Nilai Asam Urat Normal Pria & Lauk Pauk Penderita Asam Urat

Rabu, 30 November 2022 | 07:11 WIB Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com
Nilai Asam Urat Normal Pria & Lauk Pauk Penderita Asam Urat

ILUSTRASI. Nilai Asam Urat Normal Pria & Lauk Pauk Penderita Asam Urat


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Berapa nilai asam urat normal pada laki-laki dan wanita? Kenali juga lauk pauk untuk penderita asam urat yang tepat agar penyakit itu tidak kambuh.

Nilai asam urat normal pada laki-laki berbeda dengan wanita. Selain itu, nilai asam urat normal orang dewasa juga berbeda dengan anak-anak.

Nilai asam urat normal laki-laki dan wanita harus dijaga. Jika nilai asam urat melebihi batas normal, akan menimbulkan masalah kesehatan, yakni penyakit asam urat.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Nilai asam urat normal laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan nilai asam urat normal pada perempuan antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, nilai asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL. 

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu  pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Baca Juga: Gejala Asam Urat & Kolesterol Tinggi Pada Wanita-Pria, Cek Obat Kolesterol Alami

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan  gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat adalah zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh kita, selain itu purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200mg per 100 gram berat makanan.

 

Lauk pauk penderita asam urat

Penderita asam urat harus memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Terutama lauk pauk, karena makanan ini dikonsumsi rutin setiap hari.

Lauk pauk penderita asam urat harus mengandung purin rendah. Dengan demikian, nilai asam urat tidak melebihi batas normal dan penyakit asam urat tidak kambuh lagi.

Lalu, lauk pauk penderita asam urat yang tepat apa saja?

Melansir Kompas.com, Buku Menu dan Resep untuk Penderita Asam Urat (2008) oleh Rita Ramayulis, DCN, M.Kes dan Ir. Trina Astuti, MPS. menyebutkan, untuk menurunkan risiko terjadinya peningkatan kadar asam urat dalam darah maupun tumpukan asam urat di persendian, perlu dilakukan modifikasi diet atau pola makan.

Modifikasi diet yang dimaksud bukan hanya membatasi makanan yang mengandung purin, tapi menyangkut berbagai zat gizi lainnya. Berikut ini pilihan lauk pauk untuk penderita asam urat yang dianjurkan:

1. Salmon dan ikan rendah purin

Lauk pauk penderita asam urat yang pertama adalah salmon dan ikan rendah purin. Salmon mengandung kaya akan lemak omega 3 yang dapat membantu meredakan peradangan.

Ikan rendah purin yang tepat sebagai lauk pauk penderita asam urat antara lain ikan sidat jepang (belut jepang), ikan kod hitam (sablefish), dan salmon.

Penderita asam urat boleh makan lauk pauk ikan dengan kadar purin dengan batasan konsumsi sebesar 100 mg per sajian 100 gram. Memasaknya pun harus dengan cara merebus, mengukus, atau poaching, dan tidak boleh digoreng.

Penderita asam urat juga perlu menghindari lauk pauk seafood seperti kepiting, kerang atau cumi-cumi. Lauk pauk seafood itu tinggi purin yang bisa meningkatkan nilai asam urat pada laki-laki maupun wanita.

2. Ayam

Lauk pauk penderita asam urat yang kedua adalah daging ayam. Daging ayam lebih rendah purin dibandingkan daging merah dan kalkun.

Penderita asam urat boleh konsumsi lauk pauk ayam atau bebek untuk memenuhi kebutuhan protein. Tentunya, penderita asam urat harus konsumsi lauk pauk ayam atau bebek secara terbatas.

Protein yang diberikan untuk penderita asam urat sebaiknya dalam jumlah yang moderat, yakni 1 gram per kg berat badan (BB) atau 10-12 persen total energi.

3. Sup sayuran rendah purin

Lauk pauk penderita asam urat yang ketiga adalah sup sayuran rendah purin. Sayuran yang rendah kadar purin antara lain wortel, kentang, brokoli. 

Brokoli termasuk sebagai makanan yang direkomendasikan bagi penderita asam urat. Sayuran renyah yang mirip se-bucket bunga ini memiliki banyak manfaat untuk mencegah pembentukan asam urat di dalam tubuh karena kandungan purinnya yang rendah.

Dalam sebuah studi di tahun 2014 tentang jumlah purin pada makanan, brokoli mengandung sekitar 70 mg purin per takaran saji 100 gram. Sedangkan makanan yang digolongkan ke dalam purin tinggi adalah sekitar 300 mg per takaran saji 100 gram.

4. Makanan tinggi serat

Lauk pauk penderita asam urat yang keempat adalah makanan yang tinggi serat. Kebutuhan serat yang dianjurkan untuk penderita asam urat adalah 20-30 gram per hari.

Serat yang cukup dapat membantu mempercepat proses pembuangan sebelum sisa makanan berubah menjadi bentuk tosik.

Pantangan penderita asam urat

Selain konsumsi lauk pauk yang tepat, penderita asam urat juga harus menjauhi makanan pantangan. Berikut ini beberapa makanan pantangan penderita asam urat:

Semua makanan dan minuman yang mengandung alkohol, yakni arak, bir, wiski, anggur, tape ketan, tuak, dan makanan yang beragi

  • Bebek
  • Angsa
  • Ikan kecil (herring)
  • Ikan sarden
  • Ikan makarel
  • Remis
  • Kerang
  • Kepiting
  • Lobster
  • Telur ikan
  • Makanan yang diawetkan dalam kaleng, seperti kornet, sarden, dan lain-lain Jeroan, misalnya otak, lidah, jantung, hati, limpa, ginjal, dan usus
  • Kaldu daging dalam sup kental, soto ayam, soto sulung, dan opor ayam
  • Buah-buahan yang dapat berubah menjadi alkohol di dalam usus, contohnya durian, alpukat, kelapa, kopyor, dan air kelapa. Meskipun kadar purinnya rendah, tetapi dalam jumlah besar dapat menjadi alkohol sehingga konsumsi buah-buahan tersebut harus dibatasi

Itulah nilai asam urat normal pada laki-laki dan wanita serta lauk pauk yang tepat untuk penderita asam urat. Mari jaga pola makan agar asam urat agar tetap di angka normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru