kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa Berbahaya Bagi Tubuh, Catat Kadar Asam Urat Normal untuk Pria dan Wanita


Sabtu, 18 Februari 2023 / 10:51 WIB
Bisa Berbahaya Bagi Tubuh, Catat Kadar Asam Urat Normal untuk Pria dan Wanita


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Memiliki kadar asam urat yang tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, memiliki kadar asam urat yang normal dalam tubuh bisa mencegah kemungkinan beberapa penyakit berbahaya seperti jantung koroner, batu ginjal, dan kerusakan sendi.  

Kadar asam urat yang tinggi sendiri sering dikaitkan dengan makanan yang mengandung purin tinggi.  

Purin terjadi secara alami di tubuh, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan tertentu. Kemudan asam urat dikeluarkan dari tubuh melalui urin. 

Lantas, apa penyebab asam urat dan berapa batas normal asam urat dalam tubuh? 

Kadar asam urat normal 

Batas normal untuk kadar asam urat berbeda-beda tergantung dari jenis kelaminnya. Untuk perempuan, kadar asam urat normalnya berkisar 2,5-7,5 mg/dL. 

Sedangkan untuk kadar asam urat normal pada laki-laki berkisar 4,0-8,5 mg/dL. 

Selain itu, untuk seseorang yang sering merasakan nyeri sendi, idealnya mereka harus memiliki kadar asam urat kurang dari 6,0 mg/dL. 

Kadar asam urat yang tinggi dalam darah bisa menandakan jika fungsi ginjal tidak bekerja secara maksimal untuk menyaring asam urat yang ada di tubuh. 

Dikutip dari Mayo Clinic, ada beberapa makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi yang sebaiknya dihindari penderita asam urat.

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Urat di Tangan, Jika Tak Diobati Bakal Muncul Benjolan Keras

Penyebab asam urat 

Dokter ahli penyakit dalam sekaligus pendiri Junior Doctors Network (JDN) Indonesia Andi Khomeini Takdir menyampaikan, bahwa asam urat adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurangi jumlah purin. 

Purin sendiri bisa ditemukan dari makanan yang dimakan maupun diproduksi secara alami dari dalam tubuh. Jika jumlah purin dalam tubuh tidak seimbang dan tubuh tidak bisa mengolahnya dengan baik, maka akan berakibat pada kadar asam urat yang terlalu banyak dan dapat menumpuk di aliran darah tubuh. 

Kondisi asam urat yang terlalu banyak di aliran darah disebut hiperurisemia. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Asam Urat Dengan Alami, Cek Juga Makanan Pantangan Asam Urat

"Asam urat sebenarnya bukan penyakit, tapi yang menjadi penyakit itu adalah ketika asam urat dalam darah tinggi yang menyebabkan hiperurisemia," ungkapnya saat duhubungi Kompas.com, Jumat (17/2/2023). 

Andi mengatakan bahwa hiperurisemia ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti asam urat, nyeri sendi, pembentukan batu ginjal hingga menyebabkan kesulitan dalam buang air kecil atau kencing. 

"Penyebab asam urat tinggi itu bisa karena makanan dan asupan yang memiliki kandungan asam urat yang tinggi. Kemudian bisa juga disebabkan karena tingginya gula darah atau diabetes," tambahnya.  




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×