Gejala Asam Urat & Kolesterol Tinggi Pada Wanita-Pria, Cek Obat Kolesterol Alami

Selasa, 22 November 2022 | 04:55 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Gejala Asam Urat & Kolesterol Tinggi Pada Wanita-Pria, Cek Obat Kolesterol Alami

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Waspadai gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada wanita dan pria. Simak juga obat kolesterol alami tradisional yang selama ini banyak digunakan dan terbukti ampuh mengatasi kolesterol tinggi.

Gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada wanita dan pria ada beragam. Gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada wanita dan pria penting dikenali agar bisa segera diatasi dan tidak menjadi parah.

Setiap orang juga perlu mengenali gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada wanita dan pria karena kedua masalah kesehatan tersebut cukup mudah ditemukan pada masyarakat Indonesia.

Mengutip publikasi Dinas Kesehatan Provinsi Banten, penderita asam urat biasanya juga mengalami masalah kolesterol tinggi. Hal ini karena penyebab dari kedua masalah kesehatan ini sama, yakni pola makan yang tidak sehat.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kadar kolesterol yang normal pada tubuh orang dewasa adalah sekitar 160 hingga 200 miligram per desiliter darah. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol lebih dari 240 miligram per desiliter darah, maka bisa dipastikan bahwa mereka sedang mengalami masalah kolesterol tinggi.

Baca Juga: Catat 5 Obat Penurun Kolestetol Alami yang Ampuh dan Mudah Dicari

Lalu apa saja gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada wanita dan pria?

Berikut gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada wanita dan pria dikutip dari website resmi Dinas Kesehatan Provinsi Banten:

1) Merasakan pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala

Gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada wanita dan pria yang pertama adalah merasakan pegal-pegal, kesemutan dan sakit kepala. Gejala dari masalah kolesterol yang akan dirasakan adalah munculnya pegal-pegal atau sensasi yang berat pada tengkuk dan pundak.

Mereka yang mengalami masalah kolesterol tinggi juga akan cenderung lebih mudah mengalami sakit kepala, mudah lelah, dan mudah mengantuk.

Gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada wanita dan pria itu ternyata disebabkan oleh semakin menurunnya asupan oksigen menuju ke otak karena menumpuknya plak di dalam pembuluh darah yang menghambat aliran darah. Selain itu, mereka dengan masalah kolesterol tinggi juga akan cenderung mudah untuk terkena masalah kesemutan.

2) Mudah merasa lelah

Gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada wanita dan pria yang kedua adalah murah merasa lelah walaupun tidak sedang melakukan aktifitas berat. Penghambatan aliran juga dapat terjadi pada aliran darah menuju otak sehingga membuat penderitanya pusing, susah berkonsentrasi, mudah mengantuk, dan terkadang merasa bingung.

3) Kerap mengalami masalah nyeri pada persendian

Gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada wanita dan pria yang ketiga adalah rasa nyeri atau ngilu pada persendian yang kemudian disertai dengan pembengkakan dan warna kemerahan.

Selain itu, saat bangun tidur, penderita masalah asam urat dan kolesterol juga cenderung mudah terkena kesemutan berulang-ulang kali. Jika kadar asam urat di dalam tubuh semakin tinggi, maka rasa nyeri dan pembengkakan juga akan menjadi semakin parah sehingga penderitanya akan semakin kesulitan untuk bergerak.

4) Jantung berdebar-debar

Gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada wanita dan pria yang keempat adalah jantung sering berdebar-debar. Banyaknya tumpukan kolesterol pada pembuluh darah oleh plak-plak yang menebal dan mengeras akan membuat jantung semakin bekerja keras dalam memompa aliran darah ke seluruh jaringan/ organ tubuh.

Hal ini akan menimbulkan gejala jantung berdebar-debar lebih cepat dan keras yang menandakan organ ini bekerja ekstra dibandingkan normal. Jika berlangsung terus-menerus maka dapat berakibat kelelahan/ kepayahan pada jantung yang sering disebut sebagai gagal jantung.

Obat kolesterol alami tradisional

Ada beragam obat kolesterol yang bisa dibeli di apotek. Selain konsumsi obat dari dokter, sejumlah makanan juga bermanfaat sebagai obat penurun kolesterol secara alami.

Makanan yang berkhasiat sebagai obat alami kolesterol ini bisa menjadi alternatif untuk mendukung pengobatan dari dokter. Namun ingat, sebelum konsumsi makanan tersebut, konsultasi dahulu dengan dokter Anda.

Dilansir dari Kompas.com, berikut ini beberapa obat kolesterol alami tradisional seperti yang dilansir dari Medical News Today.

