obat Kimia


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketika kadar asam urat darah tinggi secara tidak normal, maka seseorang akan mengalami penyakit asam urat. Asam urat membentuk kristal di persendian, sering kali di kaki dan jempol kaki, yang menyebabkan pembengkakan parah dan menyakitkan. 

Beberapa orang memerlukan obat untuk mengatasi asam urat, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat membantu. 

Menurunkan asam urat dapat mengurangi risiko asam urat dan bahkan dapat mencegah serangan berikutnya pada orang dengan kondisi ini. 

Berikut ini beberapa cara alami menurunkan asam urat tanpa obat seperti dilansir dari Medical News Today

 

1. Konsumsi lebih banyak makanan rendah purin 

Dengan beralih dari makanan dengan kandungan purin tinggi ke makanan dengan kandungan purin lebih rendah, beberapa orang mungkin dapat terus menurunkan kadar asam urat mereka atau setidaknya menghindari peningkatan lebih lanjut. 

Beberapa makanan dengan kandungan purin rendah antara lain: 

produk susu rendah lemak dan bebas lemak selai kacang dan kebanyakan kacang kebanyakan buah dan sayuran kopi nasi gandum, roti, dan kentang 

Perubahan pola makan saja tidak akan menghilangkan asam urat, tetapi dapat membantu mencegah penyakit asam urat. Penting juga untuk dicatat bahwa tidak semua orang yang terkena asam urat makan makanan tinggi purin. 

Faktor lain, seperti kerentanan genetik, juga berperan. Orang Afrika Amerika lebih rentan daripada orang kulit putih untuk asam urat. Wanita pascamenopause dan orang dengan obesitas juga memiliki risiko lebih tinggi. 

Baca Juga: Efektif mengatasi asam urat, ini 12 manfaat jahe merah untuk kesehatan

2. Hindari obat-obatan yang meningkatkan kadar asam urat 

Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat. Obat-obatan ini termasuk: 

obat diuretik, seperti furosemide (Lasix) dan hidroklorotiazid obat yang menekan sistem kekebalan tubuh, terutama sebelum atau sesudah transplantasi organ aspirin dosis rendah 

Namun, obat yang meningkatkan kadar asam urat mungkin menawarkan manfaat kesehatan yang esensial. Dengan demikian, orang harus berbicara dengan dokter sebelum mengganti obat apa pun. 




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×