kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menurunkan Asam Urat Dengan Alami, Cek Juga Makanan Pantangan Asam Urat


Jumat, 17 Februari 2023 / 15:50 WIB
Cara Menurunkan Asam Urat Dengan Alami, Cek Juga Makanan Pantangan Asam Urat
ILUSTRASI. Cara Menurunkan Asam Urat Dengan Alami, Cek Juga Makanan Pantangan Asam Urat


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,KONTAN.co.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain minum obat, cara menurunkan asam urat dapat dilakukan dengan alami. Selain melakukan cara menurunkan asam urat dengan alami, penderita juga harus menjauhi makanan penyebab asam urat.

Cara menurunkan asam urat dengan alami penting diketahui para penderitanya. Cara menurunkan asam urat dengan alami ini bisa menjadi alternatif pengobatan selain dari obat dokter.

Dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kadar normal kadar asam urat berbeda-beda tergantung dari jenis kelaminnya. Kadar asam urat normal untuk wanita berkisar 2,5-7,5 mg/dL. Sedangkan untuk kadar asam urat normal pada laki-laki berkisar 4,0-8,5 mg/dL.

Selain itu, untuk seseorang yang sering merasakan nyeri sendi, idealnya mereka harus memiliki kadar asam urat kurang dari 6,0 mg/dL. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah bisa menandakan jika fungsi ginjal tidak bekerja secara maksimal untuk menyaring asam urat yang ada di tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk menurunkan asam urat jika melebihi batas normal.

Baca Juga: 7 Trik Menurunkan Asam Urat, Salah Satunya Minum Air Lemon

Namun ingat, cara menurunkan asam urat dengan alami ini bukan untuk menggantikan pengobatan dokter. Anda harus tetap minum obat yang diberikan dokter agar asam urat cepat sembuh.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, cara menurunkan asam urat dengan alami dilakukan dengan konsumsi makanan dan minum tertentu. Berikut cara menurunkan asam urat dengan alami:

Kopi dan Teh

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang pertama adalah minum kopi dan teh. Mengutip dari Healthxchange.sg, penderita asam urat masih bisa mengonsumsi kopi dan teh. Meski demikian, usahakan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi dan teh. Kandungan kafein dalam jenis minuman itu bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur di malam hari.

Baca Juga: Inilah cara mengobati radang sendi, bisa pakai obat atau alami

Telur

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang kedua adalah konsumsi telur. Telur jadi obat asam urat alami selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Bukan tanpa alasan, telur mengandung sedikit purin. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Dengan begitu, tak muncul masalah kesehatan lain.

Produk Olahan Susu

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang ketiga adalah konsumsi produk olahan susu. Produk olahan susu juga termasuk dalam obat asam urat alami. Namun, pastikan untuk mengonsumsi produk olahan susu rendah lemak, ya. Susu rendah lemak atau plain yogurt bisa Anda kombinasikan dengan bahan alami lain yang baik untuk asam urat.

Buah kaya vitamin C

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang keempat adalah konsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C. Anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan yang ada di sekitar Anda. Mulai dari jeruk, buah nanas, dan lain-lain. Jika Anda ingin mengonsumsinya dalam bentuk jus, usahakan untuk tidak memakai pemanis tambahan, ya.

Baca Juga: Asam urat kumat lagi? Teh daun buah-buahan ini ampuh mengobati asam urat

Sayur

Cara menurunkan asam urat dengan alami yang kelima adalah konsumsi sayur. Ada beberapa jenis sayur yang direkomendasikan oleh Healthxchange.sg yang bisa Anda jadikan opsi. Mulai dari kubis, paprika merah, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tidak semua jenis sayur baik untuk penderita asam urat. Ada beberapa jenis sayur yang justru mengandung banyak purin sehingga perlu Anda hindari. Jenis sayuran yang dimaksud adalah bayam, jamur, kembang kol, asparagus, dan lain-lain.

Makanan pantangan asam urat

Selain menjalankan cara menurunkan asam urat dengan alami, penderita wajib menjauhi makanan pantangan asam urat. Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa makanan dan minuman pantangan asam urat karena mengandung purin tinggi.

Berikut daftar makanan dan minuman pantangan asam urat:

1. Jeroan

Makanan pantangan asam urat yang pertama adalah jeroan. Hindari jeroan seperti hati, ginjal, dan paru, yang memiliki kadar purin tinggi dan berkontribusi terhadap kadar asam urat darah yang tinggi.

2. Daging merah

Makanan pantangan asam urat yang kedua adalah daging merah. Daging merah juga memiliki kandungan purin tinggi, sehingga dalam mengonsumsinya harus tetap dibatasi. Beberapa jenis dagingnya seperti daging sapi, domba, kambing dan babi.

3. Makanan laut

Makanan pantangan asam urat yang ketiga adalah makanan laut. Beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, kerang, sarden, dan tuna memiliki kandungan purin yang lebih tinggi daripada beberapa jenis lainnya.

Tetapi memang manfaat kesehatan secara keseluruhan dari makan ikan mungkin lebih besar daripada risikonya bagi penderita asam urat. Ikan dalam porsi sedang bisa menjadi bagian dari diet asam urat.

4. Alkohol

Sedangkan minuman pantangan asam urat adalah alkohol. Bir dan minuman keras juga dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat dan serangan berulang.

Konsumsi anggur dalam jumlah sedang tampaknya tidak meningkatkan risiko serangan asam urat. Hindari alkohol selama mengalami asam urat.

5. Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman pantangan asam urat yang lainnya adalah makanan dan minuman manis. Batasi atau hindari makanan yang dimaniskan dengan gula seperti sereal manis, produk roti, dan permen. Selain itu batasi juga jumlah konsumsi jus buah manis alami.

Itulah cara menurunkan asam urat dengan alami dan makanan dan minuman pantangan asam urat yang harus dihindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×