1. Terong

Obat kolesterol alami tradisional yang pertama adalah terong. Terong kaya akan serat yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol darah. Ini juga mengurangi risiko beberapa penyakit berikut: penyakit jantung stroke kegemukan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Mau Tahu Olahraga Menurunkan Berat Badan? Coba 5 Hal Ini

2. Okra

Obat kolesterol alami tradisional yang pertama adalah okra. Okra adalah sayuran musim hangat yang dibudidayakan orang di seluruh dunia. Para peneliti telah menemukan bahwa gel dalam okra yang disebut lendir dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengikatnya selama pencernaan. Okra dapat membantu kolesterol keluar dari tubuh melalui tinja.

3. Apel

Obat kolesterol alami tradisional yang pertama adalah buah apel. Studi terbatas yang terbit pada 2019 menemukan bahwa di antara 40 peserta dengan kolesterol agak tinggi, makan dua apel sehari mengurangi kadar kolesterol total dan LDL. Apel juga menurunkan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam darah. Satu apel bisa mengandung 3–7 gram. Selain itu, apel mengandung senyawa polifenol yang juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

4. Alpukat

Obat kolesterol alami tradisional yang pertama adalah alpukat. Alpukat kaya akan nutrisi yang menyehatkan jantung. Sebuah studi yang terbit tahun 2015 menemukan bahwa makan satu alpukat sehari dapat menurunkan kolesterol LDL tanpa menurunkan kolesterol HDL. Satu cangkir, atau 150 g, alpukat mengandung 14,7 gram lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Ikan

Obat kolesterol alami tradisional yang pertama adalah ikan. Lemak omega-3, seperti asam eicosapentaenoic (EPA), adalah lemak tak jenuh ganda esensial yang ditemukan pada ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden, dengan manfaat anti-inflamasi dan kesehatan jantung.

EPA dapat membantu melindungi pembuluh darah dan jantung dari penyakit dengan menurunkan kadar trigliserida, lemak yang masuk ke aliran darah setelah makan. Ini adalah salah satu dari banyak cara yang dapat mencegah aterosklerosis dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Manfaat kesehatan jantung lainnya termasuk mencegah kristal kolesterol terbentuk di arteri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan cara kerja kolesterol HDL.

6. Oat

Obat kolesterol alami tradisional yang pertama adalah oat. Oat secara signifikan meningkatkan kadar kolesterol darah selama 4 minggu dalam waktu singkat.

Oat dapat memberi 3 g serat larut per hari, jumlah yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol, menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017. Tim menemukan bahwa kadar kolesterol LDL peserta turun 11,6 persen dalam 28 hari. Penelitian lainnya menegaskan bahwa serat larut dalam gandum menurunkan kadar kolesterol LDL dan dapat meningkatkan risiko kardiovaskular sebagai bagian dari diet jantung sehat.

7. Jelai

Obat kolesterol alami tradisional yang pertama adalah jelai. Barley adalah biji-bijian sehat yang kaya akan vitamin, mineral, dan tinggi serat. Studi tahun 2018 menyimpulkan bahwa beta-glukan, sejenis serat makanan larut yang ditemukan dalam jelai, serta gandum, dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.

Sebuah studi tahun 2020 menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana ini terjadi. Penelitian tersebut menemukan bahwa beta-glukan mengurangi kolesterol LDL dengan menjebak asam empedu dan membatasi berapa banyak kolesterol yang diserap tubuh selama pencernaan. Tubuh menggunakan kolesterol untuk menghasilkan asam empedu, menggantikan yang terperangkap, yang dapat menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Beta-glukan dalam jelai juga memiliki efek positif pada mikrobioma usus dan kontrol glukosa darah yang lebih bermanfaat bagi kesehatan jantung.

8. Kacang

Obat kolesterol alami tradisional yang pertama adalah adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan adalah sumber lemak tak jenuh baik yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, terutama ketika mereka menggantikan lemak jenuh dalam makanan.

Kacang juga kaya serat yang membantu menjaga tubuh dari menyerap kolesterol dan meningkatkan ekskresi. Semua kacang cocok untuk diet penurun kolesterol yang menyehatkan jantung, termasuk: kacang almond, kenari, kacang pistasi, kacang pikan, kacang hazel, Kacang brazil dan kacang mete.

Itulah berbagai gejala asam urat dan kolesterol tinggi pada pria dan wanita serta obat kolesterol tradisional alami. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Selanjutnya: Pergerakan IHSG Hari Ini (22/11), Minim Sentimen Domestik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru