Inilah cara mengobati radang sendi, bisa pakai obat atau alami

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:43 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah cara mengobati radang sendi, bisa pakai obat atau alami

ILUSTRASI. Inilah cara mengobati radang sendi, bisa pakai obat atau alami

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada banyak obat untuk menyembuhkan radang sendi. Selain dengan obat-obatan, ada cara lain menyembuhkan radang sendi.

Penyakit radang sendi adalah masalah kesehatan yang menyebabkan nyeri dan kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Radang sendi atau penyakit arthritis biasanya menyerang kaki, tangan, pinggul, lutut, dan punggung bawah.

Namun jangan khawatir, ada berbagai cara untuk menyembuhkan radang sendi dengan obat-obatan ataupun lainnya. Sebelum menyimak beberapa cara mengobati radang sendi, kenali dulu penyebab dan gejala masalah kesehatan ini.

Penyebab radang sendi dan gejalanya

Melansir Cleveland Clinic, penyebab radang sendi adalah:

  • Cedera, sehingga sendi rusak
  • Penumpukan asam urat di dalam tubuh
  • Faktor keturunan
  • Sendi kerap stres, misalkan karena pekerjaan yang menekan bagian sendi atau aktivitas olahraga intens
  • Gangguan daya tahan tubuh
  • Infeksi virus
  • Kebiasaan merokok
  • Kurang atau tidak pernah olahraga
  • Berat badan berlebih dan obesitas

Berbagai jenis radang sendi memiliki gejala berlainan. Namun, secara umum gejala radang sendi meliputi sendi nyeri, kemerahan, kaku, bengkak, dan terasa hangat saat disentuh.

Baca juga: Membandingkan Zifivax dengan 9 macam vaksin Covid-19 lain yang diizinkan BPOM

Cara mengobati radang sendi

Melansir Mayo Clinic, pengobatan radang sendi bertujuan untuk mengurangi gejala penyakit dan meningkatkan fungsi sendi. Terkadang, penderita perlu menjajal beberapa cara mengobati radang sendi, sebelum akhirnya menemukan perawatan paling pas.

Berikut macam-macam cara mengobati radang sendi:

Mengonsumsi obat radang sendi

Cara pertama mengobati radang sendi adalah minum obat. Obat radang sendi yang digunakan untuk mengobati masalah kesehatan ini tergantung jenis penyakitnya. Jenis obat yang umum untuk mengobati radang sendi adalah nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID), krim atau salep yang mengandung mentol atau pemanas, steroid, atau obat antirematik.

Fisioterapi

Cara kedua mengobati radang sendi adalah fisioterapi. Latihan fisik atau fisioterapi juga dapat membantu mengobati beberapa jenis radang sendi. Latihan ini bertujuan untuk melatih jangkauan gerak sendi yang kaku dan memperkuat otot di sekitar sendi.

Menjaga berat badan ideal

Cara ketiga mengobati radang sendi adalah menjaga berat badan ideal. Penderita radang sendi perlu menjaga berat badannya agar tetap ideal. Kelebihan berat badan dapat menambah beban dan tekanan pada sendi. Dengan menurunkan berat badan yang berlebih, mobilitas bisa meningkat dan mencegah cedera sendi penyebab radang sendi kambuh.

Olaharga teratur

Cara keempat mengobati radang sendi adalah dengan olahraga teratur. Rutin berolahraga juga dapat membantu menjaga sendi tetap fleksibel. Pilihan olahraga untuk penderita radang sendi perlu sedikit berhati-hati. Pilih olahraga yang minim risiko cedera seperti berenang dan tai-chi.

Kompres panas dan dingin

Cara kelima mengobati radang sendi adalah dengan melakukan kompres panas dan dingin. Kompres panas dengan air hangat atau kompres dingin dengan es batu yang dibungkus handuk kecil dapat membantu mengurangi nyeri dan bengkak saat radang sendi kambuh.

Terapi akupuntur

Cara keenam mengobati radang sendi adalah dengan terapi akupuntur. Cara mengobati radang sendi secara alami yang bisa dijajal yakni terapi akupuntur ke klinik yang aman dan terpercaya.

Terapi akupuntur menggunakan jarum kecil yang ditusukkan ke beberapa titik di bagian tubuh. Tujuannya, untuk mengurangi nyeri radang sendi.

Minum jamu

Cara ketujuh mengobati radang sendi adalah minum jamu. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan mengadakan riset Saintifikasi Jamu untuk penyakit radang sendi lutut. Jamu ini terdiri atas ramuan biji adas 3 gram, daun kumis kucing 3 gram, herba rumput bolong 5 gram, rimpang temulawak 15 gram, rimpang kunyit 15 gram, dan herba meniran 7 gram.

Hasil penelitian menunjukkan, minum jamu ramuan radang sendi selama 28 hari bisa mengurangi nyeri sendi, mengatasi sendi kaku, dan membantu meningkatkan kualitas hidup penderita.

Operasi

Apabila berbagai cara mengobati radang sendi sudah dijajal tapi penyakit masih sering kambuh dan mengganggu aktivitas keseharian, dokter biasanya menyarankan operasi. Operasi dilakuka untuk memperbaiki sendi yang cedera, fusi sendi, atau mengganti sendi yang rusak dengan sendi buatan.

Itulah macam-macam cara mengobati radang sendi, baik dengan obat maupun alami. Diskusikan dengan dokter yang menangani terkait pilihan cara mengobati radang sendi paling pas sesuai kondisi kesehatan Anda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Cara Mengobati Radang Sendi dengan Obat dan secara Alami",


Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

 

Selanjutnya: Begini cara konsumsi jahe merah untuk mengobati asam urat

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru