kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukan Obat Kimia, Cek 8 Obat Herbal yang Efektif Bikin Kolesterol Rontok


Jumat, 28 April 2023 / 04:38 WIB
Bukan Obat Kimia, Cek 8 Obat Herbal yang Efektif Bikin Kolesterol Rontok
ILUSTRASI. Berikut obat herbal yang bisa menurunkan tingkat kolesterol seseorang.


Reporter: kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Zaman boleh modern, namun sebagian orang tetap memilih bahan herbal untuk mengobati penyakit kolesterol. Berikut delapan obat herbal yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol. 

Beberapa tanaman dinilai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ada yang sudah diteliti, tapi ada juga yang masih dalam tahap untuk memastikan khasiatnya.

Apa saja obat herbal kolesterol yang dinilai manjur? Agar tidak semakin penasaran, simak informasi mengenai beberapa tanaman ini, yang dianggap dapat digunakan sebagai obat herbal kolesterol. 

1. Akar manis 

Akar manis atau licorice root, dinilai berpotensi menjadi obat herbal kolesterol. Pasalnya, pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, tanaman ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol sekaligus kadar gula darah, dan mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. 

Baca Juga: Ini makanan yang bisa menurunkan asam urat Anda

Hanya saja, belum banyak penelitian yang dilakukan secara klinis pada manusia. Jadi, sebelum menggunakannya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. 

2. Jahe 

Rempah, seperti jahe juga sering disinggung sebagai salah satu obat herbal kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan, rempah ini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida di tubuh, serta mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Untuk menikmati manfaat jahe yang satu ini, kita cukup mencampurkan potongan jahe ke dalam segelas air hangat atau air panas. Tunggu hingga jahe tersebut bercampur dan minumlah sebagai wedang. 

Untuk rasa yang lebih keras, Anda bisa membakar dan sedikit menghancurkan jahenya terlebih dahulu, setelah dipotong. 

Baca Juga: Nilai Asam Urat Normal Pria & Lauk Pauk Penderita Asam Urat




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×