kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Standar Asam Urat Pria & Wanita, Cek Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami


Kamis, 02 Maret 2023 / 04:55 WIB
Standar Asam Urat Pria & Wanita, Cek Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,KONTAN.co.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali standar asam urat pria dan wanita. Catat juga makanan dan minuman untuk menurunkan asam urat tinggi.

Standar asam urat pria dan wanita berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi setiap pria dan wanita memahami standar asam urat normal.

Memahami standar asam urat pria dan wanita penting untuk kesehatan. Mengetahui berapa kadar asam urat normal berdasarkan jenis kelamin baik pria dan wanita sama pentingnya dengan tes kesehatan lain, seperti cek kolesterol atau tekanan darah.

Untuk diketahui, asam urat adalah senyawa kimia yang diproduksi saat tubuh memecah makan mengandung purin. Asam urat sejatinya dapat larut dalam darah dan dikeluarkan lewat urine. Namun, pada kondisi tertentu, seperti saat ginjal tidak berfungsi dengan optimal, asam urat dapat menumpuk sehingga memicu pembentukan kristal pada sendi.

Kristal ini lama-kelamaan meradang dan menyebabkan nyeri luar biasa di area sendi atau yang sering disebut sebagai serangan asam urat atau serangan gout. Untuk mencegah kondisi ini, kita perlu mengetahui berapa standar asam urat normal berdasarkan jenis kelamin pria dan wanita.

Baca Juga: 4 Ramuan Berbahan Alami yang Bikin Asam Urat Tinggi Tumbang

Standar asam urat normal pria dan wanita

Menurut American College of Rheumatology (ACR), standar asam urat normal pada orang dewasa sebaiknya berada di bawah 6,0 mg/dL.

Pada orang dewasa dengan jenis kelamin laki-laki atau pria, standar asam urat normal yaitu berkisar antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sementara itu, standar asam urat normal pada perempuan yaitu antara 2,4-6,0 mg/dL.

Kita perlu mengetahui berapa kadar asam urat normal berdasarkan jenis kelamin. Ya, meski asam urat bukan penyakit yang dapat mengakibatkan kematian secara langsung, tetapi ada bisa memicu komplikasi, antara lain:

  • Kerusakan sendi secara permanen
  • Patah tulang
  • Tophi atau benjolan di sendi
  • Penyakit kardiovaskular
  • Sakit ginjal
  • Batu ginjal
  • Diabetes

Pria dan wanita yang cenderung memiliki kadar asam urat tinggi sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Cara mencegah asam urat tinggi

Kita perlu menjaga kondisi agar kadar asam urat tetap normal. Dikutip dari Verywell Health, berikut beberapa cara mencegah asam urat atau gout yang bisa diupayakan:

  • Hindari minuman tinggi purin seperti alkohol dan minuman manis.
  • Batasi makanan tinggi purin seperti daging merah, hati (jeroan), ikan teri, sarden, udang.
  • Perbanyak air putih
  • Konsumsi banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
  • Menurunkan berat badan 

Setelah mengetahui kadar asam urat normal menurut jenis kelamin dan cara pencegahannya, kita dapat berusaha melakukan diet rendah purin agar terhindar dari serangan asam urat atau gout. Anda mungkin perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan kadar yang normal dan pilihan gaya hidup untuk mencegah lonjakan asam urat.

Cara menurunkan asam urat

Selain minum obat, cara menurunkan asam urat dapat dilakukan dengan alami. Selain melakukan cara menurunkan asam urat dengan alami, penderita juga harus menjauhi makanan penyebab asam urat.

Cara menurunkan asam urat dengan alami penting diketahui para penderitanya. Cara menurunkan asam urat dengan alami ini bisa menjadi alternatif pengobatan selain dari obat dokter.

Dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kadar normal kadar asam urat berbeda-beda tergantung dari jenis kelaminnya. Kadar asam urat normal untuk wanita berkisar 2,5-7,5 mg/dL. Sedangkan untuk kadar asam urat normal pada laki-laki berkisar 4,0-8,5 mg/dL.

Selain itu, untuk seseorang yang sering merasakan nyeri sendi, idealnya mereka harus memiliki kadar asam urat kurang dari 6,0 mg/dL. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah bisa menandakan jika fungsi ginjal tidak bekerja secara maksimal untuk menyaring asam urat yang ada di tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk menurunkan asam urat jika melebihi batas normal.

Baca Juga: 7 Trik Menurunkan Asam Urat, Salah Satunya Minum Air Lemon

Namun ingat, cara menurunkan asam urat dengan alami ini bukan untuk menggantikan pengobatan dokter. Anda harus tetap minum obat yang diberikan dokter agar asam urat cepat sembuh.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, cara menurunkan asam urat dengan alami dilakukan dengan konsumsi makanan dan minum tertentu. Berikut cara menurunkan asam urat dengan alami:

Kopi dan Teh

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang pertama adalah minum kopi dan teh. Mengutip dari Healthxchange.sg, penderita asam urat masih bisa mengonsumsi kopi dan teh. Meski demikian, usahakan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi dan teh. Kandungan kafein dalam jenis minuman itu bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur di malam hari.

Baca Juga: Inilah cara mengobati radang sendi, bisa pakai obat atau alami

Telur

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang kedua adalah konsumsi telur. Telur jadi obat asam urat alami selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Bukan tanpa alasan, telur mengandung sedikit purin. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Dengan begitu, tak muncul masalah kesehatan lain.

Produk Olahan Susu

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang ketiga adalah konsumsi produk olahan susu. Produk olahan susu juga termasuk dalam obat asam urat alami. Namun, pastikan untuk mengonsumsi produk olahan susu rendah lemak, ya. Susu rendah lemak atau plain yogurt bisa Anda kombinasikan dengan bahan alami lain yang baik untuk asam urat.

Buah kaya vitamin C

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang keempat adalah konsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C. Anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan yang ada di sekitar Anda. Mulai dari jeruk, buah nanas, dan lain-lain. Jika Anda ingin mengonsumsinya dalam bentuk jus, usahakan untuk tidak memakai pemanis tambahan, ya.

Baca Juga: Asam urat kumat lagi? Teh daun buah-buahan ini ampuh mengobati asam urat

Sayur

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang kelima adalah konsumsi sayur. Ada beberapa jenis sayur yang direkomendasikan oleh Healthxchange.sg yang bisa Anda jadikan opsi. Mulai dari kubis, paprika merah, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tidak semua jenis sayur baik untuk penderita asam urat. Ada beberapa jenis sayur yang justru mengandung banyak purin sehingga perlu Anda hindari. Jenis sayuran yang dimaksud adalah bayam, jamur, kembang kol, asparagus, dan lain-lain.

Itulah standar asam urat normal pada pria dan wanita serta cara menurunkan asam urat secara alami

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Kadar Asam Urat Normal Berdasarkan Jenis Kelamin?",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×